Topik Terkait: Sejarah Hamas (halaman 38)

  • Sejarah dan Asal-usul...
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 03:15 WIB
    Makan sahur adalah makan yang penuh berkah. Umat Islam perlu mengetahui sejarah dan asal usul diperintahkan makan sahur. Berikut ulasannya.
  • Khalifah Walid bin Yazid,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 15:13 WIB
    Walid II menjabat sebagai Khalifah pada Dinasti Umayyah antara 743 sampai 744. Imam Suyuthi mengatakan al-Walid II adalah seorang fasik, peminum khamr, dan banyak melanggar aturan syariat.
  • 10 Peristiwa Penting...
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 15:44 WIB
    Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan tersebut sehingga bulan Ramadhan disebut dengan bulan penuh kemuliaan.
  • Kisah Shalahuddin al-Ayyubi:...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juni 2024 - 16:40 WIB
    Pasukan Eropa dalam armada tersebut berjumlah 50.000 pasukan infanteri, dan 1.500 pasukan berkuda. Dari 1.500 pasukan berkuda itu, terdapat lima ratus pasukan berbaju besi.
  • Sejarah Nuzulul Quran:...
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:27 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Besok Puasa Asyura,...
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 13:37 WIB
    Besok, Jumat (28/7) atau bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa sunah Asyura. Sebagai muslim, kita perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Puasa Asyura berikut hikmahnya.
  • Ini Mengapa Begitu Menaklukkan...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Agustus 2024 - 20:51 WIB
    Misi Perang Salib adalah misi pembebasan Yerusalem, karena banyak anggapan pemerintahan Islam Dinasti Fatimiyah saat itu tidak berlaku adil terhadap pemeluk Kristen di kota tersebut.
  • Kisah Sultan Al-Kamil...
    Hikmah
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 14:51 WIB
    Dalam perjanjian dengan Frederick II, Sultan al-Kamil meminta tempat-tempat suci yang berkaitan dengan Islam tetap dikuasai oleh Islam. Sultan al-Kamil sepakat untuk menyerahkan Yerusalem kepada Frederick.
  • Sejarah Yatsrib Berganti...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Madinah Al-Munawwarah yang berarti kota bercahaya yang merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam. Berikut sejarah Yatsrib yang berubah nama menjadi Madinah.
  • Salat Tarawih Tak Dikenal...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 18:03 WIB
    Istilah tarawih dalam salat tarawih tidak dikenal di masa Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW menyebutnya bukan dengan istilah tarawih, tapi dengan nama qiyam Ramadan.
  • Arab Saudi Tertinggal...
    Dunia Islam
    Senin, 08 April 2024 - 02:00 WIB
    Arab Saudi saat ini mendorong dibangunnya museum.. Kemunculan museum di dunia Arab agak tertinggal karena faktor politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan tantangan agama.
  • Khaizuran, Perempuan...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 22:36 WIB
    Khaizuran (170 H/786 M), ibu dari Amirul Mukminin Musa Al-Hadi dan Khalifah Harun Al-Rasyid, datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan Maulid Nabi di Masjid Nabawi.
  • Ini Luas Tanah Palestina...
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Juli 2024 - 12:13 WIB
    Peace Now mengungkap, pemukim Yahudi Israel telah menyita tanah Palestina seluas 23,7 km persegi pasca-Operasi Badai Al-Aqsa Hamas, 7 Oktober 2023.
  • Mengapa Salat Jumat...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Mengapa salat Jumat ini diwajibkan bagi kaum muslim laki-laki dan bagaimana pula sejarah disyariatkannya salat tersebut? Berikut sejarah singkatnya!
  • Syeikh Fikri: 4 Cara...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Mendalami Al-Quran Kini...
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.
  • Gus Mus: Selamat Pagi...
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 06:05 WIB
    Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.