Topik Terkait: Rumah Tangga Dalam Islam (halaman 446)

  • Bolehkah Sholat Dhuha...
    Tips
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:05 WIB
    Sholat Dhuha termasuk sholat sunnah yang dianjurkan karena memiliki banyak fadhilah (keutamaan). Pertanyaannya, bolehkah sholat Dhuha dilaksanakan secara berjamaah?
  • Bacaan Dzikir Al Matsurat...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Oktober 2022 - 22:43 WIB
    Bacaan dzikir Al Matsurat yang dianjurkan dibaca tiap pagi sangat baik untuk diamalkan. Al Matsurat merupakan kumpulan doa yang dibaca setiap pagi dan sore sesuai tuntunan Nabi.
  • Datangnya Angin Lembut...
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat menjelang kiamat Allah SWT mendatangkan angin yang lembut untuk mencabut roh orang-orang beriman. Setelah itu, tak ada lagi orang yang menyebut Allah ... Allah.
  • Tanpa Seizin Suami,...
    Muslimah
    Rabu, 02 November 2022 - 10:18 WIB
    Bagi muslimah yang sudah menyandang gelar seorang istri, ada peringatan tentang amalan baik yang berpahala namun bisa menjadi dosa besar untuknya. Kenapa demikian? Karena amalan berpahala yang sifatnya sunnah, tidak boleh dilaksanakan tanpa seizin atau tanpa mendapat izin dari suaminya.
  • Fitnah? Biar Nggak Gagal...
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 11:06 WIB
    Makna fitnah versi KBBI berbeda dengan makna fitnah dalam Al-Quran dan bahasa Arab. Dari sekian banyak ayat-ayat yang berbicara mengenai fitnah, setidaknya ada lima makna fitnah dalam Al-Quran.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Apakah Jawaban Sholat...
    Tausyiah
    Kamis, 03 November 2022 - 23:28 WIB
    Setiap masalah jika diawali dengan istikharah maka insya Allah mendapatkan kebaikan dari Allah. Pertanyaannya, apakah jawaban sholat istikharah harus lewat mimpi?
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 November 2022 - 23:43 WIB
    Pada Surat Al-Mulk ayat 4 ini, Allah memerintahkan manusia untuk kembali melihat, memandang dan mengamati penciptaan langit, maka tidak akan ditemukan cacat pada ciptaan-Nya.
  • Neraka Huthamah, Tempat...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 November 2022 - 22:58 WIB
    Neraka Huthamah merupakan tempat khusus bagi yang suka ghibah. Berikut gambaran neraka Huthamah yang sangat mengerikan diabadikan dalam Al-Quran.
  • Ini Penyebab Hajjaj...
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 07:10 WIB
    Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi adalah salah satu figur penguasa kontroversial yang bengis dan zalim. Inilah penyebab Hajjaj bin Yusuf bertindak zalim saat berkuasa.
  • Doa Pendek Menghimpun...
    Tips
    Senin, 07 November 2022 - 08:30 WIB
    Selain doa sapu jagat, ternyata ada satu doa yang juga menghimpun kebaikan di dunia dan akhirat. Redaksinya pendek dan mudah dihafal, namun fadhilahnya sangat agung.
  • Mengenal Ajaran Sufi...
    Hikmah
    Senin, 07 November 2022 - 16:36 WIB
    Pada masa hidupnya, Sadi adalah seorang Darwis yang senantiasa berkelana. Ia pernah ditangkap bala tentara Perang Salib dan disuruh menggali parit sedemikian dalam.
  • Gerhana Bulan Total...
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 14:04 WIB
    Gerhana bulan total yang akan terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022), berdurasi total 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik. Pertanda apa ini?
  • Sholat 2 Rakaat Sebelum...
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
    Waktu Maghrib mendapat perhatian khusus dari Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam, karena waktu tersebut adalah awal dimulainya malam dan pertanda mulai keluarnya bala tentara jin, yakni setan.
  • 5 Negara dengan Jumlah...
    Dunia Islam
    Selasa, 08 November 2022 - 16:20 WIB
    Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini menyediakan kuota 1 juta jamaah haji internasional.
  • 8 Peristiwa Gerhana...
    Dunia Islam
    Selasa, 08 November 2022 - 21:17 WIB
    Peristiwa gerhana pada masa Rasulullah SAW perlu diketahui umat Islam. Dulu sebelum Islam hadir, masyarakat Arab meyakini peristiwa gerhana erat dengan kematian tokoh pembesar.
  • Arti Surat Al-Kahfi...
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 21:29 WIB
    Arti Surat Al-Kahfi ayat 10 beserta tafsirnya menarik untuk diulas karena di dalamnya terdapat hikmah. Surat ini mengingatkan kita tentang kisah Ashabul Kahfi yang berlindung di gua.
  • Doa-doa di Hari Jumat...
    Tips
    Jum'at, 11 November 2022 - 08:49 WIB
    Berdoa di hari Jumat adalah sangat istimewa, karena sangat mustajab. Keistimewaan berdoa di hari Jumat ini disampaikan dalam hadis dari Abu Hurairah,
  • 3 Pendapat tentang Lafaz...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 15:18 WIB
    Penggunaan kata Sayyidina ketika bersholawat sering diperdebatkan. Andai tahu ilmunya dan tidak taqlid buta terhadap mazhab tertentu tentulah tidak terjadi perdebatan panjang.
  • Kisah Mualaf AS Hoda...
    Dunia Islam
    Sabtu, 12 November 2022 - 12:34 WIB
    Hoda Boyer meninggalkan Amerika Serikat untuk hidup di dunia Arab. Ia tenggelam dalam budaya dan agama bagaikan batu karang di lautan. Begitu kembali ke AS dia rindu masjid.
  • 2 Perkara yang Menjadi...
    Tips
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:02 WIB
    Malas berdoa seringkali kita alami, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah. Padahal malas berdoa disebut-sebut sebagai manusia yang paling lemah.