Topik Terkait: Saksi Utang Piutang (halaman 3)

  • Bulan Syaban, Waktu Terakhir Membayar Utang Puasa Ramadan
    Hikmah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 10:49 WIB
    Bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk mengganti utang puasa (qadha) Ramadan. Karena itu, menyegerakan qadha (bayar ganti) puasa itu lebih utama.
  • Islam Membangun Negara Tanpa Pajak dan Utang (2)
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Juni 2021 - 17:03 WIB
    Untuk diketahui, pajak dibolehkan oleh empat Mazhab, yaitu Adh Dharaaib Al Adilah (pajak yang adil), namun sebagian ulama ada yang mengharamkannya.
  • 5 Doa Minta Kaya dan Terbebas dari Utang
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:56 WIB
    Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat muslim agar diberi kekayaan dan terlepas dari utang. Doa ini bersumber dari beberapa riwayat Hadis Nabi.
  • 10 Hari Menuju Ramadhan 2022, Yuk Segera Lunasi Utang Puasa
    Tausyiah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 21:02 WIB
    Ramadhan 2022 atau 1443 Hijriyah tinggal 10 hari lagi. Bagi yang masih memiliki utang puasa tahun lalu, waktunya untuk meng-qadha atau melunasinya di bulan ini.
  • Panduan Membayar Fidyah Puasa: Cara, Niat, Takaran, hingga Penyaluran
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 16:46 WIB
    Kadar dan jenis fidyah yang ditunaikan adalah satu mud makanan pokok untuk setiap hari puasa yang ditinggalkan. Fidyah berupa makanan pokok, beras.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bulan Syaban, Bulan untuk Membayar Utang Puasa Bagi Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:07 WIB
    Salah satu amalan di bulan Syaban adalah melunasi utang-utang puasa, khususnya bagi wanita muslimah yang masih belum selesai mengqadha puasa Ramadhan sebelumnya.
  • Jelang Ramadhan: Ini Hukum yang Menunggak Utang Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Bagi mereka yang masih berutang puasa maka hendaknya segera dilunasi. Berikut adalah konsekwensinya apabila belum membayar utang puasa tahun lalu, sementara Ramadhan berikutnya tiba.
  • Begini Khasiat Surat Al-Adiyat, Salah Satunya Wasilah Mempercepat Melunasi Utang
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 19:05 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Adiyat, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan membaca surat ini dapat menyelamatkan orang yang takut, orang yang lapar, orang yang haus, dan orang yang utang.
  • 4 Doa Agar Diberi Kemudahan Melunasi Utang
    Tips
    Selasa, 07 Februari 2023 - 07:15 WIB
    Doa agar dimudahkan melunasi utang ini dapat diamalkan kaum muslim, terlebih bagi yang sedang mengalami kesulitan. Berikut amalan doanya.
  • Jadwal Puasa Sunnah Maret 2023, Jangan Lupa Lunasi Utang Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 28 Februari 2023 - 22:33 WIB
    Jadwal puasa sunnah Maret 2023 bertepatan dengan Syaban. Bagi yang punya utang puasa Ramadhan tahun lalu, waktunya melunasinya pada bulan ini sebelum datangnya Ramadhan.
  • 8 Hal Wajib Dilakukan Orang yang Akan Berangkat Haji, Pertama Bayar Utang Dulu
    Tips
    Rabu, 08 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin menyebut 8 hal yang perlu dilakukan seseorang yang akan berangkat haji. Pertama adalah harus membayar utangnya dulu.
  • 11 Persiapan Menyambut Ramadan 2024
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:41 WIB
    Persiapan menyambut Ramadan 2024 bagi umat Islam menjadi perlu agar bulan nan suci ini diwarnai dengan ibadah yang optimal. Berikut ini 11 Persiapan menyambut Ramadan.
  • Hukum Berutang untuk Menikah, Boleh atau Tidak?
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Masjid Tertua di Manado, Saksi Bisu Penyebaran Islam
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2015 - 12:51 WIB
    Masjid Agung Awwal Fathul Mubien yang terletak di Kelurahan Kampung Islam, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara, boleh jadi terlihat seperti masjid biasa.
  • Khasiat Surat Al-Jin, Pengusir Jin Sampai Ikhtiar Pelunas Utang
    Hikmah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 18:29 WIB
    Al-Muqaddam mengatakan menyebut keistimewaan surat Al-Jin: barangsiapa yang meminumnya maka dia akan mengetahui apa saja yang didengarnya dan dia akan dapat mengalahkan orang yang menyainginya.
  • Masjid Kwitang, Saksi Sejarah Kedekatan Soekarno dengan Habib Ali Al-Habsyi (1)
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 18:25 WIB
    Tak berlebihan kiranya jika kita mengagumi sosok Ir Soekarno. Kedekatannya dengan Habib Ali Al-Habsyi Kwitang menjadi berkah tersendiri bagi beliau dan juga bangsa Indonesia.
  • Bolehkah Menebar Janji? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Tausyiah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 10:14 WIB
    Di masa kampanye pemilihan calon presiden dan wakil-wakil rakyat, banyak orang menebar janji-janji untuk menarik simpatisannya. Bolehkah menabar janji dalam Islam? Bagaimana hukumnya?
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Utang di Bank Syariah
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 05:07 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang utang di Bank Syariah menarik untuk disimak. Banyak yang beranggapan bank Syariah itu riba, namun Gus Baha punya pandangan lain.
  • Hukum 6 Hari Puasa Syawal Saat Masih Punya Utang Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunnah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadhan.
  • Kisah Mualaf Amerika Raphael Narbaez Jr, Pendeta Saksi Yehova yang Memeluk Islam
    Dunia Islam
    Senin, 05 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Raphael Raphael Narbaez Jr dilahirkan di Texas berdarah Latin. Dia adalah pendeta Saksi Yehova di Amerika Serikat. Ia menukar Injilnya dengan Al-Quran setelah memberanikan diri mengunjungi masjid setempat.