Topik Terkait: Surat Nabi Muhammad (halaman 2)

  • Dahsyatnya Kesabaran Nabi Muhammad dan Kaum Muslimin Ketika Diboikot 3 Tahun
    Tausyiah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 15:43 WIB
    Tiga tahun bukanlah waktu yang singkat, apalagi keadaannya berada dalam kondisi terasing, terpenjara, bahkan tersiksa dengan ketiadaan makanan dan kebutuhan pokok.
  • Ini Daftar Penghinaan Terhadap Nabi Muhammad SAW Sebelum Salman Rushdie
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:49 WIB
    Penghinaan dan prasangka jahat terhadap Islam, Nabi Muhammad SAW, dan Al-Quran sudah bersemi di dunia Barat sejak dulu kala. Hal ini nyatanya tidak mampu membendung syiar Islam.
  • 3 Istri Nabi Muhammad SAW yang Berstatus Janda saat Dinikahi
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 15:53 WIB
    Setidaknya ada 10 istri Nabi Muhammad SAW yang berstatus janda saat dinikahi. Berikut adalah 3 di antaranya. Mereka adalah Ummu Salamah, Zainab binti Jahsy, dan Raihanah binti Zaid.
  • Ini Alasan Mengapa Menggambar Wajah Nabi Muhammad SAW Dilarang
    Tausyiah
    Selasa, 03 November 2020 - 16:48 WIB
    Bagaimana sebenarnya pandangan syariat terkait pembuatan karikatur Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam? Berikut alasan mengapa membuat gambar Nabi Muhammad dilarang keras dalam Islam.
  • Keterlibatan Perempuan dalam Kehidupan Politik di Zaman Nabi Muhammad SAW
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 11:51 WIB
    Dalam bidang politik, muslimah memiliki keyakinan yang berbeda dengan keyakinan masyarakat dan pihak penguasa. Seringkali mereka menghadapi tekanan dan siksaan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Tanda Cahaya Muhammad Para Nabi, Menurut Wahab bin Munabbih
    Hikmah
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 17:58 WIB
    Syits punya seorang anak laki-laki yang diberi nama Anusy. Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya itu berpindah ke keningnya.
  • 10 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW dan Fadhilah Bagi yang Menghafalnya
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 05:10 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun.
  • Kisah Lengkap Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW (1)
    Hikmah
    Senin, 02 September 2019 - 11:31 WIB
    Kisah perjalanan hijrah Rasulullah SAW ke Madinah bersama para sahabatnya sangat menggetarkan hati. Banyak hikmah dan pelajaran berharga di dalamnya.
  • Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:35 WIB
    Sebagaimana manusia biasa, Rasulullah shallallhu alaihi wa sallam merasakan lapar dan haus. Beliau makan dan minum secukupnya dan tidak pernah berlebih-lebihan.
  • Mengapa Usia Umat Nabi Muhammad SAW Relatif Pendek?
    Hikmah
    Minggu, 09 April 2023 - 09:04 WIB
    Orang terdahulu boleh berusia ratusan tahun. Namun nikmat yang dikonsumsi umat terdahulu tetap terbilang sedikit. Pasalnya, yang namanya dunia, halalnya menuntut hisab.
  • Benarkah Nabi Muhammad SAW Memelihara Kucing? Ini Faktanya Menurut Hadis
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 11:28 WIB
    Kita sering mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad SAW memelihara kucing bernama Muizzah (Muezza). Benarkah Rasulullah SAW memelihara kucing? Simak ulasannya berikut ini.
  • Surat Yusuf Ayat 26: Bayi Berbicara Menjadi Saksi Kebenaran Nabi Yusuf
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 15:31 WIB
    Ketika Nabi Yusuf digoda istri pembesar Mesir, Allah hadirkan saksi baginya. Dalam satu riwayat, saksi yang menguatkan Nabi Yusf adalah bayi yang dapat berbicara atas izin Allah.
  • Nabi Muhammad SAW Pun Tidak Mengandalkan Nasab
    Tausyiah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:24 WIB
    Banyak orang terlahir dari keluarga biasa-biasa tapi hidupnya sukses. Sebaliknya, tidak sedikit yang lahir dari keluarga terhormat tapi nasib hidupnya biasa-biasa saja.
  • Surat Yusuf Ayat 41: Kehebatan Nabi Yusuf Menakwilkan Mimpi 2 Napi
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 18:35 WIB
    Ketika di penjara, Nabi Yusuf alaihissalam dipertemukan dengan dua pemuda yang meminta menakwilkan mimpi mereka. Ini kata Nabi Yusuf saat menafsirkan mimpi kedua napi itu.
  • Surat Yusuf Ayat 82: Pembelaan Saudara-saudara Nabi Yusuf di Hadapan Ayah Mereka
    Hikmah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 22:47 WIB
    Tadabbur Surat Yusuf kali ini masih bercerita penahanan Bunyamin, saudara kandung Nabi Yusuf. Sebuah siasat yang dilakukan Nabi Yusuf untuk menguji para saudaranya (putra Nabi Yakub).
  • Nubuat Nabi Muhammad SAW tentang Perang Besar dan Pemenangnya
    Hikmah
    Jum'at, 19 April 2024 - 12:51 WIB
    Syaikh Imran Nazar Hosein menyatakan kemenangan bangsa Rm pada akhir zaman berdasarkan nubuat Nabi Muhammad SAW mengenai adanya al-malhamah al-kubra atau perang besar.
  • Kisah Syaiba, Kakek Nabi Muhammad SAW yang Namanya Dilupakan karena Dikira Budak
    Hikmah
    Kamis, 27 Januari 2022 - 09:20 WIB
    Syaiba, nama yang pendek dan harusnya mudah diingat. Namun nama ini menjadi asing bagi warga Mekkah. Dia lebih dikenal sebagai budak milik Muthalib.
  • Bersyukurlah! Ini 10 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 23 April 2021 - 10:00 WIB
    Nikmat terbesar yang patut kita syukuri adalah ketika dipilih menjadi umat Nabi Muhammad. Berkat Beliau Nabi paling mulia, kita pun menjadi umat paling mulia di antara ummat-ummat lain.
  • Surat Yusuf Ayat 102: Episode Akhir Kisah Nabi Yusuf Berikut Hikmahnya
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Demikianlah kisah Nabi Yusuf alaihissalam yang penuh ibrah. Allah menceritakan kisah ini kepada Nabi Muhammad SAW agar menjadi pelajaran berharga bagi umat manusia.
  • Surat Nuh: Kisah Nabi Nuh Lengkap dalam Satu Surat
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 16:23 WIB
    Surat Nuh adalah surat yang diturunkan Allah dalam satu surah utuh terkait kisah Nabi Nuh. Di luar itu, Allah SWT juga menyebut kisah Nuh di sejumlah tempat dalam Al-Quran.