Topik Terkait: Penaklukan Makkah (halaman 8)

  • Iri dengan Makkah, Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 17:50 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz menambah jumlah rakaat salat Tarawih di Masjid Nabawi menjadi 36 rakaat karena iri dengan pelaksanaan salat tarawih di Makkah.
  • Kisah Turunnya Surat...
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 00:00 WIB
    Kesedihan yang menyelimuti Rasulullah SAW dan para sahabat seketika hilang ketika Allah Taala menurunkan surat ini. Surat Al-Fath (kemenangan) yang terdiri 29 ayat.
  • Sambut Jemaah Haji Gelombang...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Juli 2023 - 13:47 WIB
    Menjelang kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah, Daerah Kerja (Daker) Madinah terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menyiapkan hotel hingga memantau bus melalui GPS.
  • Kenapa Masjidil Haram...
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 Mei 2024 - 14:50 WIB
    Kenapa Masjidil Haram diberi nama Haram? Bukan tanpa alasan, mengapa Masjidil Haram disebut haram terjadi karena beberapa faktor yang melandasinya.
  • Keutamaan Kota Mekkah...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 22:33 WIB
    Kota Mekkah (Makkah Al-Mukaramah) merupakan tempat paling mulia di muka bumi. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kota ini memiliki banyak keistimewaan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Doa-doa Terbaik di Makkah...
    Tips
    Rabu, 05 Juni 2024 - 14:25 WIB
    Doa-doa terbaik di Makkah ini dapat diamalkan para jemaah haji yang sudah memasuki Kota Suci tersebut. Karena Kota Makkah adalah tempat paling mustajab untuk berdoa.
  • 4 Sunah ketika Masuk...
    Hikmah
    Minggu, 12 Mei 2024 - 16:18 WIB
    Dahulu ketika Ibnu Umar telah dekat dengan kota Makkah, ia menghentikan talbiyah, kemudian beliau menginap di Dzu Thuwa, salat Subuh di sana dan mandi. Beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW mengerjakan hal ini
  • KKHI Evakuasi Jemaah...
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 11:47 WIB
    Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) akan mengevakuasi jemaah sakit baik di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) dan KKHI ke Makkah mulai Jumat, 9 Juni 2023 pekan depan
  • Islam Tidak Melarang...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 15:08 WIB
    Berburu itu sendiri pada hakikatnya adalah bersenang-senang, olahraga dan bekerja, baik dengan menggunakan alat seperti tombak dan panah, atau dengan melepaskan binatang berburu seperti anjing dan burung.
  • Mengintip Layanan Haji...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 09:16 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) mengusung tagline Haji Ramah Lansia kembali pada tahun 2024. Pemerintah pastinya memberikan perhatian khusus kepada jemaah haji lansia.
  • Kisah Penyerangan Kabah:...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Para ahli tertarik menganalisis surah al-Fil, khususnya pada tiga ayat terakhir, karena mereka menilai tersirat sebuah isyarat ilmiah yang cukup penting.
  • Haji 2023, Ini Doa Masuk...
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 18:19 WIB
    Bagi jemaah Haji maupun Umrah yang berkunjung ke Tanah Suci Mekkah, dianjurkan membaca doa ketika memasuki Masjidilharam. Berikut doanya lengkap Arab dan latin.
  • Begini Aturan bagi Dermawan...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Februari 2024 - 15:23 WIB
    Para dermawan yang ingin menyajikan makanan berbuka puasa selama Ramadan mendatang di tempat suci umat Islam di Makkah telah diminta untuk mengajukan permohonan sesuai dengan aturan.
  • Kisah Budak Taglabi...
    Hikmah
    Jum'at, 25 September 2020 - 05:00 WIB
    Seorang budak Nasrani berhasil membunuh Mehran kemudian merampas kudanya. Ia lalu pergi sambil berdendang: Saya budak Taglabi. Saya yang membunuh pemimpin Persia.
  • Pra-Islam: Kisah Quraisy...
    Hikmah
    Selasa, 10 September 2024 - 16:08 WIB
    Masalah-masalah politik dan perang dipegang orang-orang Jurhum, sedangkan masalah keagamaan dan kepengurusan Kakbah diserahkan kepada Nabi Ismail.
  • Arab Saudi Perketat...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 20:20 WIB
    Petugas 911 Saudi Arabia memeriksa dengan sangat ketat dan detail setiap orang yang ingin menuju Makkah Almukaromah.
  • Pemberangkatan Jemaah...
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Juni 2023 - 06:20 WIB
    Jemaah haji Indonesia gelombang 1 di Madinah akan diberangkatkan ke Makkah paling lambat Jumat, 16 Juni 2023, pekan depan. Termasuk juga jemaah sakit.
  • Keturunan Abu Bakar...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Februari 2023 - 13:31 WIB
    Syaikh Aaq Syamsuddin adalah salah satu tokoh di balik sukses Sultan Muhammad Al-Fatih atau Sultan Mehmed II. Keturunan Abu Bakar Ash-Shiddiq ini menjadi penasihat spiritual Sang Penakluk Konstantinopel tersebut.
  • Arab Saudi Larang Pemegang...
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Mei 2024 - 22:45 WIB
    Otoritas Arab Saudi menerbitkan larangan bagi pemegang visa ziarah dengan berbagai jenisnya tidak boleh masuk dan tinggal ke Makkah mulai 15 Zulkaidah sampai 15 Zulhijjah 1445 H.
  • Jemaah Haji dari Pantai...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 08:02 WIB
    Gelombang pertama jemaah haji dari Pantai Gading yang melakukan perjalanan haji melalui Makkah Route initiative atau Inisiatif Rute Makkah tiba di Makkah pada hari Ahad.