Topik Terkait: Ummu Kultsum Binti Uqbah (halaman 3)

  • Asy-Syifa binti Abdullah, Sosok Ilmuwan Wanita Pertama dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 09:03 WIB
    Sosok Asy-Syifa binti Abdullah bin Abdi Syams merupakan tokoh ilmuwan wanita pertama dalam Islam. Ia adalah seorang muslimah yang terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah
  • Kedermawanan Rilah binti Mudhadh, Istri Nabi Ismail
    Muslimah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 05:56 WIB
    Banyak kisah keteladan dari istri-istri para nabi dan rasul yang bisa dijadikan contoh para muslimah masa kini. Istri yang saleha, dermawan, qanaah, setia, sabar, lembut dan selalu bersyukur kepada Allah Taala.
  • Biografi Sayyidah Khadijah dan Keistimewaannya (5): Mendapat Salam dari Allah dan Malaikat Jibril
    Hikmah
    Jum'at, 01 September 2023 - 16:50 WIB
    Berikut lanjutan biografi dan keistimewaan Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Rasulullah ? yang merupakan orang pertama memeluk Islam.
  • Zainab binti Jahsy, Istri Mandiri yang Rajin Sedekah
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 07:05 WIB
    Zainab binti Jahsy merupakan salah satu istri Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah yang giat bekerja dan berkarier. Meski Rasulullah memberikan nafkah yang cukup. Ummul Mukminin ini tetap giat mengumpulkan rezeki karena keinginannya untuk bersedekah.
  • Atikah binti Zaid : Sang Bidadari Para Syuhada
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:10 WIB
    Salah satu kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah adalah tentang sosok Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Debat Ummu Yaqub dengan Abdullah bin Masud Terkait Tato
    Tausyiah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Debat Ummu Yaqub dengan Abdullah bin Masud terkait tato ini dinukil dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan dikutip Abdul Halim Abu Syuqqah dalam bukunya berjudul Tahrirul-Marah fi Ashrir-Risalah
  • Peristiwa Bulan Syawal: Nabi Muhammad SAW Menikahi Ummu Salamah
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 05:15 WIB
    Pada bulan Syawal tahun ke-4 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menikahi Ummu Salamah, janda yang lahir 24 tahun sebelum hijrah dan wafat pada tahun 61 H.
  • Mandrasah Pertama yang Menggodok Keilmuan Imam Syafii
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 18:41 WIB
    Kehebatan Imam Asy Syafii tak terlepas dari peran ibundanya, yakni Fatimah binti Ubaidillah Azdiyah. Siapakah ia dan bagaimana perannya dalam melahirkan tokoh dan pakar ilmu yang sangat hebat ini?
  • Ar-Rubayyi binti Muawwidz : Mujahidah Cerdas Kebanggaan Rasulullah
    Muslimah
    Jum'at, 19 November 2021 - 07:28 WIB
    Ar-Rubayyi binti Muawwidz adalah shahabiyat yang hidup dalam naungan Islam. Hidupnya didedikasikan di medan perang untuk melindungi Rasulullah Shallaallahu alaihi wa sallam.
  • Allah Mencintai Orang-Orang yang Lisannya Basah karena Zikir
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 17:43 WIB
    Basahnya lisan adalah ungkapan karena mudahnya berlakunya sebagaimana keringnya adalah ungkapan kebalikannya, kemudian mengalirnya lisan adalah ungkapan tentang selalu berzikir.
  • Profil dan Biografi Aisyah binti Abu Bakar, Istri Nabi Muhammad SAW yang Banyak Julukan
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 15:39 WIB
    Aisyah memiliki pengaruh besar bagi perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. Sebagai istri, ia selalu mendukung keteguhan hati Rasulullah dalam usahanya mensyiarkan Islam.
  • Kisah Umaimah binti Numan, Dicerai Nabi Muhammad SAW Jelang Malam Pengantin
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 17:06 WIB
    Umaimah binti Numan al-Jauniyah bernama asli Asma bintu an-Numan adalah perempuan yang sempat dinikah Rasulullah SAW namun diceraikan menjelang malam pengantinnya.
  • Kisah Fatimah binti Abdul Malik, Ibu Negara yang Tanggalkan Kemewahan dan Fasilitas Istana
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Fatimah binti Abdul Malik, satu dari deretan muslimah yang namanya bersinar di pentas sejarah. Beliau seorang ibu negara yang memilih hidup zuhud meski tinggal di istana.
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Nasihat Hubabah Ummu Salim buat Kaum Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:12 WIB
    Nasihat untuk kaum muslimah disampaikan Hubabah Ummu Salim bin Hafidz, istri dari Habib Umar bin Hafidz, sangat menggetarkan hati. kehadiran istri dari ulama dan dzurriat Rasulullah SAW ini menjadi inspirasi yang berarti bagi kaum muslimah zaman ini.
  • Kisah Huyay bin Akhthab Bertahan Yahudi, Putrinya Diperistri Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:06 WIB
    Jauh sebelum menjadi istri Nabi, Sayyidah Shafiyah menyaksikan bagaimana sang ayah tetap bertahan sebagai pemeluk Yahudi kendati sudah tahu bahwa Muhammad adalah seorang rasul.
  • Hindun binti Utbah : Sosok Muslimah Pemberani, Cerdas dan Konsisten pada Janji
    Muslimah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 10:15 WIB
    Nama shahabiyah yang satu ini juga pasti sudah tidak asing lagi yaitu Hindun binti Utbah. Ya, Hindun istri Abu Sufyan yang terkenal sebagai pemakan hati Singa Allah, Hamzah bin Abdul Mutalib.
  • Sosok Perempuan yang Menolak Lamaran Nabi Muhammad SAW, Ini Alasannya
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 23:51 WIB
    Siapakah sosok perempuan yang menolak lamaran Nabi Muhammad SAW? Nabi pernah melamarnya dua kali namun selalu kandas. Berikut kisahnya dan alasan penolakannya.
  • Mengulik Asbabun Nuzul Surat Maryam Ayat 77
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:29 WIB
    Asbabun nuzul Surat Maryat ayat 77 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Zubaidah binti Abu Ja’far al-Mansur; Sosok Ibu Negara Cerdas Berilmu yang Murah Hati
    Muslimah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 10:20 WIB
    Zubaidah binti Abu Jafar al-Mansur, namanya memang tidak sepopuler suaminya yang seorang khalifah, yakni Khalifah Harun Al Rasyid. Namun perannya begitu berarti dibalik kesuksesan suaminya itu.