Topik Terkait: Tata Kelola Bumn (halaman 2)

  • Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
    Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Berikut bacaan niat dan doa setelah wudhu.
  • Bacaan Niat Haji dan Urutan Tata Cara Pelaksanaannya
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Bagi jemaah haji wajib mengetahui bacaan niat Haji dan urutan tata cara melaksanakannya. Sebagaimana kata Nabi, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.
  • Begini Doa Setelah Salat Hajat Serta Waktu dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Senin, 04 Januari 2021 - 06:00 WIB
    Salat hajat merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan dengan tujuan khusus memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan hajat, keperluan, atau kebutuhan kita.
  • Tata Cara Membaca Yasin di Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Doanya
    Tips
    Kamis, 22 Februari 2024 - 08:59 WIB
    Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Bagaimana tata cara dan urutan doanya?
  • Tata Cara Sholat Duduk Bagi yang Sakit dan Tidak Mampu Berdiri
    Tips
    Selasa, 08 Maret 2022 - 20:03 WIB
    Tata cara sholat duduk bagi orang sakit dilakukan dengan membaca bacaan yang sama dengan sholat pada umumnya. Perbedaanya hanyalah pada beberapa gerakan sholat.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Tata Cara Salat Tahajud Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:50 WIB
    Salat tahajud menjadi salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan oleh setiap muslim demi meningkatkan takwa, termasuk melsanakannya di bulan Ramadan ini.
  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • Niat Sholat Iduladha Lengkap Arab Latin dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Niat sholat Iduladha ini perlu diketahui umat muslim supaya dapat melaksanakan ibadah dengan benar. Terlebih sholat Id ini hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun.
  • Tata Cara Ziarah Kubur Lengkap Bacaan Doa dan Artinya
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 07:15 WIB
    Ziarah kubur sudah menjadi tradisi kaum muslim di Indonesia menjelang bulan suci Ramadan. Berikut tata cara ziarah kubur lengkap bacaan doa dan artinya
  • Tata Cara Mandi Taubat untuk Pria dan Wanita Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:59 WIB
    Tata cara madi taubat untuk pria dan wanita lengkap dengan bacaan niatnya penting untuk dipahami kaum muslimin. Sebab, mandi tersebut bertujuan membersihkan diri dari hadas besar atau setelah melakukan tindakan tertentu.
  • Sujud Sahwi, Kapan dan Bagaimana Tata Cara Melaksanakannya?
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 09:10 WIB
    Dalam Islam ada beberapa jenis dan bentuk sujud. Salah satunya adalah sujud sahwi. Sujud ini disyariatkan saat kita lupa dan meninggalkan rukun salat. Bagimana tata cara dan doa sujud sahwi ini?
  • Doa Ziarah Waliyullah Lengkap dengan Tata Caranya
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 13:10 WIB
    Doa ziarah waliyullah ini biasa dilatunkan ketika sedang ziarah kubur ke makam-makam tokoh ulama atau orang-orang shalih
  • Tata Cara Menyapih Anak Menurut Islam
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 11:49 WIB
    Menyapih anak menjadi momen penting dalam pola asuh bayi kita. Dan ternyata, Islam sudah mengatur dalam aspek yang terlihat sederhana dalam pola asuh anak ini.
  • Tata Cara Sholat Istikharah Lengkap Niat dan Doanya
    Tips
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:50 WIB
    Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Alah atas sebuah pilihan agar mendapat kebaikan dalam pilihan tersebut. Berikut tata caranya.
  • Besok Gerhana Matahari, Berikut Tata Cara Salat Gerhana!
    Tips
    Rabu, 19 April 2023 - 18:38 WIB
    Pada hari Kamis, 20 April 2023 akan terjadi gerhana matahari hibrida. Umat Islam diperkenankan untuk melakukan sembahyang gerhana, secara berjamaah, tanpa azan dan ikamah.
  • Tata Cara Sholat Tasbih dan Keutamaannya
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 23:19 WIB
    Sholat Tasbih adalah sholat sunnah 4 rakaat yang di dalamnya terdapat bacaan Tasbih sebanyak 300 kali. Sholat ini termasuk di antara sholat sunnah yang memiliki fadhilah agung.
  • Tata Cara Salat Tasbih di Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 16:07 WIB
    Tata cara salat tasbih di malam nisfu Syaban tidak berbeda dengan salat tasbih di hari di luar itu. Ini adalah salat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama.
  • Tata Cara Sholat Idul Adha Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:28 WIB
    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha (sholat Id). Berikut tata cara sholat Idul Adha berikut bacaan niatnya.
  • Tata Cara Memusnahkan Mushaf Al-Quran yang Sudah Rusak
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Tata cara memusnahkan Al-Quran yang sudah rusak tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada cara tertentu yang dapat dilakukan dengan niat memuliakan Al-Quran.
  • Doa Buka Puasa Arafah dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 18:55 WIB
    Doa buka puasa Arafah dan tata caranya ini penting diketahui dan hendaknya diamalkan setiap muslim yang telah menjalankan puasa Arafah (9 Dzulhijjah)