Topik Terkait: Tafsir Ayat Kursi (halaman 62)

  • Kisah Johanna Pink Meneliti...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Mei 2023 - 07:49 WIB
    Dewan Riset Eropa atau the European Research Council mendanai proyek penelitian The Global Quran gagasan Profesor Studi Islam, Johanna Pink. Proyek ini senilai dua juta euro atau setara Rp32,2 miliar
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 16:40 WIB
    Cara membaca tajwid Surat Al-Humazah sangat penting dipelajari umat Muslim. Dinamai Al-Humazah diambil dari ayat pertama surat ini yang artinya pengumpat.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 06:30 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 6 ini bisa jadi tambahan ilmu bagi setiap muslim terkait sejarah islam, dan bagaimana kisah sebuah ayat suci diturunkan Allah SWT untuk Rasulullah SAW.
  • Tafsir Surat Al-Baqarah...
    Tausyiah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 09:39 WIB
    Tafsir surat al Baqarah ayat 223 menjelaskan bahwa seorang istri merupakan ladang untuk suaminya. Bagaimana maksud dan pengertiannya?
  • Khasiat Surah Yunus...
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 06:13 WIB
    Muhammad Taqi berkata: Ayat keduabelas dari surah Yunus dapat menyembuhkan penyakit kaki, betis, dan radang selaput dada. Berikut ini cara memanfaatkan ayat tersebut.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Ayat-Ayat Waris: Hukum...
    Tips
    Sabtu, 19 November 2022 - 09:25 WIB
    Perihal hak waris, Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni menjelaskan hukum bagian kedua orangtua yang diatur dalam al-Quran Surat An-Nisa ayat 11. Berikut penjelasannya.
  • Inilah Perbedaan Mendasar...
    Tips
    Minggu, 11 Agustus 2024 - 13:06 WIB
    Al-Quran memakai bahasa Arab, lantas samakah bahasa yang dipakainya keduanya ataukah ada perbedaan? Bila berbeda bagaimana cara membedakaannya?
  • Baca setelah Salat Subuh,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 14:18 WIB
    Apabila sedang didera kegundahan dalam hati, atau sedang menghadapi suatu masalah yang pelik, maka berdoalah dengan membaca Surat Thaha ayat 25-26
  • Khasiat Surat Al-Qalam,...
    Tips
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:36 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Qalam, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan, jika diletakkan di atas tubuh orang yang terkena sakit gigi atau sakit kepala maka insyaAllah dia akan sembuh.
  • Membaca Surat Yasin...
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 19:18 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya
  • Surah Al-Ikhlas: 4 Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 14:45 WIB
    Suatu ketika Rasulullah SAW mendengar seseorang membaca Surat Al-Ikhlas dan beliau bersabda, orang tersebut wajib masuk surga. Telah wajib baginya masuk surga.
  • Ini Beda Tobat Orang...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 19:06 WIB
    Gus Baha menyatakan salah satu dalil tobat orang alim adalah surah Al-Baqarah ayat 160. Ayat tersebut menegaskan kalau tobatnya para Alim adalah dengan murajaah (mengulang) ilmu dan menyampaikannya.
  • Surat Al Maidah: Ayat...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:31 WIB
    Surat Al-Maidah, ayat Al-Quran yang terakhir turun kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Surat ini terdiri dari 120 ayat, surah kelima yang termasuk golongan Madaniyyah.
  • Ayat-ayat Al-Quran yang...
    Tips
    Rabu, 24 November 2021 - 13:32 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik.
  • Surat Al-Ghafir Ayat...
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 13:03 WIB
    Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Al-Ghafir ayat 44 di hadapan orang yang sakit mata, namun lebih bagus lagi jika yang menderita sakit mata sendirilah yang membacanya.
  • Keistimewaan Surah Saba,...
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 10:16 WIB
    Surat Saba, dapat menjadi wasilah agar selamat dari berbagai macam bencana, atau untuk menyuburkan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan membacanya secara istikamah.
  • 8 Ayat Salamun Rebo...
    Hikmah
    Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:50 WIB
    Ayat-ayat Al-Quran yang sering dipakai tabarrukan pada saat tiba di hari Rabu di penghujung bulan Safar sering disebut dengan Ayat Salamun. Hal ini karena semuanya diawali dengan kata salamun.
  • Ini Mengapa Timbul Pembahasan...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 06:14 WIB
    Para ulama berbeda pendapat tentang bagaimana menghadapi ayat-ayat yang sepintas lalu menunjukkan adanya gejala kontradiksi. Dari sinilah kemudian timbul pembahasan tentang nasikh dan mansukh
  • Surat Asy-Syura Ayat...
    Hikmah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 12:24 WIB
    Surat Asy-Syura ayat 15 bisa dijadikan wasilah atau doa ketika tertimpa suatu masalah. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut secara rutin dan Istikamah
  • Surat Al-Mulk Ayat 16:...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 21:26 WIB
    Pada ayat ini Allah memberi peringatan keras kepada orang-orang kafir yang durhaka kepada-Nya. Berikut peringatan-Nya dalam Surat Al-Mulk ayat 16.