Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 5)

  • Dialog Mesra Orang Tua...
    Hikmah
    Rabu, 28 September 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah dan Aminah adalah orangtua Nabi Muhammad SAW. Alkisah, pada hari keempat pernikahan, Abdullah membawa sang istri, Aminah, ke rumahnya yang telah dipersiapkan untuk kedua mempelai.
  • Posisi Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 14:45 WIB
    Tingkatan surga tertinggi adalah Surga Al Wasilah. Dalam kitab An-Nihayah Ibnu Katsir mengatakan: Posisi tertinggi di surga bernama Wasilah, di sanalah posisi Rasulullah SAW.
  • Maulid Nabi: Kisah Alam...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:13 WIB
    Banyak peristiwa besar terjadi pada saat Nabi Muhammad SAW lahir. Alam seakan menyambut dengan gembira kelahiran nabi dan rasul terakhir tersebut.
  • Saat Nabi Muhammad Lahir:...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 September 2022 - 18:37 WIB
    Tak sedikit peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Rasulullah SAW. Salah satunya adalah robohnya tiang-tiang istana kaisar Kisra. Selain itu, api yang disembah kaum Majusi mendadak padam
  • Ceramah Gus Baha tentang...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Ceramah Gus Baha tentang orang yang membidahkan Maulid Nabi menarik untuk disimak. Kalau tidak paham sebaiknya diam. Kalau tidak mengerti ilmunya, jangan menghukumi bidah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Leluhur Nabi Muhammad...
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:21 WIB
    Para leluhur Nabi Muhammad SAW, seperti Hasyim dan Abdul Muthalib, adalah pemimpin kafilah dagang kaum Quraish. Hanya saja, mereka bukanlan taipan yang berlimpah harta.
  • Ikhtiar Mimpi Ketemu...
    Hikmah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 19:36 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Muzammil, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang rajin membacanya maka dia akan melihat Nabi SAW dalam tidurnya.
  • Wasiat dan Syair Pembelaan...
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:51 WIB
    Kuwasiatkan kepada kalian supaya berlaku baik terhadap Muhammad. Sebab ia orang yang paling terpercaya di kalangan Quraisy dan tidak pernah berdusta!
  • Perayaan Maulid Nabi...
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Dr Alwi bin Ahmad bin Husain al-Idrus menyebut setidaknya ada 6 ayat dalam Al-Quran yang bisa dijadikan dalil tentang perayaan Maulid Nabi. Apa saja?
  • 20 Contoh Ucapan Maulid...
    Dunia Islam
    Minggu, 15 September 2024 - 13:21 WIB
    Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M jatuh pada Senin, 16 September 2024. Berikut 20 ucapan Maulid Nabi Muhammad 1446 H/2024 M yang bisa kamu bagikan ke keluarga dan teman di sosial media.
  • Jangan Kaget! Inilah...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Juni 2021 - 14:59 WIB
    Sayyidah Aisyah pernah mengungkap kebiasaan Rasulullah SAW saat malam hari. Beliau tak hanya teladan memimpin umat manusia, tetapi juga contoh terbaik dalam beribadah.
  • Ketika Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Minggu, 30 April 2023 - 17:16 WIB
    Pernahkah kita mendengar Rasulullah SAW marah bercampur sedih, sekaligus melaknat dan mendoakan yang jelek-jelek kepada suatu kaum? Berikut kisahnya.
  • Kenapa Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 05:05 WIB
    Kisah Nabi Muhammad shallalalhu alaihi wa sallam (SAW) mengganjal perutnya yang mulia dengan batu merupakan satu kejadian yang membuat para Sahabat terperangah.
  • Hikmah di Balik Pertemuan...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Benarkah Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 08 September 2020 - 05:00 WIB
    Telah tersiar di antara orang awam dari kisah-kisah maulid yang sering dibaca bahwa Allah Taala menggenggam cahaya-Nya, lalu berfirman, Jadilah engkau Muhammad.
  • Beginilah Dialog Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 12 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Isra wal Mikraj adalah momen paling berkesan bagi Rasulullah SAW. Tidak heran umat Islam di dunia ikut memperingati peristiwa ini setiap tanggal 27 Rajab yang tahun ini jatuh pada Minggu 22 Maret 2020.
  • Nabi Muhammad SAW Ummi:...
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW adalah ummi atau buta huruf, tidak pandai membaca dan menulis. Quraish Shihab mengatakan pada masa itu, masyarakat menganggap kemampuan menulis sebagai bukti kelemahan seseorang.
  • Kisah Abu Lahab Diringankan...
    Hikmah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:30 WIB
    Setiap Rabiul Awal, kisah ini sering disampaikan untuk menyambut Maulid Nabi. Abu Lahab mendapat keringanan siksa karena bergembira dengan kelahiran Nabi.
  • 7 Kisah yang Menyebabkan...
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:09 WIB
    Sebagai manusia, Nabi Muhammad pun pernah mengalami rasa duka, sedih dan menangis. Berikut beberapa kisah beliau yang membuatnya meneteskan air mata.
  • Tadabbur Al-Qalam Ayat...
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 21:09 WIB
    Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad SAW dari semua makhluk yaitu memiliki sifat dan keperibadian yang sangat agung. Hal ini dinyatakan Allah dalam Al-Quran.