Topik Terkait: Tekan Angka Kematian

  • Syariat Merespons Kematian;...
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • Jangan Bersedih, Kematian...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • Siapakah yang Layak...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:50 WIB
    Siapa yang berhak mendapat gelar syuhada dalam kematian Islam? Sebenarnya seperti apa kematian syuhada tersebut dan apa saja keutamaannya?
  • Siksa dan Nikmat Kubur:...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Yang dimaksud beriman kepada hari akhir yaitu mengilmui dengan setiap perkara yang berkaitan dengan kejadian setelah kematian seorang hamba sambil dibarengi keyakinan yang sempurna.
  • 3 Peristiwa Mendebarkan...
    Muslimah
    Jum'at, 05 November 2021 - 14:32 WIB
    Bagi orang yang beriman, bukan kematian yang ia takuti, melainkan apa yang akan terjadi setelahnya. Sehingga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberi nasehat akan pentingnya membekali diri untuk menghadapi hari setelah kematian tersebut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • Tidak Bersedih dengan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Ziarah Kubur Perbanyak...
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • Kematian Tak Hanya Sekali...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 06:42 WIB
    Kematian pertama dialami oleh manusia sebelum kelahirannya, atau saat sebelum Allah menghembuskan roh kehidupan kepadanya sedang kematian kedua, saat ia meninggalkan dunia yang fana ini.
  • Tanda-tanda Kematian...
    Tips
    Minggu, 11 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti datang kepada semua makhluk yang bernyawa. Namun kapan ajal atau kematian itu menjemputnya? Tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahui rahasia ajal, tetapi ada tanda-tandanya.
  • Penyakit Jantung dan...
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 08:17 WIB
    Penyakit jantung dan radang paru menjadi penyebab tertinggi kematian jemaah haji setelah Arafah, Muzdalifah dan Mina. Jemaah haji diingatkan cukup istirahat.
  • Kematian Syuhada dan...
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 10:03 WIB
    Viralnya para pejuang Palestina yang menginginkan kematian syuhada, menjadi trending topik terutama di media sosial. Sebenarnya seperti apa kematian syuhada dalan pandangan Islam ini?
  • Belajar Mengingat Kematian...
    Muslimah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 14:20 WIB
    Mengingat kematian juga merupakan salah cara hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala. Mereka yang senantiasa mengingat kematian akan mengontrol nafsu duniawinya
  • Kisah Kematian Iblis...
    Hikmah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:59 WIB
    Iblis sosok makhluk yang umurnya ditangguhkan Allah hingga Hari Kiamat. Berikut kisah kematian Iblis yang mengenaskan di tangan Izroil sang Malaikat Maut.
  • Mike Tyson, Sakaratul...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 November 2021 - 14:04 WIB
    Mike Tyson menyebut kematian itu indah. Hidup dan mati keduanya harus indah, tetapi kematian memiliki ekor yang buruk, tuturnya. Lalu benarkah kematian itu indah?
  • Kemenkes Bentuk EMT...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Mei 2023 - 13:11 WIB
    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membentuk Emergency Medical Team (EMT) untuk penanganan kegawatdaruratan medis pada penyelenggaraan haji 1444 H/2023 M.
  • Kisah Gagak, si Burung...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 10:04 WIB
    Burung gagak sering dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Dan tahukah Anda, bahwa burung ini ternyata sudah ada sejak zaman Nabi Adam diturunkan ke bumi?
  • Wasiat Rasulullah SAW...
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 15:12 WIB
    Rasulullah SAW menyampaikan 3 wasiat kepada Muadz bin Jabal ra. Salah satunya adalah tentang kematian. Beribadahlah kepada Allah Taala seolah-olah engkau melihat-Nya dan persiapkanlah dirimu menghadapi kematian.
  • Mengingat Mati adalah...
    Muslimah
    Kamis, 04 November 2021 - 19:07 WIB
    Islam mengajarkan umatnya untuk selalu mengingat kematian. Menurut Ustadz Oemar Mita, mengingat mati bukanlah anjuran, melainkan ibadah kepada Allah Taala.
  • Ketika Socrates dan...
    Hikmah
    Rabu, 04 September 2024 - 21:33 WIB
    Prof Dr Quraish Shihab mengatakan akal dan perasaan manusia pada umumnya enggan menjadikan kehidupan atau eksistensi mereka terbatas pada puluhan tahun saja.