Topik Terkait: Tradisi Dugderan (halaman 2)

  • Peringati Maulid Nabi, JATMAN DKI Ajak Masyarakat Bangun Tradisi Khataman Kitab Hadits
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 18:04 WIB
    Pengurus JATMAN DKI Jakarta menggelar Halaqah Alim Ulama dan Masyayikh Thoriqoh Al-Mutabarah An-Nahdliyah se-DKI Jakarta dalam rangka memeriahkan Ihtifal Maulid Rasulullah SAW akhir pekan lalu.
  • Jejak Panjang Tradisi  Malam 1 Sura, dan Suronan 10 Muharram
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Sejarah Tradisi Yasinan di Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 22:50 WIB
    Sejarah tradisi Yasinan di Indonesia menarik untuk diulas. Istilah Yasinan hanyalah penyingkatan kata yang biasa diucapkan masyarakat muslim agar mudah dimengerti.
  • Begini Tradisi Muslim Jawa dalam Membaca Kitab Maulid
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:41 WIB
    Pembacaan kitab-kitab maulid dilaksanakan dalam suasana yang dikondisikan secara khusus, terutama pada hari-hari dan momentum yang dipilih. Misalnya sebagai wirid rutin, dipilihlah malam Senin.
  • Pra-Islam, Kisah Abu Bakar Menghindar dari Tradisi Jahiliyah dan Condong ke Agama Ibrahim
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 12:34 WIB
    Pada zaman jahiliyah , Abu Bakar sudah menjauh dari tradisi dan adat istiadat Jahiliyah. Beliau misalnya, menolak menyembah berhala dan minum anggur.
  • Tetap lestarikan tradisi Salawat Jawa
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 10:15 WIB
    Masjid Plosokuning sendiri berdiri di atas tanah Kasultanan seluas 2.500 meter persegi. Bangunan masjid pada saat didirikan seluas 288 m2, dan setelah pengembangan menjadi 328 m2. Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I 1723-1819 ini awalnya merupakan benteng spiritual, dan pada masa perang kemerdekaan menjadi benteng pertahanan fisik
  • Ritual Karbala: Tradisi Kaum Syiah saat Hari Asyura, Penyesalan Diri Para Pengkhianat
    Dunia Islam
    Senin, 01 Agustus 2022 - 16:09 WIB
    Tradisi kaum Syiah saat Hari Asyura yang biasa dinamakan ritual Karbala merupakan hari yang menandai peristiwa syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dan para sahabatnya dalam perang Karbala.
  • Tradisi Maaf-maafan Saat Idul Fitri Bukan Bidah
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 23:38 WIB
    Tradisi maaf-maafan saat Idul Fitri bukanlah bidah. Mungkin mereka menyangka dan menyamakannya dengan ibadah ritual, padahal itu bukan ritual ibadah.
  • Tradisi Minum Kopi: Inovasi Dunia Islam untuk Umat Manusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 September 2021 - 07:54 WIB
    Banyak kenikmatan yang kita dapatkan sehari-harinya ditemukan di dunia Islam tetapi sejarahnya tidak diketahui banyak orang. Kopi dan tradisi minum kopi adalah salah satunya
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Sambut Lailatulkadar, Ritual Tradisi Seribu Tumpeng Digelar
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juli 2015 - 15:29 WIB
    Ratusan orang dengan pakaian tradisi Jawa berkumpul di sebuah pendopo Kampoeng Djawa Sekatul di Dukuh Sekatul Desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Kamis (9/7/2015) malam.
  • Protes Masyarakat Arab Ketika Islam Mengubah Tradisi Waris Era Jahiliyah
    Hikmah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 19:35 WIB
    Pada masa jahiliyah atau masa pra-Islam, perempuan dan anak-anak tidak dapat memperoleh warisan dari orangtuanya atau saudaranya yang meninggal.
  • Tradisi Aqiqah Sudah Dilakukan pada Zaman Arab Jahiliyah
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Tradisi aqiqah dalam Islam sejatinya sudah dilakukan juga pada Arab Jahiliyah. Ibadah yang diperuntukkan bagi manusia yang baru lahir ke dunia ini biasanya dilakukan tujuh hari setelah kelahiran.
  • Lebaran Ketupat, Peninggalan Wali Songo Hanya Ada di Indonesia
    Dunia Islam
    Minggu, 23 April 2023 - 06:34 WIB
    Lebaran ketupat murni berasal dari tanah Jawa, sejak pemerintahan Paku Boewono IV. Tradisi lebaran ketupat yang disertai dengan acara halalbihalal tidak ditemukan di negara lain selain di Indonesia.
  • Cadar Hanyalah Salah Satu Tradisi atau Mode di Zaman Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 18:11 WIB
    Memakai cadar, sehingga yang terlihat hanya kedua bola mata, merupakan salah satu tradisi atau mode/cara berdandan yang menjadi trend pada sebagian wanita sebelum dan sesudah kedatangan Islam
  • Tradisi Ramadan di Gaza yang Tinggal Kenangan
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 April 2024 - 15:17 WIB
    Ramadan yang dia tahu dan hargai sejak masa kecilnya adalah kenangan yang memudar karena kehancuran, pengungsian dan kekurangan makanan dan pasokan penting yang disebabkan oleh perang.
  • Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
    Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi. Lalu tradisi mana yang dipilih?
  • Tradisi Unik di Mesir, Ramadan dengan Lampion
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2015 - 10:49 WIB
    Ada tradisi unik yang dipertahankan di Mesir selama Ramadan. Yakni, tradisi menyalakan lampion dan lampu warna-warni di berbagai tempat.
  • 5 Tradisi Unik Saat Bulan Ramadan di Indonesia
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2015 - 10:39 WIB
    Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi. Bahkan banyak tradisi menarik yang dimiliki Indonesia, seperti tradisi saat bulan Ramadan.
  • Tradisi Syawalan di Pesisir Jawa Tak Sekadar Pesta
    Dunia Islam
    Selasa, 25 April 2023 - 05:15 WIB
    Tradisi Syawalan bagi masyarakat pesisir Jawa juga disebut sedekah laut. Tradisi ini biasa dilakukan masyarakat pesisir Jawa misalnya di wilayah-wilayah pantai di Cilacap, Tegal.