Topik Terkait: Tempat Ibadah

  • Hukum Memasuki Tempat Ibadah Agama Lain Menurut Ulama dan 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 17:35 WIB
    Hukum memasuki tempat ibadah agama lain perlu diketahui oleh umat muslim. Para ulama menjelaskannya dalam berbagai sudut pandang. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Hikmah : Ahli Ibadah dan Bayi yang Bisa Berbicara
    Hikmah
    Minggu, 19 November 2023 - 16:23 WIB
    Suatu ketika Rasulullah menceritakan kisah ahli ibadah pada masa Bani Israil dahulu kala. Kisah shahih ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitabnya Shahih Muslim. Seorang ahli ibadah tersebut bernama Juraij.
  • Hikmah Menatap Langit, Ibadah Sunnah yang Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 13 November 2020 - 15:32 WIB
    Menatap langit artinya menyaksikan salah satu tanda kebesaran, keperkasaan, dan kekuasaan Allah. Maka tak heran, bila Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharifi mengatakan bahwa menatap langit termasuk ibadah sunnah.
  • 3 Ibadah yang Harus Didahului dengan Wudu, Apa Saja?
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 22:28 WIB
    Hukum wudu (bersuci) menjadi wajib apabila seseorang akan melakukan tiga ibadah ini. Artinya, ketiga ibadah ini tidak sah dikerjakan kecuali didahului dengan berwudu.
  • Mengenal Gerbang Lod Tempat Terbunuhnya Dajjal
    Hikmah
    Senin, 25 Juli 2022 - 17:39 WIB
    Pada akhir zaman menjelang Kiamat, Dajjal dan pasukannya akan mati di tangan Nabi Isa alaihissalam. Tempat terbunuhnya Dajjal yaitu di pintu (gerbang) Lod.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Menggelorakan Semangat Ibadah Hingga Akhir Ramadhan
    Tips
    Senin, 19 April 2021 - 12:48 WIB
    Di minggu pertama bulan Ramadhan, biasanya semangat menjalankan ibadah sangat luar biasa. Namun, seiring waktu berjalan, semangat ibadah ini suka mengendur apalagi menjelang akhir-akhir bulan suci ini
  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Rumitnya Muslim Israel Menunaikan Ibadah Haji
    Dunia Islam
    Senin, 08 Mei 2023 - 17:23 WIB
    Israel menghendaki bisa menerbangkan langsung jemaah haji dari Tel Aviv ke Arab Saudi. Upaya yang sudah lama diperjuangkan itu belum mendapat tanggapan dari Pemerintah Arab Saudi.
  • Ibadah Haji 2023, Tercatat 62 Jemaah Indonesia Wafat di Saudi
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 17:09 WIB
    Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 4 orang. Dengan penambahan ini, total jemaah haji yang wafat sebanyak 62 orang.
  • Iman Kepada Allah: Ibadah Hati yang Paling Dicintai Allah
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 08:42 WIB
    Ada belasan ibadah yang sangat dicintai Allah. Dari yang belasan itu, urutan pertama dan yang paling utama adalah ibadah hati yakni iman kepada Allah.
  • Hati-hati, Tanpa Izin Suami, Ibadah Sunnah Istri Jadi Haram
    Muslimah
    Senin, 27 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Bagi muslimah yang sudah bersuami ada aturan yang harus diperhatikan saat akan melakukan ibadah dan amalan sunnah. Seperti apa dan bagaimana aturannya menurut pandangan syariat? .
  • Hati-hati, Menempelnya 3 Macam Riya dalam Ibadah yang Menjerumuskan
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 10:27 WIB
    Hati-hati, ternyata ada jenis riya yang bisa menempel dalam ibadah yang kita lakukan. Riya tanpa sadar ini, justeru akan menjerumuskan ke dalam dosa
  • Hikmah Ibadah Haji : Semua Sama Kedudukannya di Hadapan Allah
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 09:33 WIB
    Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang terpenting. Dalam ibadah haji inilah, Allah mengumpulkan semua umat Islam di seluruh dunia untuk mengagungkanNya. Umat Islam berkumpul di Padang Arafah, Tawaf, dan Sai dalam kedudukan yang sama di hadapan Allah Yang Maha Besar.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Dimudahkan Melaksanakan Ibadah Haji
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 10:50 WIB
    Bagi yang ingin dipermudah melaksanakan ibadah haji atau rukun Islam kelima, ada baiknya mengamalkan doa Nabi Ibrahim alaihissalam.
  • Jemaah Haji Meninggal Dunia Selama Ibadah 3 Hari di Mina Capai 50 Orang
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 13:09 WIB
    Hingga 13 Zulhijah atau Sabtu, 1 Juli 2023 total jemaah haji yang meninggal dunia mencapai 50 orang.
  • 5 Fakta Kota Lod, Tempat Terbunuhnya Dajjal di Akhir Zaman
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 21:04 WIB
    Kota Lod merupakan sebuah wilayah yang memiliki makna penting dalam konteks eskatologi Islam. Gerbang Lod yang ada di Kota Lod adalah tempat Dajjal dibunuh oleh Nabi Isa pada akhir zaman.
  • Doa Terbaik agar Amal Ibadah Diterima Allah SWT
    Tips
    Minggu, 24 April 2022 - 16:02 WIB
    Selain dengan niat yang ikhlas karena Allah, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa atas setiap amal perbuatan atau amal ibadah yang kita lakukan. Hal ini penting agar amal ibadah kita diterima oleh Allah Taala.
  • Pesan Berharga dari Ibadah Wukuf di Padang Arafah
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 22:28 WIB
    Jemaah haji yang berjumlah 4 jutaan dari seluruh dunia melaksanakan Wukuf di Padang Arafah. Ibadah ini menjadi rukun sahnya haji dan wajib dipenuhi setiap jemaah haji.
  • Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Ibadah Tahallul
    Tips
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:10 WIB
    Tahallul merupakan bagian dari rukun haji dan umrah. Secara bahasa, Tahallul artinya boleh atau dihalalkan ditandai dengan mencukur rambut minimal 3 helai.
  • Doa Memohon Kekuatan untuk Melaksanakan Ibadah
    Tips
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:45 WIB
    Doa memohon kekuatan untuk beribadah ini penting dipahami agar bisa menghilangkan rasa malas yang seringkali menghinggapi kita ketika akan melaksanakan ibadah.