Topik Terkait: Tawakkal Dalam Alquran

  • Perintah Tawakkal dalam Ayat-Ayat Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 15:11 WIB
    Di dalam Al-Quran banyak ayat-ayat yang menyebutkan tentang tawakkal ini. Kata tawakkal yang menjelaskan tentang penyerahan diri kepada Allah Taala tersebut dapat dijumpai pada beberapa surah dan ayat dari firman Allah Taala ini.
  • 3 Tanda Orang yang Benar-benar Tawakkal
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 16:51 WIB
    Tawakkal merupakan bagian dari buah tauhid. Salah satu tanda orang mukmin sejati adalah memiliki sikap tawakkal kepada Allah Taala. Berikut tiga tandanya.
  • Ikat Dulu Untamu Baru Engkau Tawakkal
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 23:55 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan cara bertawakkal kepada Allah sebagaimana pesan Beliau kepada seorang Arab Badui yang melepaskan untanya di depan pintu masjid.
  • Beginilah Tawakkal yang Diajarkan Habib Jindan (1)
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 11:58 WIB
    Pimpinan Yayasan Al-Fachriyah Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan memberi nasihat indah terkait tawakkal saat kajian Rauhah yang membahas Kitab Riyadhus Shalihin dan Ihya Ulumuddin.
  • Mengubah Takut dan Bimbang Dengan Tawakkal Kepada Allah
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:35 WIB
    Takut dan bimbang biasanya timbul akibat rasa ketidak-pastian. Kedua penyakit ini tumbuh akibat kurang yakinnya seseorang akan kemutlakan kekuasaan Allah SWT.
  • Nabi Idola Kaum Yahudi Ini Memang Fenomenal dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 10:28 WIB
    Nabi Musa adalah nabi yang paling banyak diidolakan kaum Yahudi. Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam Al-Quran (2): Persatuan Bukan Penyatuan
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 17:29 WIB
    Makna kata umat dalam Al-Quran sangat lentur, dan mudah menyesuaikan diri. Tidak ada batas minimal atau maksimal untuk suatu persatuan. Yang membatasi hanyalah bahasa.
  • Kemuliaan Sosok Ibu yang Digambarkan Dalam Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 09:54 WIB
    Sosok ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anak-anaknya. Karena itu Allah memberikan karomah secara khusus kepara para ibu.
  • Mengenal Al-Ahqaf, Tempat Kaum Ad dalam Al Quran
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Juli 2023 - 12:42 WIB
    Kaum Ad jadi salah satu kaum yang disebut dalam kitab suci Al Quran. Mereka termasuk ke dalam suku kuno di masa kenabian yang dimusnahkan dengan berbagai bencana.
  • 9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (1)
    Hikmah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:43 WIB
    Tak sedikit mereka yang membudidayakan tanaman itu menjadi kaya raya. Begitu juga mereka yang memperdagangkan komoditas tersebut. Petani kaya, pedagang pun kaya.
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Bani Israil, Bangsa yang Paling Banyak Disebut dalam Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:25 WIB
    Bani Israil merupakan bangsa yang paling sering diceritakan dalam al-Quran. Terhitung 41 kali kata Bani Israil diulang, juga terdapat dua ayat yang hanya menyebutkan kata israil.
  • Bahayanya Berbohong dalam Candaan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 07:26 WIB
    Seringkali dalam obrolan sehari-hari baik bersama teman atau rekan kerja, tanpa disengaja atau tidak, melontarkan kata candaan dengan maksud melucu atau membuat orang yang mendengar kita bisa tertawa
  • Karomah Seorang Ibu yang Digambarkan dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 09:28 WIB
    Islam sangat memuliakan sosok seorang ibu. Seorang ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anak-anaknya. Karena itu Allah memberikan karomah secara khusus kepara para ibu.
  • Kisah si Tajir Qarun dalam Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 09:24 WIB
    Qarun pada awalnya orang yang saleh. Ia berjuluk Al-Munawwir karena suaranya yang bagus saat membaca kitab Taurat. Setelah kaya, ia serakah bahkan menyembah berhala.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Hadapi Corona dengan Ikhtiar, Doa dan Tawakkal
    Tausiyah
    Senin, 23 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Waspada itu baik namun jangan sampai kekhawatiran berlebihan sehingga membuat kita tidak tenang dan nyaman dalam menjalani ibadah.
  • Kesetaraan Gender dalam Al-Quran, Nasaruddin Umar: Tak Menganut Paham The Second Sex
    Muslimah
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 13:35 WIB
    Al-Quran tidak menganut paham the second sex yang memberikan keutamaan kepada jenis kelamin tertentu, atau the first ethnic, yang mengistimewakan suku tertentu
  • Manfaat Sikap Tawakkal dan Hikmah yang Diperolehnya
    Tips
    Minggu, 27 Maret 2022 - 19:25 WIB
    Dalam riwayat Islam, sikap tawakkal sudah dijunjung tinggi sebagai tanda yang jelas dari seorang yang beriman, takwa dan berserah mutlak pada Allah.
  • Beginilah Tawakkal yang Diajarkan Habib Jindan (2)
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 17:12 WIB
    Dikisahkan, suatu hari Nabi Muhammad SAW pulang berjihad beliau berteduh di bawah pohon. Lalu ada orang mengambil pedangnya Rasulullah dan menodongkannya kepada beliau.