Topik Terkait: Seni Dan Olahraga (halaman 472)

  • Gara-gara Mimpi, Baginda...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 03:55 WIB
    Abu Nawas diusir. Boleh kembali syaratnya tidak boleh dengan berjalan kaki, berlari, merangkak, melompat-lompat dan menunggang keledai atau binatang yang lain.
  • Ustaz Dokter Zaidul...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 14:00 WIB
    Dai yang juga Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter (dr) Zaidul Akbar mengemukakan fadhillah (keutamaan) menahan lapar. Para ulama terdahulu memilih lapar daripada kenyang.
  • Mukjizat Al-Quran, 2...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dalam semua urusannya. Namun, sedikit orang yang memahami hakikat ujian sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran yang mulia.
  • Berikut Bacaan Surat...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 16:22 WIB
    Ulama Syafiiyyah dan Hanabilah sepakat bahwa yang disunnahkan dibaca pada dua rakaat awal salat witir adalah Surat al-Ala (rakaat pertama) dan al-Kafirun (rakaat kedua).
  • Gus Mus Ucapkan Bela...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:24 WIB
    Jangan kaget kalau Gus Mus mengucapkan bela sungkawa kepada mereka yang dapat jabatan. Ia mengaku heran jika ada pejabat negara yang bersyukur atas amanat yang diembannya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Beda Pendapat Soal Bekam:...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:34 WIB
  • 11 Ramadhan, Hari Kesedihan...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Hari ini bertepatan hari ke-11 Ramadhan mengingatkan kita satu peristiwa penting yang membuat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) bersedih.
  • 10 Amalan Sunnah di...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan.
  • Meraih Ampunan di Fase...
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan memasuki fase 10 hari kedua. Pada fase ini umat muslim seyogianya semakin meningkatkan kualitas ibadah demi mendapatkan keutamaan berupa maghfirah atau ampunan dari Allah SWT.
  • Membantu Sesama yang...
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 09:27 WIB
    Kalau yang berbuat kebaikan di waktu lain Allah SWT akan balas dengan pahala 10 kali lipat, maka pada Ramadhan ini pahalanya berlipat-lipat, sampai 70 kali lipat.
  • Tiga Tingkatan Puasa...
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin membagi tiga tingkatan puasa yaitu puasa umum, puasa khusus, dan khususul khusus atau puasa paling khusus. Apa maksudnya?
  • Abu Nawas Menjual Baginda...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Begitu banyak tumpukan kayu di belakang rumah badui itu sehingga memandangnya saja Sultan Harun Al Rasyid sudah merasa ngeri, apalagi harus mengerjakannya.
  • Apabila Banyak Ulama...
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 16:52 WIB
    Di dalam 40 Hadis pertanda akhir zaman, salah satu hadis tentang wafatnya para ulama dijadikan indikasi bahwa pertanda Kiamat semakin dekat.
  • Al-Quran: Ayat Pertama...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 03:52 WIB
    Kebanyakan ulama berpendapat ayat pertama dalam Al-Quran yang turun ialah surat Al-Alaq ayat 1-5. Hanya saja ada beda pendapat soal ayat terakhir yang turun.
  • Perbedaan Ulama Tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 04:08 WIB
    Selain 17 Ramadhan beberapa ulama memiliki pendapat lain tentang waktu nuzulul quran. Jika dibagi, ada sekitar 5 pendapat terkait kapan waktu turunnya Alquran.
  • Menelaah Kedudukan Hadis...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Tersebarnya Hadis Kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat 15 Ramadhan 1441 Hijriyah (8 Mei 2020) memantik perbincangan di kalangan umat Islam. Berikut penjelasan Syeikh Ahmad Al-Misri mengenai hal itu.
  • Begini 5 Cara untuk...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:38 WIB
    Ahmad Zarkasih, Lc, dalam buku Meraih Lailatul Qadar, Haruskah Itikaf? membagi resep bagi seorang muslim untuk meraih malam Lailatul Qadar. Apa saja?
  • Di Tengah Wabah, Meraih...
    Tips
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:10 WIB
    Ibadah yang sangat galak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masuk 10 terakhir Ramadhan ialah beritikaf. Lalu, apa ini juga jadi syarat meraih lailatul qadar?
  • Kisah Sufi: Keperluan...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:30 WIB
    Lantaran kekayaannya, seorang penguasa tiran Turkestan ingin berjumpa dengan Nabi Kidir. Seorang sufi menyanggupinya karena butuh uang untuk keluarganya.
  • Konsep Ketenangan Hati...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 02:37 WIB
    Manakala Allah membuka pintu pemahaman kepada engkau ketika Dia tidak memberi engkau, maka ketiadaan pemberian itu merupakan pemberian yang sebenarnya.