Topik Terkait: Sikap Adil Orang Tua

  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Menyikapi Doa Buruk Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:14 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bagaimana kita menyikapi doa buruk dari orang tua ini?
  • Setiap Orang Tua Harus selalu Mendoakan Kebaikan untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:55 WIB
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendorong setiap orang tua agar selalu berdoa untuk kebaikan anak, sebab doa akan menambah keberkahan dan kebaikan pada anak.
  • Inilah Pentingnya Memuliakan Orang Tua
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:36 WIB
    Secara gamblang, Al-Quran menjelaskan dua perintah yang harus berjalan seiring dan tidak bisa dipisahkan yaitu perintah menyembah Allah dan berlaku ihsan terhadap kedua orang tua.
  • Syariat Islam Mengatur Cara Anak yang Menasehati Orang Tua
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 12:08 WIB
    Manusia adalah tempat salah dan dosa. Artinya, setiap manusia berpotensi durhaka kepada Allah Taala. Termasuk orang tua kita. Lantas, apakah kita boleh menasehati kedua orang tua kita?
  • Hukum Orang Tua Menyakiti Anak dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Tentang anak durhaka pada orang tua, mungkin sudah biasa kita dengar bahkan banyak kisah yang menceritakannya. Sebaliknya, di zaman sekarang ternyata banyak juga orang tua yang durhaka pada anaknya.
  • Bila Orang Tua Mendoakan Keburukan, Apa yang Harus Dilakukan?
    Tips
    Minggu, 02 Januari 2022 - 07:16 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bila doa kebaikan, pasti anak akan bahagia. Bagaimana bila sebaliknya?
  • Orang Tua Bijak Mengerti Kebutuhan Anak Hingga Kehidupan Alam Akhirat
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Orang tua cerdas dan bijak adalah orang yang senantiasa tahu apa yang diperlukan oleh anak-anaknya. Di antara hal yang diperlukan oleh anak tidak ada yang lebih penting dari keselamatannya kelak setelah kehidupan di alam dunia ini.
  • Cara Anak Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Meninggal
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 15:28 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Ragam Makna Keadilan, Salah Satunya Adil dalam Arti Sama
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:52 WIB
    Quraish Shihab mengatakan kata qisth, adl, dan mizan pada berbagai bentuknya digunakan oleh Al-Quran dalam konteks perintah kepada manusia untuk berlaku adil.
  • Alasan Mengapa Dilarang Berkata Ah kepada Orang Tua
    Tausyiah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 22:34 WIB
    Al-Quran mengingatkan kita agar sekali-kali tidak berkata Ah (Uff) kepada orang tua atau bersikap kasar kepada keduanya. Inilah alasan kenapa hal tersebut dilarang.
  • Pentingnya Berbuat Adil untuk Diri Sendiri, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 08 November 2023 - 10:09 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk berbuat kebaikan dan adil, tidak hanya untuk orang lain namun juga untuk dirinya sendiri. Mengapa adil untuk diri sendiri ini penting dilakukan?
  • Berlaku Adil terhadap Orang-Orang Kafir, Begini Pendapat Ibnu Arabi
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:11 WIB
    Berlaku adil adalah wajib terhadap orang-orang kafir (baik yang memerangi maupun yang tidak). Kata taqsithu di sini menurutnya adalah memberi bagian dari harta guna menjalin hubungan baik.
  • Belajar Sopan Santun dari Cicit-cicit Rasulullah
    Muslimah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:26 WIB
    Dalam Islam, anjuran berbakti kepada orangtua tidak hanya berlaku pada orangtua kandung saja, melainkan juga kepada orang-orang yang sudah tua atau orang yang lebih tua.
  • Kisah Hikmah : Pentingnya Orang Tua Mendoakan Kebaikan untuk Anak-anaknya
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:41 WIB
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendorong setiap orang tua agar selalu berdoa untuk kebaikan anak, sebab doa akan menambah keberkahan dan kebaikan pada anak.
  • Keberuntungan Orang Tua di Akhirat Ditentukan oleh Hal Ini
    Muslimah
    Senin, 22 Februari 2021 - 07:02 WIB
    Bagi orang tua, keturunan atau anak yang shalih adalah harapan dan anugerah terindah dalam hidup. Terutama ketika orang tua telah tiada, ia akan terus mendapatkan manfaat dari anaknya.
  • Tata Cara Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 15:12 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Durhaka kepada Orang Tua adalah Dosa Besar setelah Syirik
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 12:50 WIB
    Durhaka kepada orangtua adalah sebesar-besar dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah SWT atau syirik. Itu sebabnya, tidak masuk surga anak yang durhaka.
  • Hukum Berkurban untuk Orang Tua Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 08:15 WIB
    Hukum berkurban untuk orang tua menurut Gus Baha boleh-boleh saja. Ini sama seperti hukum haji bagi orang tua digantikan oleh anaknya. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 09:30 WIB
    Mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh.