Topik Terkait: Saksi Pernikahan

  • Sebaik-baiknya Pernikahan yang Paling Baik
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 13:43 WIB
    Sebuah pernikahan sudah pasti adalah idaman setiap muslimah. Momen yang tidak akan pernah dilupakan dan ingin dilakukan sekali seumur hidupnya. Karena ingin berkesan, maka biasanya sebuah pernikahan dilakukan dengan meriah dan serba wah.
  • Menikahkan Anak Gadis Secara Paksa, Bagaimana Status Pernikahan Seperti itu?
    Tausyiah
    Selasa, 24 November 2020 - 05:00 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan menikahkan anak perempuan padahal dia tidak menyukai pernikahan itu, adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip agama dan logika sehat.
  • 9 Hadis Pernikahan yang Penting Dipahami Pasangan yang akan Menikah
    Muslimah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:41 WIB
    Islam mengsyariatkan pernikahan untuk membentengi martabat manusia. Islam juga memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Mau Menikah? Ini Hadis-hadis Pernikahan yang Penting untuk Diketahui
    Tips
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:12 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Mengenal Ummu Hani, Saksi Penting Sejarah Isra Miraj Nabi SAW
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 15:04 WIB
    Namanya memang tidak sepopuler para shahabiyah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Tetapi Fakhitah binti Abi Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim, memiliki keistimewaan di mata Rasulullah
  • Pernikahan-pernikahan yang Tidak Sah Menurut Fiqih
    Muslimah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:41 WIB
    Tidak semua pernikahan itu halal dalam Islam. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Hikmah Pernikahan Rasulullah, Begini Penjelasan Ulama
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 09:54 WIB
    Rasulullah menikahi beberapa wanita adalah bukan untuk bersenang-senang namun beliau justru memiliki konsokuensi taklif (kewajiban) yang lebih besar dan beban yang lebih berat. Wanta-wanita yang dinikahi oleh Rasulullah SAW adalah petunjuk dan pilihan Allah Taala.
  • Pesta Mewah Pernikahan Anjing dan Fenomena Aneh di Akhir Zaman
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Publik kembali dihebohkan dengan pesta pernikahan sepasang anjing menyerupai resepsi pernikahan manusia. Tak sedikit yang menyayangkannya hingga mengkritik pesta tersebut.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Idealnya Pernikahan Itu Melalui Persetujuan Ayah, Ibu dan Anaknya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 11:06 WIB
    Pernikahan yang paling baik itu harus melalui persetujuan ayah, ibu dan anaknya, sehingga tidak ada peluang untuk menjadi pembicaraan di sana sini atau menimbulkan permusuhan dan kebencian.
  • Tunangan Mirip Resepsi Pernikahan, Bolehkah Hubungan Lebih Mesra?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Hadis-hadis Pernikahan yang Penting Diketahui Pasangan yang Mau Menikah
    Muslimah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Penjelasan Ulama tentang Hikmah Pernikahan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Minggu, 13 November 2022 - 05:15 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.
  • Jadikan Surga sebagai Cita-cita dan Tujuan Pernikahan
    Muslimah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 08:20 WIB
    Pernikahan suami istri bukan sekadar hidup bersama sampai tua. Tapi, ada yang lebih besar dari sekadar menua bersama, yakni menjadikan surga sebagai cita-cita dan tujuan suami Istri.
  • Pernikahan Beda Agama, Partai Perindo Paparkan Hukum Menurut Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 18:47 WIB
    Beberapa waktu yang lalu publik ramai membicarakan tentang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan atau mengizinkan pernikahan beda agama.
  • Pernikahan Fitnah
    Muslimah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 19:18 WIB
    Ia adalah seorang tabiin yang menjadi panutan. Terkenal sebagai pakar hadits sehingga orang-orang berbondong-bondong ke majelisnya. Namun sayang, separuh hayatnya terjerat dalam cinta yang justru menjerumuskan hidup dan imannya.
  • Inilah Jenis-jenis Pernikahan yang Hukumnya Haram, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:35 WIB
    Dalam Islam, tidak semua pernikahan itu halal. Ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • 7 Pernikahan yang Tidak Sah alias Harus Dibatalkan, Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Dalam Islam, ternyata ada pernikahan-pernikahan yang wajib dibatalkan karena hukumnya haram dan telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Jenis pernikahan seperti apa yang tidak sah tersebut?
  • Pernikahan Adalah Tanda Kekuasaan Allah, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:13 WIB
    Islam datang untuk mengumumkan batalnya kerahiban dan melarang hidup lajang. Islam mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah dalam kehidupan ini.
  • Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan?
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 11:09 WIB
    Allah telah meletakkan kaidah-kaidah yang mengatur dan menjaga kehormatan setiap muslim. Salah satunya dengan pernikahan secara syari yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi hubungan yang sakral yang melibatkan aturan ilahiah.