Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 42)

  • Susah Jodoh? Baca Surah...
    Hikmah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 08:36 WIB
    Baca Surah al-Furqan ayat 74-76 setiap menjelang tidur sebanyak 21 kali, disertai dengan puasa tiga hari, niscaya Allah akan memudahkan pernikahannya.
  • Israel, Orang yang Bergulat...
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 16:34 WIB
    Siapa sejatinya Israel itu? Nama Israel, disebut dalam Al-Quran. Misalnya dalam QS Maryam : 56-57 dan QS Ali Imran : 93. Israel yang dimaksud pada ayat-ayat tersebut adalah seorang nabi.
  • Mengenal 9 Nama Lain...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 10:15 WIB
    Tentang hari kiamat banyak dijelaskan dalam sejumlah ayat Al Quran, dan ternyata kiamat ini memiliki banyak nama. Apa saja nama lain dari kiamat ini? Bagaimana pula penjelasannya?
  • Kisah Jatuhnya Damaskus...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:41 WIB
    Pada tahun 570 Hijriah, lepas bulan Rabiul Awwal, Shalahuddin al Ayyubi menguasai kota Damaskus. Penyebabnya adalah tatkala Raja Nuruddin meninggal, Raja Shalih -anaknya- menggantikan kedudukannya di Damaskus
  • Bacakan Al-Mu’awwidzaat...
    Muslimah
    Selasa, 29 September 2020 - 18:57 WIB
    Setiap orang tua dianjurkan untuk sering mendoakan perlindungan untuk sang anak di waktu pagi dan sore, atau di waktu kapan pun, jika kita mampu. Hal ini dengan berbagai macam doa perlindungan.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Strategi Licik Israel!...
    Dunia Islam
    Minggu, 05 November 2023 - 11:43 WIB
    Para buzzer Israel tak segan-segan berbohong dan memutar balikkan fakta. Hamas dan Palestina disebutnya teroris, begitu juga anak-anak Palestina.
  • Kisah Sufi Dzun Nun...
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 09:38 WIB
    Kisah ini bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh.
  • 7 Ayat Cinta Dalam Al-Quran,...
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:32 WIB
    Arti cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan. Dalam Al-Quran pun banyak tercantum ayat-ayat tentang cinta ini.
  • Amalan yang Bisa Membuat...
    Tausyiah
    Rabu, 15 November 2023 - 12:45 WIB
    Tugas dan pekerjaan utama setan dan bala tentaranya adalah menggoda umat manusia untuk menjauh dari agamanya. Lantas bagaimana cara menghindarinya?
  • Ayat yang Melarang Pelacuran,...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 14:48 WIB
    Islam tidak memperkenankan seseorang dengan bebas untuk menyewakan kemaluannya. Nabi melarang mencari mata pencaharian dengan usaha yang kotor ini, betapa pun tingginya bayaran yang diperoleh.
  • Al-Khawarizmi, Bapak...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Al-Khawarizmi, dianggap bapak aljabar, adalah seorang matematikawan dan astronom yang hidup pada abad ke-9. Dia membawa angka dan sistem desimal ke Barat.
  • Tindakan Momeka Membakar...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Salwan Momeka yang membakar Al-Quran di Swedia itu adalah warga Irak. Dia keturunan minoritas Kristen Irak. Akibat tindakannya, orang-orang Kristen Irak kini dihinggapi rasa takut.
  • Mantan Anggota Kongres...
    Dunia Islam
    Kamis, 02 November 2023 - 14:56 WIB
    Tanpa bantuan Amerika Serikat, Israel tidak akan mempunyai sumber-sumber untuk mendirikan dan mempertahankan permukiman-permukiman Yahudi atau meneruskan pendudukan militernya.
  • Perintah Sholat 4 Rakaat...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:09 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut sebuat hadis yang menurutnya batil tentang perintah sholat empat rakaat sebelum dan sesudah sholat Jumat.
  • Canda Ala Sufi: Membacakan...
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 06:41 WIB
    Orang-orang meminta kepada Nashruddin untuk membacakan talqin untuk almarhum. Nashruddin menolak lalu bilang, dia tidak akan mendengarkan omonganku.
  • Hukum Menjadikan Lukisan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Soal Kesenangan Hidup...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 16:50 WIB
    Ia lepas dari segala hal ini, tak berkeadaan atau bermaqam, tak berkehendak melainkan berada di atas ketentuan-Nya, yang kadang menahan, kadang memudahkannya, kadang membuatnya kaya dan kadang membuatnya miskin.
  • Al-Quran Menyebut Nabi...
    Tausyiah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 05:53 WIB
    Quraish Shihab mengatakan kata khalifah dalam bentuk tunggal terulang dua kali dalam Al-Quran, yaitu dalam Al-Baqarah ayat 30 dan Shad ayat 26. Di sini, ada dua bentuk plural yang digunakan oleh Al-Quran.
  • Dalil-dalil Al-Quran...
    Muslimah
    Rabu, 02 September 2020 - 13:34 WIB
    Menutup aurat adalah salah satu kewajiban perempuan muslimah. Salah satu cara menutup aurat ini adalah dengan pakaian berjilbab atau berhijab.
  • Hukum Islam yang Dicita-citakan,...
    Tausyiah
    Senin, 29 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya hukum Islam yang dicita-citakan adalah tegak berdasarkan ijtihad saat ini yang benar, baik itu ijtihad yang bersifat menyeleksi atau bersifat baru sama sekali.