Topik Terkait: Pansus Haji (halaman 416)

  • Larangan Memotong Kuku...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban disebutkan dalam beberapa Hadis shahih dengan redaksi yang berbeda-beda. Mulai kapan hal ini dilaksanakan?
  • 6 Amalan di Bulan Zulhijjah...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 22:15 WIB
    Amalan di bulan Zulhijjah bertabur pahala sangat dianjurkan untuk dikerjakan kaum muslim terutama pada 10 hari pertama bulan ini. Malam ini kita memasuki 2 Zulhijjah 1444 Hijriyah.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Sejarah Muslim Amerika:...
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:46 WIB
    Omar ditangkap saat dia berdoa di sebuah gereja. Ia dijebloskan ke penjara karena lari dari sang majikan. Dengan potongan batu bara, dia menutupi dinding dengan permohonan untuk dibebaskan.
  • Inilah Kiat dan Cara...
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:45 WIB
    Ada kiat serta cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan iman. Yang paling utama mempelajari berbagai ilmu agama yang bersumber dari Al Quran dan hadis.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Ayat Kursi Latin, Arab,...
    Tips
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:53 WIB
    Ayat Kursi latin dan Arab beserta terjemahannya dapat dipelajari dan ditadaburi kaum muslim. Ayat ini memiliki keutamaan yang sangat agung.
  • Hukum Sunah Shohibul...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 20:02 WIB
    Disunahkan seorang muslim untuk bersentuhan langsung dengan hewan kurbannya (menyembelihnya sendiri). Kendati demikian, dibolehkan mewakilkan pada orang lain.
  • Ada Hari Tasyrik, Bagaimana...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 11:14 WIB
    Hari Tasyrik adalah 3 hari setelah Iduladha (10 Zulhijjah) atau tepat pada hari 11,12 dan 13 Zulhijjah. Pada hari tasyik umat Islam dilarang atau haram untuk berpuasa. Lantas bagaimana bila ingin berpuasa tengah bulan atau ayyamul bidh-nya?
  • Inilah Makna Doa yang...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • Masih Pelit? Begini...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 12:20 WIB
    Sifat kikir atau pelit , adalah sifat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya. Sifat ini mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta tanpa berniat sekalipun untuk berinfak dan sedekah.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Minggu, 02 Juli 2023 - 00:46 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Semarang dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal sholat untuk hari Ahad 2 Juli 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal sholat ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Amalkan Bacaan Ini agar...
    Tips
    Senin, 03 Juli 2023 - 19:05 WIB
    Ada bacaan yang bila diamalkan sebelum tidur, setan dan jin tidak berani datang. Bacaan itu tidak lain adalah ayat kursi. Tentang hal ini, ada kisah yang menceritakan bahwa syetan sendiri mengaku kepada salah seorang sahabat Nabi SAW.
  • KH Abdullah Jaidi: Ketaatan...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 22:47 WIB
    Kiyai Abdullah Jaidi menyampaikan bahwa peringatan Idul Adha hendaknya menjadi momentum untuk meneladani ketaatan dan pengorbanan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
  • Meneladani Ibrahim (2):...
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:34 WIB
    Keteladanan pertama dari sejarah perjalanan hidup Nabi Ibrahim alaihissalam adalah bahwa dalam proses menemukan mutiara iman diperlukan pencarian yang sungguh-sungguh.
  • Keistimewaan dan Keutamaan...
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Inilah Hikmah Dibalik...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Jadwal Sholat Hari Ini...
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 01:20 WIB
    Berikut Jadwal sholat wilayah Kota Medan Sumatera Utara hari ini, Senin 19 Juni 2023 bertepatan 30 Zulkaidah 1444 Hijriyah. Jadwal ini bersumber dari Kemenag.
  • Hewan Kurban Tak Boleh...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 13:26 WIB
    Nabi Muhammad SAW memberi petunjuk bagi orang yang ingin menyembelih kurban agar tidak mengambil rambut dan kulitnya walau sedikit, bila telah masuk hari pertama dari 10 hari yang awal bulan Zulhijjah.
  • Doa Nabi Isa yang Dibaca...
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa doa yang senantiasa dipanjatkan oleh Nabi Isa as di waktu pagi hari adalah doa sebagai berikut:
  • Jadwal Sholat Hari Ini...
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 00:03 WIB
    Jadwal sholat hari ini untuk Wilayah Medan Sumatera Utara, Jumat 23 Juni 2023 bertepatan 4 Zulhijjah 1444 Hijriyah. Jadwal ini bersumber dari Kemenag.