Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 33)

  • Kisah Syaikh Abdul Qadir...
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 08:05 WIB
    Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani (1078-1167 M) selalu diwarnai kisah ajaib dan karomah yang dimilikinya. Beliau pernah menghidupkan kembali tulang belulang ayam.
  • Seperti Inilah Akal...
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 05:00 WIB
    Akal merupakan salah satu karunia di antara karunia Allh yang paling agung. Seseorang yang punya akal sehat akan bisa mengambil manfaat dari wejangan dan petunjuk al-Quran.
  • Begini Gambaran Tradisi...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 13:58 WIB
    Tata kehidupan dan kebiasaan masyarakat Islam untuk berkhidmah terhadap akidah dan ibadahnya, pemikiran dan perasaannya, kemudian akhlak dan kemuliaannya.
  • Para Syuhada Itu Bernama...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 14:52 WIB
    Manshur al-Hallaj dipotong-potong saat masih hidup, dan ia adalah syuhada Sufi terbesar. Tetapi dapatkah engkau sebutkan orang yang memotongnya?
  • Al-Quran Surat An-Nasr...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:00 WIB
    Surat An-Nasr lengkap Arab latin dan terjemahan terdiri atas 3 ayat. Surat ini termasuk golongan surat-surat Madaniyyah sesudah Surat At-Taubah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Macam Tanda Waqaf dalam...
    Tips
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 23:41 WIB
    Macam-macam tanda Waqaf dalam Al-Quran serta cara membacanya wajib diketahui umat muslim. Waqaf berasal dari Bahasa Arab yang artinya berhenti atau menahan.
  • Askar Kauny Ajarkan...
    Hikmah
    Senin, 09 Maret 2020 - 22:53 WIB
    Warga binaan di Lapas perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur kembali mendapat kesempatan emas untuk belajar Al-Quran tanpa susah payah mencari guru.
  • Kalimat Kedua Syahadatain,...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 19:22 WIB
    Kedua kalimat ini dikenal dengan nama Syahadatain atau dua kalimah kesaksian. Kalimat kedua merupakan jembatan hati antara setiap Muslim dengan al-Quran
  • Inilah Tipe-tipe Wanita...
    Muslimah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 13:19 WIB
    Wanita memang memiliki kepribadian yang beragam. Ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Begitupun kepribadian wanita, ada banyak jenis dan tipenya
  • Manfaat Membaca Surat...
    Tips
    Selasa, 03 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Manfaat membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali disertai dengan keyakinan penuh kepada Allah Subhanahu wa taala, akan mampu mendatangkan rezeki berlimpah
  • Doa Seorang Muslimah...
    Muslimah
    Rabu, 07 Agustus 2024 - 09:52 WIB
    Ada sebuah doa dari seorang muslimah yang diabadikan dalam Al Quran, tepatnya dalam surat Al-Mujadalah. Siapakah pemilik doa tersebut, dan bagaimana perannya sampai Allah SWT mengabadikan doanya?
  • Wasiat Sang Dermawan...
    Hikmah
    Senin, 19 April 2021 - 17:17 WIB
    Sungguh, aku tidak temukan wajah orang yang (sedang dalam kebutuhan), (kecuali) dia (terus) bergerak-gerak (gelisah) di atas tempat tidurnya sembari teringat akan kebutuhannya.
  • Apakah Al-Quran Memiliki...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Desember 2023 - 16:45 WIB
    Telah dibuktikan, bahwa alam semesta telah sangat tua. Diperkirakan umurnya telah berbilliun-billiun tahun. Tampaknya kitab Injil Kristen mengecilkan (mengurangi) umur alam semesta beberapa ribu tahun.
  • Apakah Ada Manusia yang...
    Tausyiah
    Selasa, 30 April 2024 - 15:31 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan tiada manusia yang sempurna, karena setiap orang mempunyai kelemahan. Seseorang yang beriman, tentu mempunyai kesalahan dan memiliki sifat buruk yang sukar dihilangkan.
  • Mukmin yang Membaca...
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  • Amalan Penarik Rezeki...
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 12:31 WIB
    Amalan penarik rezeki atau pembuka pintu rezeki, banyak kita temukan di dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Dalam Al-Quran, Allah Taala menegaskan dalam firman-Nya bahwa Dia adalah Zat yang Maha Pengasih dan Pemberi rezeki.
  • Tadabur Ar-Rahman Ayat...
    Hikmah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 17:10 WIB
    Lanjutan tadabur Surat Ar-Rahman (surat ke-55 dalam Al-Quran) bercerita tentang peringatan Allah tentang Hari Kiamat. Berikut penjelasan Ustaz Muchlis Al Mughni.
  • Tafsir Surat An-Nas:...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 16:26 WIB
    Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan ketiga ayat yang pertama merupakan sebagian dari sifat-sifat Allah SWT yaitu sifat Rububiyah (Tuhan), sifat Al-Mulk (Raja), dan sifat Uluhiyyah (Yang disembah).
  • Kisah Sultan Sulaiman...
    Hikmah
    Senin, 13 September 2021 - 19:36 WIB
    Sulaiman Al-Qanuni adalah Sultan ke-10 Kerajaan Utsmani yang menjadi penguasa muslim tersukses abad ke-16 Masehi. Berikut kisah beliau menyelamatkan Raja Prancis dari tahanan.
  • 7 Keutamaan Surat Al...
    Tips
    Kamis, 29 Agustus 2024 - 08:30 WIB
    Keutamaan Surat Al Falaq ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Meskipun surah ini tergolong pendek, tersimpan banyak fadhilah atau keutamaan yang bisa umat Islam dapatkan.