Topik Terkait: Shalat Jumat

  • Shalat Jumat di Pelataran Rumah Dekat Masjid, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 09:48 WIB
    Salat Jumat merupakan salat yang wajib dilaksanakan secara berjamaah oleh muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat dan menetap. Bolehkan shalat Jumat di pelataran rumah?
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Jumat, Banyak Keutamaannya!
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 09:52 WIB
    Doa dan zikir setelah salat jumat merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam. Sebab, amalan yang satu ini memiliki banyak keutamaan.
  • Perlukah Ada Jeda Antara Shalat Wajib dan Rawatib?
    Muslimah
    Senin, 13 September 2021 - 18:44 WIB
    Apakah antara shalat wajib dan shalat sunnah rawatib perlu ada jeda ataukah boleh dilakukan langsung tanpa jeda? Ternyata melakukan shalat di antara keduanya harus ada jeda.
  • Hadis tentang Fadilah Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:07 WIB
    Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri dalam Ringkasan Fiqih Islam Bab: Fiqih Al-Quran dan Sunnah (IslamHouse, 2012) menyampaikan beberapa hadis tentang fadilah hari Jumat berikut ini.
  • Kenapa Tak Mau Berlama-lama Dalam Shalat?
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 08:06 WIB
    Berapa banyak di antara muslimah yang mengerjakan shalat sementara pikirannya pergi ke mana-mana! Sehingga menghalangi kenikmatan shalat, dan hatinya tidak khusyuk, serta badannya tidak tunduk.
  • Doa dan Zikir Setelah Shalat Fardhu
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 07:05 WIB
    Berikut amalan zikir dan doa setelah shalat yang dilakukan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagaimana disebutkan dalam berbagai Hadis.
  • Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 08:02 WIB
    Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar hingga syariat menempatkannya sebagai rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Berikut 9 kemuliaan shalat tepat waktu.
  • Shalat Hadiah Bagi Jenazah, Apa Maksudnya?
    Tips
    Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59 WIB
    Alam kubur akan menjadi tempat berikutnya bagi mereka yang sudah meninggal. Di alam inilah, sang mayit akan menerima nikmat dan azab atau siksa kubur sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.
  • Salat Jumat Dapat Menghapus Dosa di Antara Dua Jumat, Berikut Amalannya
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Pada Hari Jumat, ada satu amalan yang wajib ditunaikan oleh muslim yang baligh yaitu Salat Jumat. Barangsiapa yang mengerjakan salat Jumat dengan mengamalkan sunnah berikut maka dosanya terhapus.
  • Keutamaan Berjalan Kaki ke Masjid untuk Sholat Jumat, Ini Pahalanya
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Amalan satu ini mungkin sering diremehkan sebagian kaum muslim pada hari Jumat, padahal di dalamnya terdapat fadhilah besar. Amalan yang dimaksud ialah berjalan kaki menuju sholat Jumat.
  • Keutamaan Hari Jumat yang Jarang Diketahui, Yuk Amalkan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 22:01 WIB
    Selain fadhillah Surah Al-Kahfi, Yasin dan baca sholawat, ternyata masih banyak keistimewaan lain Hari Jumat yang perlu diketahui kaum muslimin. Berikut keterangannya.
  • Dasar Hukum Larangan Jual Beli di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:42 WIB
    Dalam al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9 disebutkan bahwa Allah melarang jual beli di hari Jumat. Hanya saja, ulama menafsirkan bahwa larangan ini ada waktunya.
  • Sebelum Melaksanakan Salat Jumat, Amalkan Dulu Doa-doa Ini
    Tips
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:24 WIB
    Sebelum melaksanakan salat Jumat, umat muslim dianjurkan membaca doa-doa berikut ini, karena doa sebelum salat Jumat sangat baik apalagi Jumat merupakan hari dimana doa-doa dan hajat yang baik dikabulkan Allah SWT
  • Inilah 3 Syarat Kaum Muslimah yang Ingin Shalat Tarawih di Masjid
    Muslimah
    Jum'at, 22 April 2022 - 17:30 WIB
    Syaikh Muhammad Sholih Al-Munajid, ulama besar di Arab Saudi mengatakan, sebaik-baiknya shalat bagi kaum perempuan adalah di rumah. Termasuk dalam melaksanakan shalat taraweh atau qiyamul lail
  • Wajibkah Wanita Haid Mengganti Shalat?
    Muslimah
    Kamis, 16 September 2021 - 06:00 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan setelah selesai haid wajib mengganti atau mengqadha puasanya setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah shalat, apakah ia wajib menggantinya?
  • Keistimewaan Hari Jumat, Saatnya Muslimah Meningkatkan Amal Ibadah
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 06:30 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak pemberian sedekah, membaca Al-Quran
  • Sholat Jumat Seperti Ibadah Haji Empat Kali Sebulan
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 05:10 WIB
    Pahala sholat Jumat ternyata sangat besar sehingga disadingkan dengan pahala haji. Bahkan dalam Kitab Al-Usfuriyah disebutkan sholat Jumat seperti Haji 4 kali dalam sebulan.
  • Hari Jumat, Saat Pintu-Pintu Rahmat Allah Taala Dibuka
    Tausyiah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 17:49 WIB
    Para malaikat menyebut hari Jumat sebagai Yaulum Mazid karena banyaknya pintu-pintu rahmat Allah SWT yang dibuka pada hari itu. Allah SWT melimpahkan anugerah dan melapangkan kebaikan.
  • Subhanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh pada Kesuksesan
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 16:44 WIB
    Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab di hari Kiamat. Saking berharganya shalat, Islam menempatkannya sebagai rukun kedua setelah syahadat.
  • Amalan-amalan Khusus di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 07:12 WIB
    Rasulullah memberikan tuntunan kepada umat-Nya untuk melakukan amalan lebih khusus di hari Jumat. Amalan-amalan khusus apa saja yang dilakukan nabiyullah sang uswatun hasanah lakukan di hari istimewa tersebut.