Topik Terkait: Tetangga Dalam Islam (halaman 2)

  • KDRT Diharamkan dalam Islam! Suami dan Istri Harus Pahami Hakikat Pernikahan
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:14 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan
  • Keunikan Kaum Wanita dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:32 WIB
    Seorang wanita muslimah adalah wanita yang menjalankan syariat Islam yang terkandung dalam agama Islam.Karena itu, jika muslimah ingin selalu dengan Allah, maka dia harus berada dalam ketaatan.
  • Kisah-kisah dalam Al-Quran, Pelajaran Penting Umat Manusia
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 11:12 WIB
    Al-Quran merupakan bacaan sempurna dan mulia. Tidak ada satu bacaanpun sejak manusia mengenal tulis-baca lima ribu tahun yang lalu dapat menandingi Al-Quran.
  • Anwar Ibrahim dan Harapan Umat Islam Masa Kini
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 21:58 WIB
    Terpilihnya Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia melalui perjalanan panjang itu menjadi harapan baru. Tidak saja di kawasan ASEAN, tapi juga dunia Islam dan dunia global secara umum.
  • Politik dalam Islam: Dekat dengan Pemimpin Tak Bermakna Penjilat
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Penyair berkata: Kekuasaan yang bersanding dengan agama akan menjadi stabil, dan agama yang bersanding dengan kekuasaan akan menjadi kuat dan kokoh.
  • Inilah Manfaat dan Keuntungan Banyak Anak dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Banyak anak banyak rezeki? Ah, itu hanya pepatah kuno. Sudah tidak zamannya lagi, atau malah tidak sesuai perkembangan zaman! Mungkin itulah pemahaman yang ada di sebagian masyarakat kita saat ini
  • Bagaimana Hukum Pemilu dalam Islam? Ada yang Mengharamkan
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:08 WIB
    Bagaimana hukum pemilu dalam Islam? Sikap para ulama terhadap pemilu terbagi menjadi dua kelompok dengan pandangan yang berbeda: mengharamkan dan menghalalkan.
  • Nasehat Imam Al-Ghazali dalam Mengendalikan Amarah
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 15:25 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah. Secara istilah marah adalah perubahan dalam diri atau emosi yang dibawa oleh kekuatan dan rasa dendam demi menghilangkan gemuruh di dalam dada.
  • Ini Sebab Diizinkannya Berperang dalam Perspektif Islam
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 23:15 WIB
    Perang merupakan salah satu syariat yang diatur dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Ada banyak ayat Al-Quran yang menerangkan tentang perang.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Kaidah Penting dalam Ekonomi Islam adalah Kemandirian
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Adab Bertamu yang Penting Diketahui Menurut Islam
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ketika bertamu ke rumah orang lain. Adab bertamu ini penting diketahui, agar ada norma-norma yang dijaga sebagai akhlak yang baik.
  • Penting Buat Suami dan Istri, Islam Sangat Mengharamkan KDRT
    Muslimah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:30 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Hukum Menikah dengan Saudara Tiri Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 16:08 WIB
    Bagaimana hukum menikah dengan saudara tiri dalam Islam? Bolehkah dilakukan? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Arah Baru Umat Islam Sesudah Kemenangan dalam Perang Badar
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Perang Badar itu merupakan permulaan hidup baru buat kaum Muslimin. Kaum Muslimin mulai mengatur siasat dalam menghadapi Quraisy dan kabilah-kabilah sekitarnya yang melawan mereka.
  • Menasihati Pemimpin Menurut Etika Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Hukum Kawin Kontrak dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 16:07 WIB
    Hukum kawin kontrak dalam pandangan Islam adalah haram, kendati pada awalnya dibolehkan. Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah.
  • Agama Islam dalam Kehidupan Modern Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Puncak dari prinsip itu adalah tauhid. Di sekelilingnya beredar unit-unit bagaikan planet-planet tata surya yang beredar di sekeliling matahari, yang tidak dapat melepaskan diri dari orbitnya.
  • Trilogi Ajaran Ilahi: Islam, Iman, dan Ihsan
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:40 WIB
    Ketiga istilah itu memberi umat Islam (Sunni) ide tentang Rukun Iman yang enam, Rukun Islam yang lima dan ajaran tentang penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Hadir dalam hidup.