Topik Terkait: Mengqadha Sholat

  • Adakah Waktu yang Tepat untuk Mengqadha Sholat? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 25 Juli 2022 - 13:23 WIB
    Tak bisa dipungkiri, terkadang kita tidak bisa melaksanakan kewajiban sholat fardhu tepat waktu. Entah karena terlupa, atau dalam posisi perjalanan atau karena alasan lainnya.
  • Mengqadha Sholat yang Terlupa, Bagaimana Tata Caranya?
    Muslimah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 07:04 WIB
    Muslimah, mungkin kita pernah kelupaan mengerjakan sholat karena ketiduran atau telah masuk waktu sholat fardu berikutnya. Nah, bagaimana cara kita meng-qadha sholat yang terlupa tersebut?
  • Bagaimana Aturan Mengqadha Sholat Setelah Haid?
    Muslimah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 14:20 WIB
    Ada beberapa model perempuan yang haid, tapi dia tetap diperintahkan mengganti beberapa sholat yang ditinggalkan saat haid. Apa saja modelnya dan bagaimana aturan mengqadha sholatnya?
  • Inilah Waktu yang Tepat untuk Meng-qadha’ Sholat
    Tips
    Kamis, 09 Desember 2021 - 17:23 WIB
    Karena suatu alasan, terkadang ketika melaksanakan sholat wajib kita harus meng-qadha sholat. Entah karena terlupa, atau dalam posisi perjalanan atau karena alasan lainnya.
  • Perbedaan Sholat Isyraq dan Sholat Dhuha
    Tips
    Kamis, 26 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Sebagian umat muslim mungkin belum mengetahui perbedaan sholat Isyraq dan sholat Dhuha. Berikut perbedaan keduanya berdasarkan ilmu fiqih.
  • Banjir Pahala dari Sholat  Dhuha
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 09:04 WIB
    Bagi ibu rumah tangga, yang banyak waktu luang di rumah, sangat sayang jika melewatkan waktu Duha tanpa mengerjakan sholat sunnah ini. Sebab dari sholat Dhuha, kita akan mendapatkan banjir pahala berlimpah.
  • 10 Keutamaan Sholat Fajar Menurut Fiqih
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 05:54 WIB
    Ada 10 keutamaan sholat fajar menurut fiqih. Sholat fajar sendiri merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan setelah terbit fajar, berarti masuknya waktu subuh yang ditandai dengan adzan subuh.
  • Hati-hati Tanduk Setan, Ini Batas Akhir Waktu Sholat Ashar
    Tausyiah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 11:29 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui kapan batas akhir waktu sholat fardhu. Kali ini kita membahas batasan waktu sholat Ashar dan kaitannya dengan dua tanduk setan.
  • 5 Tingkat Ke-khusuk-kan Dalam Sholat, di Mana Posisi Sholat Kita?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 15:55 WIB
    Dalam proses mendekat kepada Allah azza wa jalla (taqarrub ilallah), beda orang beda kemampuan, beda semangat, dan beda kesungguhan. Begitu pula ketika melakukan sholat, tingkat khusuk manusia memiliki level yang berbeda-beda.
  • Awal dan Batas Akhir Waktu Sholat Zuhur
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 08:05 WIB
    Sholat merupakan kewajiban bagi setiap mukmin dan wajib memelihara waktunya sebagaimana ditetapkan oleh syariat. Berikut batas akhir waktu sholat Zuhur.
  • Cara Menentukan Waktu Sholat di Kutub dan Wilayah Abnormal Lainnya
    Tausyiah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 09:22 WIB
    Cara menentukan waktu sholat di kutub sempat dibahas kalangan ulama. Ada beberapa pendapat mengenai tata cara penentuan waktu sholat di daerah abnormal tersebut.
  • Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab dan Artinya
    Tips
    Rabu, 29 Desember 2021 - 21:55 WIB
    Tahajud adalah ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur. Berikut doa setelah selesai sholat Tahajud lengkat tulisan Arab dan artinya.
  • Kantuk Datang Saat Tahajud, Pilih Tidur atau Melanjutkan Sholat?
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:30 WIB
    Sholat malam, atau sholat tahajud memang banyak keistimewaannya. Lantas bagaimana saat di jam-jam tersebut kita justru merasakan kantuk yang teramat berat?
  • Sejarah Disyariatkannya Sholat Gerhana dan Hikmah di Baliknya
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah sholat gerhana berikut hikmah di balik pensyariatannya penting diketahui kaum muslimin. Peristiwa gerhana ini termasuk tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah.
  • Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Bahasa Arab dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:16 WIB
    Bacaan doa setelah sholat Tahajud merupakan amalan yang dibaca setelah zikir usai menunaikan sholat sunnah tersebut. Sholat Tahajud sendiri adalah ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur.
  • 9 Kerugian Bila Lalai Sholat Subuh, Nomor Terakhir Hilang Semua Kebaikan Hidup
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 09:28 WIB
    Melalaikan bahkan meninggalkan sholat subuh termasuk dosa besar yang dapat mengantarkan seseorang kepada pada kekafiran. Tidak sholat subuh juga memberi kerugian luar biasa bagi yang melakukannya.
  • Doa Witir:  Begini Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 07:51 WIB
    Salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan usai menunaikan sholat tahajud adalah sholat witir. Sholat ini juga dikerjakan pada bulan Ramadhan sebagai penutup sholat tarawih.
  • Sunnah Sholat Idul Adha: Tata Cara dan Amalannya
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 18:57 WIB
    Ada beberapa amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha. Sementara itu, sholat idul adha sendiri merupakan amalan sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan.
  • Akibat Meremehkan Sholat Fardhu 5 Waktu
    Tausyiah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 21:03 WIB
    Barangsiapa terbiasa menunda sholat, maka ia akan tertunda dari banyak mendapatkan kebaikan dan keberkahan. Karena hakikatnya sholat adalah simpul dari semua kebaikan.
  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?