Topik Terkait: Menjaga Mushaf Alquran (halaman 3)

  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Alquran Repetisi
    Tausiyah
    Rabu, 16 Juli 2014 - 19:25 WIB
    Alquran itu berisikan kata-kata dan kalimat-kalimat yang diulang-ulang. Pengulangan itu repetisi. Dan ada ribuan kata dalam Alquran yang diulang puluhan, ratusan bahkan ribuan kali.
  • Sambut Ramadhan, Ini 5 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Tilawah
    Tips
    Senin, 07 Maret 2022 - 08:50 WIB
    Ramadhan 1433 Hijriyah tinggal hitungan hari. Saatnya menyiapkan perlengkapan beribadah seperti perangkat aplikasi Al-Quran. Berikut 5 aplikasi Al-Quran terbaik.
  • IBBQ Gelar Kembali 2 Kelas Pembelajaran Alquran di Bandung
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 09:15 WIB
    Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) kembali menggelar pembelajaran Alquran sebanyak 2 kelas di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2022.
  • Perkembangan Penafsiran Ilmiah Al-Quran, Bermula pada Masa Dinasti Abbasiyah
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Corak penafsiran ilmiah al-Quran telah lama dikenal. Benihnya bermula pada masa Dinasti Abbasiyah, khususnya pada masa pemerintahan Khalifah Al-Mamun (w. 853 M).
  • Quraish Shihab: Sahabat Nabi SAW Saja Kadang Keliru dalam Menafsirkan Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 17:40 WIB
    Dalam hal Al-Quran, para sahabat Nabi sekalipun, kadang keliru dalam pemahaman mereka tentang maksud firman-firman Allah yang mereka dengar atau mereka baca.
  • Penting Bagi Orang Tua,  Menjaga Keadilan dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 11:05 WIB
    Bagi keluarga muslim, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa
  • Membaca Surat Al-Hasyr Ayat 10, Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Dengki
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 13:01 WIB
    Sudah sepantasnyalah kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari rasa dengki dengan cara berdoa yang diambil dari ayat Al-Quran berupa surat al-Hasyr ayat 10.
  • Membaca dan Mengkaji Al-Quran Lebih Utama dari Berdoa
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 23:03 WIB
    Membaca Al-Quran dan mengkaji isinya memiliki keutamaan luar biasa. Orang yang sibuk dengan Al-Quran sambil mentadaburinya lebih utama dari orang yang berdoa.
  • Pesan Nabi, Jangan Seperti Rumah yang Kosong
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 17:32 WIB
    Jika seseorang tidak ingin seperti rumah yang kosong hendaklah ia mengambil pelajaran dari sabda baginda Rasulullah SAW berikut. Berikut sabda beliau SAW:
  • Al-Quran Adalah Kitab Petunjuk, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Al-Quran adalah kitab petunjuk. Ini sesuai dengan penegasan Al-Quran: Petunjuk bagi manusia, keterangan mengenai petunjuk serta pemisah antara yang hak dan batil. (QS 2:185).
  • Keutamaan Wudhu akan Dikenali Rasulullah di Hari Kiamat
    Tips
    Kamis, 11 Mei 2023 - 14:04 WIB
    Wudhu adalah syariat Allah Taala dan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Walaupun tata caranya sangat mudah dan praktis, tetapi di dalamnya mengandung keutamaan dan faedah
  • Amalan yang Lebih Baik daripada Memperoleh 3 Unta Terbaik
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 22:17 WIB
    Di antara banyak amalan, ada satu amalan yang fadilahnya lebih baik dari mendapatkan tiga unta terbaik. Unta merah merupakan kendaraan terbaik di zaman Rasulullah SAW.
  • Sthepen Hawking, Atheis dan Jawaban Ilmiah dari Alquran (2)
    Hikmah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Boleh jadi, Hawking pada awalnya hanya memiliki kepercayaan secara dogmatis terhadap Kristen, sehingga dia ingin melepaskan dogmatis itu dalam kemurniaan sains dan teknologi secara terpisah dan integral.
  • Makna Kekuasaan dalam Surah Al-Zukhruf ayat 32, Bukan Saling Menundukkan
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan bahwa hanya kemampuan (kekuatan) yang dapat membedakan seseorang dari yang lain, dan dari keistimewaan inilah segala sifat terpuji dapat lahir.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Az-Zumar, Bisa Jadi Wasilah Terhindar Musibah
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:29 WIB
    Banyak keutamaan membaca Al-Quran surat az-Zumar. Surat ini termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah SAW sebagai pengganti Injil. Nabi senantiasa membacanya setiap malam.
  • Kadang Hati Memang Lebih Tersentuh dengan Syair Ketimbang Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 10:31 WIB
    Menurut Imam al-Ghazali, kendati sebuah hati telah dipenuhi oleh cinta Allah (hubb lillah), belum tentu pemicunya mesti dengan mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • Khasiat Surat Al-Baqarah Bisa Sembuhkan Penyakit Epilepsi
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 12:46 WIB
    Keistimewaan surah Al-Baqarah jika diletakkan di atas orang sakit, orang yang ketakutan, orang yang terkena epilepsi, dan orang yang fakir maka segala penderitaan mereka akan hilang
  • Ramadhan Itu Bulan Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Mei 2019 - 03:35 WIB
    Demikian dahsyatnya kekuatan ruhiyah Alquran sehingga sekirany suba diturunkan di atas sebuah gunung niscaya gunung itu akan goncang karena rasa takut kepada Allah Subhanahu wataala.
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.