Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 66)

  • Kriteria Pemimpin dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:50 WIB
    Kriteria pemimpin dalam Islam, tidak terlepas dari akhlak dan perilaku Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, sebagai pemimpin tertinggi umat serta pemimpin terbaik sepanjang masa.
  • Keutamaan Puasa Ramadan...
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 10:38 WIB
    Umat Islam penting dan memahami keutamaan puasa Ramadan dalam pandangan syariat. Kenapa? Karena umat muslim yang akan menjalani puasa jangan sekedar menahan lapar dan haus saja, padahal banyak sekali ilmu dari berpuasa Ramadan ini.
  • Tanda Bahwa Rasulullah...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 08:45 WIB
    Sesungguhnya cinta kepada Rasulullah Shalallahualaihi wa Sallam menjadi tolak ukur keimanan umat Islam. Beliau memiliki beberapa tanda kemuliaan yang istimewa yang tidak dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebelumnya.
  • Doa Nabi Ibrahim untuk...
    Tips
    Kamis, 28 September 2023 - 11:01 WIB
    Permohonan ampunan untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya. Ketika jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri.
  • 4 Doa Para Nabi untuk...
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 21:32 WIB
    Doa orang tua untuk anak bukti curahan hati orang tua kepada anak untuk terus berbuat tanpa henti meluruskan jalan si anak agar semakin baik terhadap lingkungan dan taat kepada Allah Subhanahu Wa Taala.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bulan Maulid, Ini Bacaan...
    Tips
    Senin, 03 Oktober 2022 - 19:24 WIB
    Ada satu sholawat yang diajarkan Syaikhona Kholil Bangkalan dapat diamalkan umat Islam, terlebih pada bulan Maulid saat ini. Berikut lafaznya.
  • Kisah Sultan Muhammad...
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Penguasa Turki Utsmaniyah, Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II atau Mehmed Sang Penakluk, membangun militer semakin tangguh setelah menaklukkan Konstantinopel pada 1453.
  • Kisah WS Rendra Masuk...
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 08:13 WIB
    WS Rendra memutuskan memeluk Islam setelah pementasan Shalawat Barzanji pada tahun 1970. Padahal si Burung Merak ini sebelumnya berpandangan buruk terhadap Agama Tauhid ini.
  • Menyiapkan Generasi...
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 12:15 WIB
    Dalam kondisi di era akhir zaman ini, membela Islam adalah kewajiban setiap muslim. Sebagai orang tua, kita wajib membina dan menyiapkan anak-anak kita menjadi pembela Islam tepercaya.
  • Hukum Melawak, Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 11:51 WIB
    Apakah Islam membolehkan seni semacam komedi, humor, atau lawak? Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut sebagian sahabat Nabi ada yang bersenda gurau dan Rasulullah SAW pun membiarkan dan menyetujui.
  • Dosa Besar Bani Israil...
    Hikmah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:43 WIB
    Pada tahun 586 SM adalah tahun kehancuran dan kelenyapan pertama kerajaan-kerajaan Bani Israil di Palestina pada tangan Nebukhadnesar. Setelah Nebukhadnesar, Palestina dikuasai oleh beberapa kerajaan dari luar.
  • Kisah Uwais Al-Qorni,...
    Hikmah
    Kamis, 24 Mei 2018 - 21:23 WIB
    Tidak banyak yang tahu kemuliaan Uwais Al-Qarni. Seorang pemuda miskin asal Yaman yang tidak dikenal di bumi, namun terkenal di langit.
  • Sejarah Azan Bermula...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:14 WIB
    Allah memberi isyarat tentang panggilan Azan lewat mimpi sahabat yang kemudian dibenarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut kisahnya.
  • Pesan Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 15:38 WIB
    Salah satu fenomena akhir zaman adalah munculnya penguasa yang tidak perduli dengan urusan rakyatnya. Nabi Muhammad menyebut karakter pemimpin ini adalah pemimpin egois.
  • Kisah Kedermawanan Tiga...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:25 WIB
    Di dalam Al-Quran Allah SWT menyinggung tentang buah dari kedermawanan tiga sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Utsman bin Affan, Abdurahman bin Auf, dan ABu Bakar Ash-Shiddiq.
  • Kisah Nabi Yosua Menahan...
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:13 WIB
    Kisah Nabi Josua atau Yusya bin Nun menahan terbitnya matahari tercantum dalam sebuah hadis. Peristiwa ini terjadi dalam perang merebut Baitul Maqdis di bawah pimpinan Nabi Yosua.
  • Kisah Nabi Ibrahim Menyeru:...
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 13:09 WIB
    Nabi Ibrahim berdiri di atas batu lalu menyeru: Wahai manusia, diwajibkan haji atas kalian. Orang-orang yang masih di sulbi para laki-laki dan di rahim para wanita mendengarnya.
  • Kisah Kaum Nabi Luth...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 22:05 WIB
    Perbuatan kaum Nabi Luth yang melampaui batas membuat murka Malaikat Jibril yang datang menyamar sebagai tamu. Kisah ini diabadikan Allah dalam Al-Quran.
  • Azab Kaum Nabi Luth,...
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 17:04 WIB
    Azab kaum Nabi Luth terjadi akibat perilaku seks menyimpang dan menolak dakwah Nabi Luth. Allah SAW membalikkan kota Sodom, dan menurunkan di atasnya hujan batu.
  • Syaikh Ali Jaber: Hikmah...
    Tausyiah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:05 WIB
    Syaikh Ali Jaber mengatakan apa yang terjadi di Prancis insya Allah akan mendatangkan hikmah besar. Allah akan hadirkan ribuan bahkan Insya Allah jutaan orang akan mengucapkan kalimat Tauhid. Insya Allah!