Topik Terkait: Sah Tidak Bayar Zakat Online

  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Online? Begini Penjelasan dan Niat Serta Tatacaranya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 05:15 WIB
    Umumnya, ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Bayar Zakat Online, Begini Pendapat Para Ulama tentang Hukumnya
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 18:19 WIB
    Membayar zakat secara online atau dalam jaringan (daring) di era digital bukanlah sesuatu yang aneh. Kemenag juga menyarankan umat Islam membayar zakat secara online pada saat pandemi.
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Nggak Mudik, Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat, Sahkah?
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 15:59 WIB
    Bagaimana ketentuan zakat fitrah itu? Bolehkah membayar zakat dititipkan kepada orang lain di wilayah yang jauh dari tempat tinggal si pembayar zakat?
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • Pengertian Kalkulator Zakat Penghasilan dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 14:23 WIB
    Kalkulator zakat penghasilan merupakan layanan yang disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh umat Islam.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Niat Zakat Fitrah Lengkap Bacaan Latin dan Doanya
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 03:25 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim adalah menunaikan zakat fitrah sebelum masuk 1 Syawal. Berikut lafaz niat zakat fitrah lengkap bacaan latin dan doanya.
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • 3 Pandangan Fiqih tentang Zakat Penghasilan dan Profesi
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 16:52 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan ada 3 pandangan fiqih tentang zakat penghasilan dan profesi. Setidaknya begitu jika kita mengacu pada pendapat para ulama. Apa saja?
  • Saatnya Membayar Zakat Fitrah dan Golongan yang Berhak Menerimanya
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 10:25 WIB
    Bulan Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadan ini, yakni membayar zakat fitrah
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • 7 Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Membayar Zakat Mal
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 23:03 WIB
    Zakat mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta atau pendapatan. Berikut alasan mengapa diwajibkan membayar zakat.
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Catat! Ini Waktu Terbaik dan Paling Afdhol Membayar Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 09:30 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim yang sangat penting adalah menunaikan Zakat Fitrah. Berikut ini waktu terbaik dan paling afdhol membayar Zakat Fitrah.
  • 8 Golongan Penerima Zakat, Siapa Saja Mereka?
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 19:41 WIB
    Zakat merupakan kewajiban dari Allah bagi setiap muslim yang mampu. Salah satu keutamaan menunaikan zakat adalah membersihkan harta dan menyucikan jiwa.