Topik Terkait: Seserahan Pernikahan (halaman 3)

  • Siapa Saja yang Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:50 WIB
    Biasanya wanita dinikahi karena hartanya, atau keturunannya, atau kecantikannya, atau karena agamanya. Jatuhkan pilihanmu atas yang beragama, (karena kalau tidak) engkau akan sengsara.
  • Waspada, Ini 10 Ciri-ciri...
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 06:32 WIB
    Interaksi antara manusia dan jin bisa dalam bentuk pengagungan manusia kepada jin, dan jin merasa bangga dengan tindakan mereka. Bisa juga terjadi karena dorongan nafsu syahwat
  • Beriringan, Hukum Negara...
    Muslimah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 06:45 WIB
    Kehidupan pernikahan menurut syariat Islam adalah mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Islam juga mengatur standar kedewasaan untuk menikah terhindar dari pelanggaran syariat Islam.
  • 9 Hadis Tentang Pernikahan...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Ini Pahala dan Ganjaran...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 21:50 WIB
    Menjodohkan orang lain sampai menikah memiliki keutamaan besar dalam Islam. Di Indonesia sering disebut dengan makcomblang atau perantara pencari jodoh.
  • Kisah Ulama Lanjut Usia...
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Bolehkah Anak Menjadi...
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 23:22 WIB
    Bolehkah anak menjadi wali nikah untuk ibunya? Sebagaimana diketahui, wali merupakan salah satu dari rukun nikah sebagaimana sabda Nabi, Tidak ada pernikahan tanpa adanya wali.
  • Hukum Menarik Mahar...
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Lamaran bukan ikatan yang mengikat dan berkonsekuensi hukum sehingga mahar yang diserahkan terlebih dahulu saat lamaran bisa ditarik kembali bila perkawinan dibatalkan.
  • Menikah dengan Perempuan...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya.
  • Ijab Qobul Bahasa Arab...
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 19:53 WIB
    Bacaan ijab Qobul Bahasa Arab adalah salah satu sunnah Rasulullah ketika melaksanakan pernikahan. Berikut lafaznya lengkap dengan latin dan artinya.
  • Mengenal Istilah Mahar...
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:55 WIB
    Dalam Islam, setiap perkawinan diikat dengan pemberian harta dari laki-laki kepada pihak perempuan. Pemberian itu sering disebut dengan istilah mahar atau maskawin. Adakah istilah mahar ini dalam Al-Quran?
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Sistem poligami yang diatur dalam Islam adalah sistem yang bermoral dan manusiawi. Manusiawi, karena Islam tidak memperbolehkan bagi laki-laki untuk berhubungan dengan wanita yang ia sukai di luar pernikahan.
  • Bila Keinginan Menikah...
    Muslimah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 13:17 WIB
    Dalam Islam, menikah adalah bagian dari amal ibadah. Beberapa ayat Al-Quran juga menjelaskan tentang pernikahan, pentingnya pernikahan hingga alasan mengapa seorang muslim sebaiknya menikah
  • Kisah Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 16:47 WIB
    Tatkala Umar bin Khattab pada waktu menjabat sebagai khalifah melarang seorang tokoh Sahabat Nabi kawin dengan wanita Ahlul Kitab (Yahudi atau Kristen). Mengapa?
  • Bolehkah Memilih Wanita...
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 17:30 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih...
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Salah Paham dan Salah...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Kebanyakan kaum Muslimin telah salah dalam menfungsikan talak. Mereka menempatkannya bukan pada tempatnya dan mereka menggambarkan talak itu seakan seperti pedang yang dihunus lalu diletakkan di atas leher sang isteri.
  • Dalam Pernikahan, Wanita...
    Muslimah
    Rabu, 28 September 2022 - 12:48 WIB
    Seorang wanita muslimah yang hendak memilih pasangan idaman, boleh menetapkan satu kriteria penting, yakni calon suami punya kemampuan memberi nafkah secara baik.
  • Hukum Perceraian dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Lebih Baik Tersibukkan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 11:35 WIB
    Para ahli ilmu kalam telah menyusun seuntai pepatah: lebih baik tersibukkan dalam tugas-tugas perkawinan daripada dalam ibadah-ibadah sunnah. Apa maksudnya?