Topik Terkait: Tarawih Keliling (halaman 500)

  • Hakikat dan Sejarah Penamaan Santri di Indonesia
    Tausiyah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Asia Tenggara memiliki ciri khas dalam menghadirkan dakwah dan pendidikan Islam. Lembaga pesantren salah satunya. Penamaan pesantren cenderung diterima luas di Jawa.
  • Pesan Rasulullah untuk Pejabat dan Ganjaran Bagi Pemimpin Adil
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:02 WIB
    Barangsiapa yang memimpin dengan adil dan menjaga amanah yang dibebankan padanya maka ia akan mendapat naungan Allah Taala.
  • Kisah Istri Saleha dan Dosa Besar Bagi yang Tidak Taat Suami
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 16:52 WIB
    Dalam Kitab Uqud al-Lujain (etika rumah tangga) karya Syeikh Muhammad bin Umar An-Nawawi disebutkan bahwa salah satu dosa besar bagi seorang istri adalah apabila ia keluar rumah tanpa seijin suaminya.
  • Menggelorakan Semangat Resolusi Jihad Kiyai Hasyim Asyari
    Tausiyah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 12:37 WIB
    Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober sejatinya berangkat dari spirit resolusi Jihad yang digelorakan oleh KH Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945.
  • 3 Tanda Orang Bodoh dan Wasiat Abdullah bin Masud
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:25 WIB
    Orang pintar itu selalu berupaya membebaskan diri dari tiga sifat orang bodoh. Apa saja tanda-tanda orang bodoh? Berikut ulasan singkatnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Rasulullah Jatuh Pingsan Mendengar Keadaan Neraka dan Penghuninya (1)
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:02 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) sendiri pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. Berikut kisahnya.
  • Nasihat Ustaz Abdul Somad untuk Para Pejabat
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan sebuah nasihat yang menggetarkan hati ketika menjadi Khatib Jumat beberapa waktu lalu. Berikut khutbahnya.
  • Inilah Cemburu yang Diajarkan Nabi Muhammad
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 16:05 WIB
    Sesungguhnya Allah Taala itu pecemburu, dan orang mukmin itu hendaknya pecemburu. Bagaiman cemburu yang diajarkan Rasulullah SAW?
  • Apa Saja Penyebab Suul Khatimah, Ini Kata Imam Al-Haddad
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 21:53 WIB
    Semua orang pasti mendambakan kehidupan yang ditutup dengan husnul khatimah (akhir yang baik), bukan suul khatimah atau akhir yang buruk.
  • 8 Manfaat Mempelajari Kisah Nabi dan Rasul
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 17:05 WIB
    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang wajib diyakini setiap muslim. Ada 8 manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul.
  • Kisah Pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir, Yuk Ambil Hikmahnya!
    Hikmah
    Sabtu, 26 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Pertemuan Nabi Musa alaihissalam (AS) dan Nabi Khidir AS adalah kisah luar biasa yang sarat hikmah. Berikut kisah selengkapnya.
  • Memetik Hikmah dari Kisah Hamba yang Beribadah 500 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 27 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Kisah seorang hamba yang beribadah selama 500 tahun ini patut dijadikan renungan dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan oleh Rasulullah SAW kepada seorang sahabat bernama Jabir RA.
  • Sthepen Hawking, Atheis dan Jawaban Ilmiah dari Alquran (1)
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sthepen Hawking. Siapa yang tak mengenalnya? Di kalangan para ilmuwan dia disejajarkan dengan tokoh ilmuwan klasik sekelas Albert Einsten, Sir Isaac Newton dan tokoh ilmuwan hebat lainnya.
  • 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat
    Tausiyah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 08:30 WIB
    Pada hari kiamat manusia akan terbagi menjadi tiga golongan besar. Adapun tiga kelompok manusia ini diceritakan dalam Alquran Surah Al-Waqiah (hari kiamat).
  • Pesan Habib Umar bin Hafidz di Bulan Rabiul Awal
    Tausiyah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 09:00 WIB
    Hari ini Selasa (29/10/2019) kita memasuki hari pertama Rabiul Awal (bulan ke-3 tahun Hijriyah). Bulan yang sangat istimewa karena Rasulullah SAW lahir ke dunia di bulan ini.
  • 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui
    Tausiyah
    Jum'at, 01 November 2019 - 05:15 WIB
    Satu-satunya sosok manusia yang tak pernah habis untuk dibicarakan dan dipelajari ialah Al-Musthafa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kisah Nabi Adam dan Proses Penciptaannya (1)
    Hikmah
    Sabtu, 02 November 2019 - 05:17 WIB
    Nabi Adam alaihissalam (AS) adalah orang pertama yang dikisahkan dalam kitab suci Alquran. Beliau adalah ayah dan nenek moyang seluruh manusia di muka bumi.
  • Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya
    Hikmah
    Minggu, 03 November 2019 - 07:30 WIB
    Inilah pesan indah yang bisa kita petik dari pertemuan Kiyai kharismatik Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan Habib Quraisy Baharun.
  • Kita yang Menebar Najis, Rasulullah SAW yang Membersihkannya!
    Tausiyah
    Senin, 04 November 2019 - 07:30 WIB
    Sangat menggugah hati analogi kisah yang dilukiskan oleh Imam Jalaluddin ar-Rumi dalam karyanya Al-Matsnawi ketika menggambarkan betapa kehadiran Rasulullah SAW sebagai rahmat bagi umat akhir zaman.
  • Doa Mustajab Melunasi Utang, Baca Sebelum Tidur
    Hikmah
    Senin, 04 November 2019 - 10:01 WIB
    Utang piutang adalah perkara yang lazim kita temui di tengah masyarakat. Islam membolehkan hukum utang piutang karena termasuk akad taawun (tolong menolong).