Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 77)

  • Kisah Orang-orang Masuk...
    Hikmah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 15:44 WIB
    Di tengah ramainya polemik pengeras suara masjid, suara Azan ternyata memberi Hidayah dan hikmah bagi banyak orang. Berikut kisah orang-orang masuk Islam setelah mendengar Azan.
  • Tugas Utama Suami Menjaga...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:35 WIB
    Dalam Islam, tugas utama seorang suami atau kepala keluarga adalah harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka
  • Doa agar Dapat Jodoh...
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 12:30 WIB
    Doa untuk mendapat jodoh yang kita harapkan bisa diamalkan secara rutin. Doa ini bersumber dari Al-Quran dan Hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Jalan Panjang Konstantinopel,...
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 12:20 WIB
    Jauh sebelum dinasti Utsmani, beberapa kali kaum Muslimin berusaha menaklukkan Konstantinopel. Usaha pertama dilakukan pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan.
  • Turunnya Surah At-Taubah...
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 16:09 WIB
    Pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah atau 630 Masehi meletus Perang Tabuk, yakni perang antara pasukan Islam melawan tentara Romawi di daerah Tabuk. Menjelang perang turunlah surat at-Taubah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Abu Bakar Ashi-Shiddiq...
    Hikmah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:00 WIB
    Abu Bakar Ashi-Shiddiq menyadari benar bahwa dasar Islam adalah kedaulatan sejagat. Seruannya tidak terbatas hanya pada golongan Arab, tetapi ajakan kepada kebenaran itu ditujukan kepada seluruh umat manusia.
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Tausiyah
    Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:04 WIB
    Kebakaran hutan yang melanda Riau, Jambi, dan Kalimantan belakangan ini, setidaknya memberikan penyadaran kepada masyarakat betapa pentingnya arti melindungi hutan.
  • Prof Wilson: Bagaimana...
    Tausyiah
    Senin, 01 Januari 2024 - 13:27 WIB
    Tuhan tidak berbentuk (God is not physical). Dia tidak berbicara dengan suara, juga Dia tidak menulis dengan tangan. Bagaimana seorang Nabi dapat berhubungan dengan Tuhan?
  • Perihal Jilbab, Bin...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Juli 2024 - 18:52 WIB
    Kami percaya bahwa adat kebiasaan satu kaum tidak boleh--dalam kedudukannya sebagai adat-- untuk dipaksakan terhadap kaum lain atas nama agama, bahkan tidak dapat dipaksakan pula terhadap kaum itu.
  • Pinjaman Tanpa Bunga...
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 19:25 WIB
    Secara istilah qardhul hasan diartikan sebagai pinjaman yang baik yang diberikan kepada orang lain yang sedang mengalami kesulitan tanpa mengharapkan imbalan
  • 4 Ayat Surah An-Nisa...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:36 WIB
    Ulama ahli fiqih dan pakar hadis, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin mengabarkan kepada kaum muslimin ada 4 ayat yang lebih dari dunia dan seisinya
  • Syarat Sah Perkawinan:...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 20:02 WIB
    Wali dari pihak calon suami tidak diperlukan, tetapi wali dari pihak calon istri dinilai mutlak keberadaan dan izinnya oleh banyak ulama berdasar sabda Nabi SAW. Tidak sah nikah kecuali dengan (izin) wali.
  • Menelusuri Masjid Tertua...
    Dunia Islam
    Sabtu, 09 April 2022 - 11:18 WIB
    Perkembangan Islam di Malang Raya tak bisa dilepaskan dari suatu daerah di Kecamatan Singosari. Di Kecamatan Singosari inilah Islam mulai menyebar dari sebuah masjid di kawasan Bungkuk
  • Jadwal Salat untuk Wilayah...
    Tips
    Minggu, 28 Mei 2023 - 06:28 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal salat untuk Ahad tanggal 28 Mei 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal salat ini bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Tiga Kategori Mimpi...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:30 WIB
    Seringkali kita ingin mengetahui arti mimpi yang dialami. Sebenarnya bagaimana tafsir mimpi tersebut dalam pandangan syariat?
  • Salah Paham Umat Islam...
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Kemenag Hadirkan Al-Qur’an...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Al Quran Isyarat 30 juz dengan terjemahan Al-Quran Bahasa Daerah. Kedua fitur tersebut merupakan hasil pengembangan Quran Kemang Android versi 2.4 RC1 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat Kemenag.
  • Islam Mengajarkan Berkasih...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 21:23 WIB
    Sebuah hadis shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari-Muslim di zaman Rasulullah SAW dilaporkan bahwa ada seorang perempuan tua ahli ibadah suka menyakiti hewan peliharaannya.
  • Palestina, Sultan Hamid...
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 16:10 WIB
    Berawal dari mimpi seorang jurnalis berkebangsaan Yahudi Theodore Herzl yang ingin mendirikan negara Israel Raya, dia menerbitkan sebuah buku yang berjudul &ldquoDer Judenstaat&rdquo (Negara Yahudi).
  • Besok, 8.793 Jemaah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Juli 2024 - 22:51 WIB
    Jemaah haji Indonesia gelombang II akan diberangkatkan dari Madinah untuk pulang kembali ke Tanah Air mulai besok, Kamis (4/7/2024).