Topik Terkait: Tata Kelola Bumn (halaman 4)

  • Sejarah Salat Gerhana Matahari dan Tata Caranya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 17:06 WIB
    Kamis depan, 26 Desember 2019 bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 Hijriyah, fenomena alam gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi di wilayah Indonesia.
  • Tata Cara Mandi Junub Bagi Seorang Wanita, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Muslimah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:52 WIB
    Tata cara mandi junub bagi seorang wanita wajib dilakukan usai haid. Mandi junub menjadi hal yang wajib dilakukan guna menyucikan diri dari hadas besar yang bisa membatalkan kegiatan beribadah.
  • Sore Ini Gerhana Bulan Terlama, Berikut Tata Cara dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 19 November 2021 - 11:33 WIB
    Gerhana bulan akan terjadi pada Hari Jumat (19/11/2021) sore ini sebagaimana dilaporkan oleh NASA. Berikut tata cara dan bacaan niat Sholat Gerhana Bulan atau disebut Khusuf.
  • Tata Cara Tayamum Ketika Mendaki Gunung
    Tips
    Selasa, 02 November 2021 - 11:30 WIB
    Saat mendaki gunung tidak mudah menemukan tanah yang landai untuk bisa menunaikan ibadah sholat serta air untuk bersuci (wudhu). Karena itu, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tayamum
  • Apa yang Dilakukan Setelah Talak? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Mengumpulkan tiga talak dalam satu ucapan itu bertentangan dengan syariat Al Quran. Inilah yang dijelaskan dan diambil oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Qayyim.
  • Perbaiki Cara Salat Anda, Ada 7 Syarat Sah Sujud
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 17:14 WIB
    Sujud merupakan salah satu rukun salat yang wajib dipenuhi. Meninggalkannya atau melakukannya dengan tidak memenuhi syarat-syaratnya menyebabkan ibadah salat tidak sah.
  • Tata Cara Salat Tasbih di Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 16:07 WIB
    Tata cara salat tasbih di malam nisfu Syaban tidak berbeda dengan salat tasbih di hari di luar itu. Ini adalah salat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama.
  • Tata Cara Haji: Amalan 12 Dzulhijjah saat Masih di Mina
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:14 WIB
    Jika jemaah haji telah selesai melempar jumrah pada tanggal 12 Dzulhijjah, lalu ingin bersegera maka dibolehkan keluar dari Mina sebelum matahari tenggelam, tetapi jika ingin tetap tinggal maka hal itu lebih utama.
  • Sahkah Menalak Istri Ketika Hamil? Begini Penjelasan Ulama
    Muslimah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:46 WIB
    Sah atau tidak bila menalak istri ketika sedang hamil? Bagaimana sebenarnya hukum talak menurut Islam? Dalam Islam, talak meskipun halal dan diperbolehkan namun sangat tidak disukai Allah SWT.
  • Mengenal Khalwat dan Ikhtilat, Tata Cara Berinteraksi dalam Islam
    Tips
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 23:56 WIB
    Mengenal khalwat dan ikhtilat berikut tata cara berinteraksi dalam Islam perlu kita ketahui agar tidak terjerumus kepada dosa. Berikut perbedaan khalwat dan ikhtilat.
  • Panduan Lengkap Cara Salat Tarawih Sendiri di Rumah
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 14:50 WIB
    Cara salat tarawih sendiri di rumah penting diketahui umat Muslim. Meski lebih dianjurkan untuk melaksanakannya secara berjamaah, tarawih juga bisa dikerjakan sendiri di rumah.
  • Inilah Perbedaan Mandi Besar Laki-laki dan Wanita
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 19:39 WIB
    mandi besarnya wanita sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada satu perbedaan yang menonjol yakni soal kuciran rambut wanita. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 8 Rakaat Berjamaah dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 04 Maret 2024 - 15:15 WIB
    Bacaan niat salat tarawih 8 rakaat dan tata caranya ini, penting diketahui umat Muslim yang sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.
  • Bolehkah Niat Mandi Puasa Ramadan? Bagaimana Bacaan dan Tata Caranya?
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 12:10 WIB
    Salah satu amalan yang populer dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia di bulan Ramadan adalah mandi puasa Ramadan. Benarkah ada mandi khusus sebelum puasa Ramadan ini? Bagaimana bacaan niat dan tata caranya?
  • Begini Tata Cara Salat Saat Kondisi Bencana
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Bagi yang berada dalam kondisi bencana, tidak ada batasan pasti kapan paling lama jamak dilakukan. Batasan sebenarnya adalah hilangnya kesukaran dan kesempitan itu sendiri.
  • Tata Cara Haji: Jemaah Lelaki Boleh Mengenakan Sandal saat Ihram
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:19 WIB
    Maka yang utama adalah bila laki-laki ihram dengan memakai sandal untuk menghindari duri, panas atau dingin. Tapi jika dia ihram tanpa memakai sandal maka tiada dosa atas dia,
  • Doa Witir:  Begini Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Witir
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 07:51 WIB
    Salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan usai menunaikan sholat tahajud adalah sholat witir. Sholat ini juga dikerjakan pada bulan Ramadhan sebagai penutup sholat tarawih.
  • 13 Sunnah Wudu, Nomor Terakhir Pahalanya Dibukakan 8 Pintu Surga
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:40 WIB
    Berwudu adalah syarat sahnya ibadah seperti sholat atau melakukan thawaf Haji dan umrah. Mempelajari fiqih wudhu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Berikut 13 sunnah ketika wudu.
  • Mengenal Jenis Najis dan Tata Cara Bersucinya
    Tips
    Rabu, 26 Januari 2022 - 20:48 WIB
    Mengetahui tentang najis dan jenis-jenis sangat penting bagi seorang muslim karena berkaitan erat dengan ibadah. Jangan sampai karena ketidaktahuan, menganggap sepele hal yang sebenarnya adalah najis.