Topik Terkait: Mengendalikan Diri Dari Amarah

  • Inilah Manfaat dari Pentingnya Menahan Amarah
    Tips
    Selasa, 23 Januari 2024 - 13:10 WIB
    Islam menganjurkan umatnya agar bisa menahan amarah atau emosi, dan ternyata anjuran ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan psikologis seseorang. Apa saja manfaatnya?
  • Nasehat Imam Al-Ghazali dalam Mengendalikan Amarah
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 15:25 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah. Secara istilah marah adalah perubahan dalam diri atau emosi yang dibawa oleh kekuatan dan rasa dendam demi menghilangkan gemuruh di dalam dada.
  • Tips dan Adab Mengendalikan Amarah dalam Diri
    Tips
    Minggu, 19 November 2023 - 16:34 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah dan marah memiliki tanda-tanda zhahir yang menunjukkannya, dan tanda-tanda yang dapat diketahui.
  • Doa Agar Bisa Menahan Amarah Selama Berpuasa
    Tips
    Selasa, 27 April 2021 - 09:24 WIB
    Salah satu syarat agar ibadah puasa kita diterima Allah Subhanahu wa taala adalah menahan hawa nafsu. Hanya saja, kita terkadang tidak mampu mengendalikan amarah dan emosi yang ada di dalam benak.
  • Mudah Tersulut Emosi? Amalkan Doa Ini untuk Meredam Amarah
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:45 WIB
    Umumnya, menahan amarah merupakan salah satu hal yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya, jika sudah terpancing amarah dan termakan nafsu, maka seseorang dapat dengan mudah berbuat hal batil.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (20): Puasa Melatih Diri Mengendalikan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 23:03 WIB
    Puasa bukan sekadar menahan makan, minum dan kenyamanan duniawi lainnya. Esensi menahan atau imsak justeru ada pada menahan dorongan hawa nafsu dalam diri manusia.
  • Muhasabah Diri Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 17:32 WIB
    Setiap muslim dan muslimah, diperintahkan selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Taala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari
  • Zikrullah, Benteng Kokoh dari Gangguan Setan
    Hikmah
    Senin, 26 Februari 2024 - 12:34 WIB
    Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap waktu dan setiap saat manusia menghadapi peperangan dengan setan. Setan dan bala tentaranya tidak akan berhenti sedetik pun untuk terus mengganggu.
  • Jemaah Memisahkan Diri dari Imam Saat Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 21:20 WIB
    Memisahkan diri dari Imam saat sholat berjamaah dalam ilmu fiqih disebut Mufaraqah. Bolehkah seorang jemaah memisahkan diri dari Imam ketika sholat berjamaah?
  • Begini Cara Pencegahan dari Sihir dan Ilmu Hitam yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 08:51 WIB
    Sihir termasuk jenis penyakit yang bisa menimpa manusia dengan izin Allah Azza wa Jalla. Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit melainkan Dia juga menurunkan obat penawarnya.
  • Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 09:00 WIB
    Setiap manusia, pasti memiliki kekurangan, aib, cacat, dan cela. Maka sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja, niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain.
  • Muhasabah Diri dan Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:40 WIB
    Seorang muslim diperintahkan untuk selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa ta ala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Berlindung dari Eksistensi Sihir dengan Amalan-amalan Ini
    Muslimah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Eeksistensi sihir masih ada. Rupa sihir yang berupa santet, mantra, jampi-jampi, guna-guna dan aneka macam istilah, bukanlah fiksi belaka melainkan benar adanya.
  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • Inilah 4 Benteng agar Jauh dari Godaan Setan
    Tips
    Kamis, 11 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Kerasnya permusuhan setan terhadap manusia sangat jelas, bahkan Allah subhanahu wa taala telah memberikan peringatan yang sangat tegas untuk diperhatikan oleh seluruh manusia.
  • Pentingnya Membentengi Keluarga dari Api Neraka, Begini Penjelasan Al Quran
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 14:51 WIB
    Al Quran mengingatkan bahwa tugas kepala keluarga harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka.
  • Begini Doa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 15:50 WIB
    Karena fitnah dan azab kubur termasuk keadaan yang berat dan menakutkan, maka Rasulullah SAW memohon perlindungan dari hal itu dalam salat dan di luar salat.
  • Benarkah Daya Goda Wanita Lebih Dahsyat dari Setan? Begini Penjelasan
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 08:35 WIB
    Asy-Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi Rahimahullah mengatakan bisa jadi godaan (tipu daya) wanita itu lebih besar daripada godaan atau tipu daya setan.
  • 7 Tips Menghindarkan Diri dari Perbuatan Zina
    Tips
    Minggu, 21 November 2021 - 07:15 WIB
    Sesungguhnya Islam adalah agama yang penuh dan sarat akan nilai-nilai kesucian, kemurnian, kehormatan, kebanggaan dan kemuliaan. Oleh karena itu, untuk menjaga nilai-nilai baik ini Allah shubhanahu wataala melarang kemaksiatan
  • Puasa Adalah Perisai dari 3 Perkara Ini!
    Tips
    Senin, 03 Mei 2021 - 09:52 WIB
    Seorang muslim memerlukan perisai untuk berlindung dari sebuah bahaya. Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak.