Topik Terkait: Republik Islam Iran (halaman 116)

  • Interfaith dan Islamophobia...
    Dunia Islam
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 21:02 WIB
    Tidak dapat disangkal bahwa kegiatan interfaith dapat berujung ganda: madu atau berujung racun. Sebagaimana media sosial misalnya, bisa membawa manfaat besar atau sebaliknya.
  • Munculnya Imam Mahdi...
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 23:01 WIB
    Sebelum kiamat besar terjadi akan diawali dengan kemunculan Imam Al-Mahdi sebagaimana dijelaskan dalam berbagai riwayat hadis. Kemunculan Imam Mahdi ini akan didahului oleh beberapa tanda berikut.
  • Kisah Pembebasan Ray...
    Dunia Islam
    Minggu, 28 April 2024 - 17:16 WIB
    Raja Ray ketika itu Siyavakhasy Mihran anak Bahram Chobin. Sesudah mereka bertemu di Waj Ruz ia yakin bahwa pasukan Muslimin tidak akan pulang kembali sebelum menyerangnya untuk menerobos ke dalam ibu kota.
  • Larangan Puasa Hari...
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Agustus 2024 - 07:30 WIB
    Umat Islam dilarang untuk berpuasa hari Sabtu, bila tidak ada unsur syarinya. Mengapa dilarang dan bagaimana dalilnya ?
  • Amalan Apa yang Bisa...
    Tips
    Minggu, 11 Agustus 2024 - 07:15 WIB
    Amalan apa yang bisa mendekatkan jodoh? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas di benak sebagian Muslim, terlebih bagi yang sedang mengharapkan segera datangnya pasangan hidup.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Kemunafikan...
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 22:04 WIB
    Apabila kebenaran dibolak-balik, dusta dianggap biasa, khianat merajalela, ketahuilah bahwa fitnah besar sedang terjadi. Penyebabnya tak lain karena keberadaan orang-orang munafik.
  • Misteri Abdullah bin...
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 13:43 WIB
    Abdullah bin Saba diperselisihkan. Ada sebagian ulama tarikh yang menisbatkannya ke suku Himyar. Sementara Al-Qummi memasukkannya ke dalam suku Hamadan.
  • 7 Amalan Sunah Seorang...
    Muslimah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:33 WIB
    Amalan sunah seorang istri kepada suami sangat ditekankan dalam Islam. Karena hal itu menjadi salah satu sumber kebahagian dalam rumah tangga.
  • 5 Penguasa yang Pernah...
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 15:19 WIB
    Setidaknya ada 5 penguasa yang pernah bersurat dengan Nabi Muhammad SAW. Surat-surat tersebut sebagai balasan atas surat yang dikirim Nabi tentang ajakan memeluk Islam.
  • Perang Salib II: Bukan...
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 15:12 WIB
    Perang Salib II merupakan perang yang diikuti oleh mayoritas kerajaan-kerajaan Kristen di Eropa, tidak seperti Perang Salib sebelumnya yang hanya didominasi oleh orang-orang Prancis.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengatakan syariat Islam tidak mungkin diterapkan dengan penerapan yang sebenarnya kecuali oleh orang-orang yang beriman (percaya) terhadap kesuciannya.
  • Qariah Disawer Saat...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:05 WIB
    Peristiwa Qariah disawer beberapa laki-laki saat tilawah Al-Quran pada acara Maulid Nabi di Pandeglang Banten menuai sorotan para ulama. Ini dianggap musibah dalam peradaban Islam.
  • Istilah Manusia dalam...
    Hikmah
    Rabu, 25 September 2024 - 08:10 WIB
    Kata basyar terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti penampakan sesuatu dengan baik dan indah. Dari akar kata yang sama lahir kata basyarah yang berarti kulit.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 22:26 WIB
    Dalam Surat Al-maidah ini terdapat satu ayat yang menceritakan makanan halal yaitu Al-Maidah ayat 4. Ayat ini juga menjelaskan tentang binatang yang dibolehkan berburu.
  • Anak Angkat dalam Islam:...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 08:34 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan persoalan anak angkat di zaman Nabi Muhammad SAW tidak begitu mudah, sebab masalah ini sudah menjadi aturan masyarakat dan berakar dalam kehidupan Bangsa Arab.
  • Inilah Pemuda yang Akan...
    Muslimah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Ada pemuda yang akan dinaungi Allah Subhanahu wa taala di hari kiamat kelak. Naungan Allah yang mampu melindungi mereka dari sengatan matahari, di hari kiamat nanti. Siapakah pemuda tersebut?
  • Hukum Pelakor dan Wanita...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:44 WIB
    Istilah pelakor (peebut laki orang) adalah seorang wanita yang menggoda suami orang lain, lalu ada juga wanita yang menawarkan diri untuk dinikahi. Bagaimana hukum keduanya dalam Islam?
  • Apakah Boleh Mengambil...
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 06:28 WIB
    Apakah boleh mengambil wudu sambil berbicara? Ketika wudu seseorang tidak sempurna dan dianggap tidak sah menurut pandangan syariat, maka berbagai ibadah setelahnya pun menjadi tidak sah.
  • Dosa dan Ganjaran Pemimpin...
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 17:50 WIB
    Sejak kepemimpinan Khulafar Rasyidin hingga sekarang, masih saja ada pemimpin zalim yang mencederai umatnya.
  • Umat Islam Alami 5 Fase...
    Dunia Islam
    Senin, 31 Mei 2021 - 08:05 WIB
    Umat Islam akan mengalami 5 fase sebelum datangnya Hari Kiamat. Saat ini berada pada fase keempat yaitu Fase Mulkan Jabriyan, di mana umat Islam menghadapi situasi sulit.