Topik Terkait: Rukun Umroh (halaman 2)

  • Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Ibadah Tahallul
    Tips
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:10 WIB
    Tahallul merupakan bagian dari rukun haji dan umrah. Secara bahasa, Tahallul artinya boleh atau dihalalkan ditandai dengan mencukur rambut minimal 3 helai.
  • 6 Rukun Haji, Pengertian, Syarat dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 12:49 WIB
    Rukun haji menjadi salah satu rukun yang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Terutama bagi mereka yang akan menyempurnakan rukun Islam yang kelima.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • 5 Rukun Haji, Salah Satunya Menginap di Muzdalifah Sampai Terbit Fajar
    Hikmah
    Rabu, 15 Mei 2024 - 21:51 WIB
    Haji adalah salah satu ibadah dari sekian banyak ibadah, mempunyai rukun, hal-hal yang wajib dan hal-hal yang sunah. Khusus tentang rukun-rukun haji beliau menyebut ada lima
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Rukun Nikah dan Syarat-syaratnya Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 07:15 WIB
    Pernikahan adalah sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah Baginda Nabi Muhammad. Berikut rukun nikah dan syarat-syaratnya menurut 4 mazhab.
  • Dalil Naqli tentang Haji Bagi Umat Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 Mei 2023 - 06:56 WIB
    Ibadah Haji hukumnya adalah wajib bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya. Sebagai salah satu ibadah wajib yang termasuk ke dalam Rukun Islam, terdapat beberapa dalil yang mengharuskan umat Islam menjalankan ibadah Haji.
  • Inilah 5 Keutamaan dan Manfaat Kalimat Syahadat yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 10:41 WIB
    Salah satu syarat sebagai pemeluk agama Islam adalah mengucapakan dua kalimat syahadat. Mengapa harus mengucapkan kalimat syahadat? Begini penjelasannya.
  • Berikut Ini Ringkasan Rukun, Wajib Umrah dan Haji
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 09:07 WIB
    Di antara wajib umrah dan haji adalah ihram dari miqat . Ketentuan ini adalah bagi mereka yang datang dari wilayah yang berada di belakang miqat.
  • 16 Syarat Takbiratul Ihram, Apa Saja?
    Tausyiah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 17:10 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat terdiri dari 13 rukun yang wajib dipenuhi. Salah satunya Takbiratul Ihram yaitu mengucapkan lafaz Allahu Akbar ketika memulai salat.
  • Puasa dan Pendidikan Tauhid
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 09:17 WIB
    Tauhid adalah inti ajaran Islam. Ia juga adalah awal dan akhir, lahir dan batinnya misi dakwah para Rasul. Tauhid adalah mengesakan Allah Taala, tiada sekutu bagi-Nya.
  • Saudi Rilis Panduan Haji dan Umrah Online dalam Bahasa Indonesia
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:05 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah bekerja sama dengan Otoritas Umum Wakaf Arab Saudi merilis 13 Panduan Haji dan Umrah dalam 14 bahasa dunia, salah satunya bahasa Indonesia.
  • Tata Cara Sujud Sholat yang Benar untuk Perempuan
    Tips
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:24 WIB
    Meski syarat sujud antara laki-laki dan perempuan sama, namun terdapat perbedaan mengenai tata cara pelaksanaan sujud sholat antara laki-laki dan perempuan.
  • 6 Hal yang Wajib Dilakukan dalam Berwudhu
    Tips
    Kamis, 11 November 2021 - 08:47 WIB
    Banyak sekali keutamaan dari wudhu, beberapa di antaranya karena wudhu dosa terampuni, wudhu yang sempurna wajib masuk surga, karena wudhu derajat diangkat dan lainnya.
  • Mengenal Malaikat Zabaniyah, Siapa dan Apa Tugasnya?
    Muslimah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 17:10 WIB
    Di antara malaikat yang Allah Subhanahu wa taala sebutkan dalam Al-Quran ada nama Malaikat Zabaniyyah. Siapakan malaikat ini? Dan apa tugas yang Allah turunkan kepadanya?
  • Sudahkan Kita Melakukan Wudhu dengan Benar?
    Muslimah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Syariat wudhu ini semestinya menjadi motivasi bagi umat Islam untuk senantiasa memerhatikan setiap detil pelaksanaannya. Agar wudhu yang dilakukan betul-betul sempurna dan mendapat ganjaran pahala dan keutamaannya..
  • Kenapa Tak Mau Berlama-lama Dalam Shalat?
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 08:06 WIB
    Berapa banyak di antara muslimah yang mengerjakan shalat sementara pikirannya pergi ke mana-mana! Sehingga menghalangi kenikmatan shalat, dan hatinya tidak khusyuk, serta badannya tidak tunduk.
  • Kisah Fatmah Menanti 40 Tahun untuk Pergi Haji
    Dunia Islam
    Minggu, 18 Juni 2023 - 08:24 WIB
    Fatmah tidak dapat menahan air matanya, ketika mengetahui bahwa dia telah terpilih untuk haji tahun ini. Saat yang dia tunggu selama hampir 40 tahun telah tiba.