Topik Terkait: Sumur Neraka (halaman 3)

  • Tiga Soal Ujian di Alam...
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 15:17 WIB
    Kewajiban setiap muslim, tanpa terkecuali, dituntut untuk mengetahui serta menyakini, bahwa di dalam kubur nanti ada nikmat maupun siksa bagi penghuninya.
  • Kisah Juhainah, Sosok...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 08:04 WIB
    Ini adalah kisah Juhainah, sosok terakhir yang keluar dari neraka. Siapakah dia dan mengapa menjadi yang terakhir keluar dari neraka serta yang terakhir pula dimasukan ke surga?
  • Ketika Abu Nawas Tak...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:36 WIB
    Pengalaman Abu Nawas kali ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita, betapa perlunya kita berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan kata-kata.
  • Ramadhan: Setan Dibelenggu,...
    Tausyiah
    Selasa, 13 April 2021 - 04:24 WIB
    Setan-setan dibelenggu maksudnya adalah sesungguhnya dalam bulan Ramadhan Allah menjaga orang-orang muslim dari kemaksiatan, kecenderungan untuk mengikuti bisikan dan godaan setan
  • 3 Hal yang Bisa Menyelamatkan...
    Hikmah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 07:27 WIB
    Tujuan tertinggi dari takwa adalah menggapai ridha Allah subhanahu wataala.Jika Allah telah meridhai kita, tentu di akhirat kelak api neraka tidak akan menyentuh dan membakar kulit kita.Kelak tempat kita adalah Surga.
  • Kisah Abu Jahal Mengklaim...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 00:30 WIB
    Kisah Abu Jahal yang mengklaim mengetahui pohon Zaqqum menarik untuk kita ketahui karena berkaitan dengan firman Allah dalam Al-Quran. Berikut kisahnya dalam Sirah Nabawi.
  • Tafsir Surat At Tahrim...
    Muslimah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 13:41 WIB
    Surat At Tahrim ayat 6 adalah peringatan dari Allah Subhanahu wa Taala terhadap pentingnya kepala rumah tangga (suami) yang beriman yang mampu mendidik keluarganya (anak istrinya) pada ketaatan kepada Allah.
  • Urutan Nama-nama Neraka...
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 21:54 WIB
    Seorang muslim hendaknya mengetahui nama-nama neraka yang telah Allah siapkan pada hari akhir. Ancaman neraka disebutkan dalam banyak ayat Al-Quran.
  • Disiksa Dalam Neraka...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 15:23 WIB
    Ada orang yang beriman yang sebelum masuk surga, ia masuk neraka lebih dahulu, yang lamanya sesuai dengan berat atau ringannya dosa yang telah diperbuatnya selama hidup di dunia.
  • Kekeliruan Abu Jahal...
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah diceritakan sikap Abu Jahal yang keliru mengklaim pohon Zaqqum. Kata dia, pohon Zaqqum yang diceritakan dalam Al-Quran ialah kurma Madinah dalam mentega.
  • Ahli Maksiat Masuk Surga...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:34 WIB
    Rasulullah SAW pernah berkisah tentang dua orang bersaudara dari kalangan Bani Israil. Yang satu sering berbuat dosa, sementara yang lain sebaliknya: sangat tekun beribadah.
  • Kisah Kaum Kafir Berbantah-bantahan...
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 14:07 WIB
    Upaya kaum musyrik agar mendapat ampunan dari Allah SWT dilakukan saat mereka disiksa di neraka. Ibnu Katsir menggambarkan bagaimana sesama mereka berbantah-bantahan tatkala mereka berada di neraka.
  • Begini Proses Penyelamatan...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 16:27 WIB
    Ibnu Katsir dalam tafsirnya tatkala menafsirkan surat Maryam ayat 72 memberikan gambaran bagaimana proses penyelamatan orang-orang beriman yang sempat memasuki neraka.
  • Mendapat Siksa Kubur...
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 05:45 WIB
    Di antara yang bisa menjadi sebab seseorang terselamatkan dari siksa kubur adalah membersihkan diri dan bersuci dengan sempurna dari kencing saat selesai kencing.
  • Makanan Neraka Selain...
    Tausyiah
    Senin, 01 November 2021 - 14:55 WIB
    Selain zaqqum, Allah SWT menyiapkan makanan neraka yang tak kalah menyiksa. Makanan itu bertajuk dharik. Makanan jenis ini disebut di dalam Al-Quran dalam surat Al-Ghasyiyah ayat 6-7.
  • Dialog Huzhaifah dan...
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 09:05 WIB
    Suatu ketika Huzhaifah bin Yaman ra yang pakar di bidang fitnah dan masa depan bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal-hal yang buruk, terkait munculnya dai yang mengajak ke neraka.
  • 3 Jenis Cinta Manusia...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 17:04 WIB
    Cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan.
  • Neraka Malu, Jenis Siksa...
    Tausyiah
    Minggu, 12 Februari 2023 - 14:11 WIB
    Imam al-Ghazali menyebut di akhirat kelak ada neraka malu, yaitu ketika seseorang dibangunkan untuk melihat sifat tindakan-tindakan yang dulu dilakukannya dalam hakikat telanjangnya.
  • Kisah Seorang Ibu yang...
    Hikmah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 05:10 WIB
    Berikut ini kisah seorang perempuan yang mengadu kepada Rasulullah SAW karena melihat ibunya berada di jurang-jurang neraka dalam mimpinya. Apa sebab?
  • Perempuan yang Masuk...
    Hikmah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 14:18 WIB
    Tak ada pernyataan yang membenarkan perbuatan menyiksa hewan atau bintang. Tentu, pelaku perbuatan tercela itu akan mendapatkan hukuman yang setimpal di hari akhirat kelak.