Topik Terkait: Politik Uang

  • Apakah Boleh Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Wawasan Politik dalam...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 14:17 WIB
    Pengamatan sepintas, boleh jadi mengantarkan orang yang berkata, bahwa ada ayat Al-Quran yang secara tegas mengkhususkannya hanya kepada dan bersumber dari Allah yakni QS AnAnam ayat 57.
  • Khotbah Jumat: Bahaya...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:52 WIB
    Khotbah Jumat tentang bahaya politik uang ini jadi informasi penting, terlebih sebentar lagi pesta demokrasi terbesar di Indonesia akan diselenggarakan.
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Istikhlaf: Kekuasaan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 08:16 WIB
    Paling tidak, dari dua istilah Al-Quran kita dapat menjumpai uraian tentang kekuasaan politik, serta tugas yang dibebankan Allah kepada manusia. Kedua istilah tersebut adalah istikhlaf dan istimar.
  • Konsep Politik Hasan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Berikut Ini Gagasan...
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 14:37 WIB
    Al-Quran adalah petunjuk bagi umat manusia, maka tidak berlebihan apabila kitab suci ini dijadikan sebagai konsep etika politik, di mana etika ingin menjawab bagaimana hidup yang baik.
  • Politik: Islam Telah...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:18 WIB
    Dalam urusan politik, Islam telah mensyariatkan aturan yang paling sempurna dan adil. Islam mengajari umatnya segala yang seharusnya dilakuan dalam berintraksi (muamalah) dengan sesama Muslim atau dengan yang lainnya.
  • Hak-Hak Perempuan dalam...
    Muslimah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:55 WIB
    Salah satu ayat yang seringkali dikemukakan oleh para pemikir Islam dalam kaitan dengan hak-hak politik kaum perempuan adalah yang tertera dalam surah Al-Taubah ayat 71
  • Siyasah atau Politik...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Kisah Politik Islam...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:43 WIB
    Semangat persatuan tengah muncul dalam tubuh Kristen Eropa, menjelang Perang Salib I. Sebaliknya, umat Islam terjadi rivalitas. Hubungan antara pemerintahan Islam tengah renggang-renggangnya.
  • Ini Mengapa Islam Melarang...
    Tausyiah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 13:36 WIB
    Islam memberikan kepada mereka suatu garis pemisah antara yang boleh dan yang tidak boleh dalam mencari perbekalan hidup, dengan menitikberatkan juga kepada masalah kemaslahatan umum.
  • MUI: Manfaatkan Wakaf...
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:11 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam Indonesia menggunakan dana wakaf dan ZIS untuk penguatan UMKM.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Dilema Dinasti Khamenei...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Juni 2024 - 14:04 WIB
    Jalan manakah yang akan diambil oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei terhadap penerusnya kelak? Akankah ia mengangkat putranya yang bernama Mojtaba sebagai penggantinya?
  • Masjid Camlica: Menghubungkan...
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 09:52 WIB
    Masjid Camlica Turki memiliki banyak fitur simbolis yang menghubungkan sejarah Turki dan Ottoman dengan identitas nasional. Ini adalah mahakarya Republik Turki di bawah Erdogan.
  • Dahsyatnya Pahala Memberikan...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:50 WIB
    Dalam Islam memberikan pinjaman adalah bentuk saling menolong, karena transaksi yang berniat membantu akan bernilai pahala di sisi Allah Taala.
  • Politik Amr bin Ash...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 11:45 WIB
    Setelah membebaskan Mesir dari Romawi, yang pertama sekali dikumandangkan oleh Amr bin As kepada semua orang di Nubia dan Iskandariah, bahwa la ikraha fid-din - tak ada paksaan dalam agama
  • Hukum Memberi Uang THR...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 11:59 WIB
    Hukum memberi uang THR saat Lebaran dalam Islam adalah wajib sebab tunjangan hari raya tersebut merupakan bagian dari upah pekerja. THR adalah hak karyawan muslim.
  • Marwan bin Muhammad,...
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Hal pertama yang Marwan lakukan ketika menjabat khalifah adalah membongkar kuburan Yazid III dan menyalibnya. Hal ini ia lakukan karena Yazid III telah membunuh Walid II.