Topik Terkait: Memandang Langit

  • Sambutan Penduduk Langit Terhadap Roh yang Mengalami Kematian
    Muslimah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 07:28 WIB
    Ketika ruh dicabut dari jasadnya melalui proses kematian, ke mana dia akan pergi? Ke langitkah? Lalau bagaimana sambutan penduduk langit terhadap ruh-ruh yang datang dari bumi ini?
  • Keutamaan dan Faedah Menatap Langit di Waktu Fajar, Sunah yang Terlupakan
    Tips
    Minggu, 09 Juli 2023 - 19:34 WIB
    Dalam banyak ayat Al-Quran, penciptaan langit selalu didahulukan sebelum menyebut penciptaan bumi. Dalam Surat Ali Imran ayat 190 misalnya, yang memuat penjelasan bahwa dalam penciptaan langit dan bumi, serta pergantian siang dan malam, terdapat tanda-tanda kekuasan Allah.
  • Kisah Patahnya Sayap Malaikat Langit
    Hikmah
    Minggu, 27 Juni 2021 - 15:36 WIB
    Di dalam Kitab Mukasyafatul Qulub karya Hujjatul Islam Imam Al Ghazali dikisahkan tentang hukuman malaikat yang terbukti enggan menghormati kedatangan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Langit dan Bumi Dulunya Bersatu Sebelum Terpisah, Ini Penjelasan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 23:01 WIB
    Allah dengan sifat kesempurnaan-Nya menjelaskan bagaimana alam semesta ini diciptakan dengan keseimbangan. Langit dan bumi dulunya bersatu sebelum terpisah.
  • Kisah Nabi Idris yang Wafat di Langit ke-4
    Hikmah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 14:25 WIB
    Nama aslinya Khanukh. Nabi Idris sempat menemui Adam selama 380 tahun. Allah memujinya dan memberinya kedudukan sebagai Nabi dan memberinya sifat jujur.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 29: Penciptaan 7 Lapis Langit dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • Puasa dan Transformasi Hidup 3: Keliru Memandang Agama Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 14:48 WIB
    Salah satu dilema umat dalam beragama adalah kekeliruan dalam memandang agama itu sendiri. Umat sangat relijius pada waktu atau tempat tertentu. Tapi pada tempat dan waktu lain menjadi manusia berbeda.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 5: Tiga Tujuan Diciptakannya Bintang di Langit
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 22:31 WIB
    Tak hanya menciptakan langit dan bumi, Allah juga menciptakan bintang yang indah untuk menghias langit. Ada 3 tujuan penciptaan bintang dalam tafsir Surat Al-Mulk ayat 5.
  • Beda Orang Saleh dan Kafir: Begini Kondisi Saat Tercabutnya Roh ke Langit
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:01 WIB
    Sedangkan roh yang jahat dilaknat oleh malaikat langit saat ia keluar dari jasad, lalu pintu langit tertutup baginya. Setiap regu malaikat berseru di pintu langit agar tidak naik di hadapan mereka.
  • Kisah Nabi Isa Menangis, Berdoa Meminta Hidangan dari Langit
    Tausyiah
    Rabu, 17 November 2021 - 20:03 WIB
    Kisah Nabi Isa berdoa agar Allah SWT menurunkan hidangan dari langit atas desakan Bani Israil disampaikan Allah dalam Al-Quran Surat al-Maidah ayat 111-115.
  • Arah Baru Memandang Al Masih Sebabkan Krisis Keimanan di Barat
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 WIB
    Murad Wilfred Hoffman menyebut arah baru memandang Al Masih (peran dan tabiatnya) dalam agama Kristen menyebabkan krisis keimanan di Barat. Bagaimana dengan Umat Islam?
  • Memandang Lelaki Dibalik Jilbab, Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:35 WIB
    Perempuan muslimah pun tak luput dari jerat pandangan mata, hingga terpesona atau setidaknya penasaran dengan sosok memukau bernama lelaki. Tak jarang pula, ada kaum Hawa ini yang memandang lawan jenisnya di balik kerudungnya. Bolehkah?
  • Inilah Ayat Terakhir yang Diturunkan ke Langit Dunia
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 20:12 WIB
    Para ulama mengatakan bahwa Al-Quran diturunkan ke Baitul Izzah (langit dunia) dari Lauhul Mahfuz ketika malam Lailatul Qadar. Lalu apa ayat terakhir yang diturunkan ke langit dunia?
  • Jarang Diketahui! Ternyata Bintang Diciptakan untuk 3 Hal Ini
    Hikmah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Jika ada yang bertanya, untuk apa Allah menciptakan bintang di langit? Maka jawabannya ada dalam Al-Quran Al-Karim. Mari simak firman Allah berikut dan penjelasannya.
  • Kisah Allah Taala Mengangkat Nabi Idris ke Langit Keempat pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:05 WIB
    Allah SWT mengangkat Nabi Idris ke langit pada 10 Muharam dan mewafatkannya di sana. Ibnu Katsir dalam Qashash Al-Anbiya menyebut Nabi Muhammad saat Mikraj bertemu Nabi Idris di langit keempat.
  • Langit Adalah Kiblatnya Doa, Ini Dalilnya
    Tips
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:53 WIB
    Ketika berdoa, kita khusyuk menghadapkan hati kepada langit, bahkan ada yang mengangkat tangan ke langit. Hal ini disepakati ulama bahwa langit adalah kiblatnya doa adalah langit.
  • 4 Nabi yang Dipercaya Masih Hidup, 2 Berada di Langit
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 18:38 WIB
    Ada empat Nabi yang dipercaya masih hidup hingga sekarang. Mereka bukanlah penutup para Nabi melainkan hamba pilihan yang ditangguhkan umurnya menurut kehendak Allah.
  • Wanita Penggugat yang Doanya Menembus Hingga Tujuh Langit
    Muslimah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:47 WIB
    Inilah kisah seorang wanita yang mengajukan gugatan kepada pemimpin anak Adam alaihissalam yang mengandung banyak pelajaran yang menjadikan seorang wanita dapat mengangkat kepalanya tinggi-tinggi dengan bangga dan perasaan mulia.
  • Doa Nabi Isa Memohon Hidangan dari Langit, Perhatikan Susunan Katanya
    Tausyiah
    Minggu, 12 Juni 2022 - 22:34 WIB
    Salah satu doa Nabi Isa yang masyhur adalah ketika beliau bermohon kepada Allah meminta hidangan dari langit. Doa ini sering dijadikan wirid untuk kelancaran rezeki.
  • Sejarah Nuzulul Quran dan Turunnya ke Langit Dunia
    Hikmah
    Rabu, 13 April 2022 - 22:44 WIB
    Al-Quran adalah kalamullah yang hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Kitab suci ini merupakan penyempurna dari ajaran kitab-kitab sebelumnya.