Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 167)

  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 09:59 WIB
    Tadabbur ayat An-Nur kali ini berisi perintah untuk menikah, dan dalam urusan pernihakan ini Islam menganjurkan untuk mempermudah dan tidak dipersulit.
  • Kisah Pendeta Menafsirkan...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 08:49 WIB
    Pada saat Muhammad SAW diangkat menjadi rasul, Abu Bakar sedang melakukan perjalanan dagang ke Suriah. Dalam tidurnya ia mimpi dan seorang pendeta menafsirkan mimpinya itu.
  • Tak Hanya Istri, Ternyata...
    Hikmah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:06 WIB
    Hak menikmati keindahan berhiasnya pasangan antara pasutri adalah sama dan seimbang, dan bahwa tuntutan berdandan tidak hanya tertuju bagi kaum perempuan saja, namun termasuk kaum laki-laki juga dituntut melakukannya
  • Kasus Khalid bin Walid:...
    Hikmah
    Minggu, 16 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Ada beberapa orang yang membicarakan soal Khalid bin Walid ini kepada Umar bin Khattab serta tindakan Umar terhadapnya. Mereka berpendapat bahwa sikapnya itu dinilai terlalu keras. Khalid pantas mendapat kehormatan.
  • Kisah Raja Romawi Nicephorus...
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:28 WIB
    Dalam kondisi malu dan kalah, Nicephorus I bersimpuh di hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid dan mohon ampunan berkali-kali. Permohonan ini akhirnya dikabulkan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Nama-nama Lain dari...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 08:30 WIB
    Di dalam Al-Quran terdapat banyak surat dan ayat-ayat yang mengingatkan tentang dahsyatnya Hari Kiamat. Berikut nama-nama lain dari Hari Kiamat atau hari akhir.
  • Syaikh Al-Utsaimin:...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Mengafirkan seseorang akan mengakibatkan banyak konsekwensi hukum. Di antaranya, orang yang dikafirkan menjadi halal darah dan hartanya. Begitu pula semua konsekwensi hukum kafir lainnya.
  • Kisah Louis Farrakhan...
    Dunia Islam
    Senin, 28 November 2022 - 09:52 WIB
    Gerakan Islam di Amerika Serikat diwarnai hal-hal yang kontroversial. Elijah Muhammad mengaku nabi atau sang utusan. Ketika ia meninggal dunia, pengikutnya menyebutnya sebagai al-Mahdi.
  • Kematian dalam Pandangan...
    Tausyiah
    Kamis, 05 September 2024 - 12:07 WIB
    Kematian dalam pandangan Islam bukanlah sesuatu yang buruk, karena di samping mendorong manusia untuk meningkatkan pengabdiannya dalam kehidupan dunia ini, juga merupakan pintu gerbang memasuki kebahagiaan abadi.
  • Kapan Wabah Berakhir?...
    Hikmah
    Minggu, 22 Maret 2020 - 08:19 WIB
    Ada yang bertanya kapan wabah penyakit berakhir? Apa yang disampaikan Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya mungkin bisa menjadi hikmah dan iktibar buat kita.
  • Hadir di Morning Update,...
    Tausyiah
    Senin, 10 Januari 2022 - 20:28 WIB
    Ustaz Abdurrohman Djaelani (Ustaz Udjae) akan mengulas pandangan Islam tentang perselingkuhan. Saksikan hanya di Morning Update (Selasa, 11 Januari 2022) pukul 07.00 WIB.
  • Mengenal Masjid Dhiror
    Hikmah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:38 WIB
    Ada peristiwa yang cukup mengganggu kenyamanan Komunitas Islam di zaman Rasulullah SAW di Madinah ketika itu. Yaitu mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana.
  • Ini Mengapa Muncul Keterpurukan...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:08 WIB
    Kekuasaan adalah amanah, maka Islam secara tegas melarang kepada pemegang kekuasaan agar melakukan abusei atau penyalagunaan kekuasaan yang diamanahkannya.
  • Kisah Budak Perempuan...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:09 WIB
    Memainkan rebana pada momen kebahagiaan bukanlah hal terlarang karena Nabi Muhammad ? sendiri pernah membiarkan seorang budak perempuan menabuh rebana di hadapan Beliau.
  • Tahun Abu: Begini Teladan...
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab berkata: Bagaimana saya akan dapat memperhatikan keadaan rakyat jika saya tidak ikut merasakan apa yang mereka rasakan.
  • Ini Alasan Kenapa Kita...
    Hikmah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 07:00 WIB
    Tidur yang baik dan benar akan mendatangkan keberkahan dan kesuksesan dalam hidup. Bagaimana caranya supaya sebuah hari menjadi barokah? Jangan tidur di waktu pagi!
  • Adab dan Etika Berpakaian...
    Muslimah
    Sabtu, 06 Agustus 2022 - 09:34 WIB
    Selain ada hukum yang mengatur bagaimana ketentuan berpakaian bagi muslimah, ada pula adab dan etika berpakaian yang hendaknya diperhatikan. Nah, selama ini mungkin kita sebagai muslimah sering melewatkan etika dan adab-adab berpakaian ini.
  • Benarkah Imam Al-Ghozali...
    Tausyiah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 07:15 WIB
    Sebagian kelompok muslim di masa kini sering melontarkan bahwa Imam Al-Ghozali tidak paham ilmu Hadis. Benarkah Imam Al-Ghozali tidak paham ilmu Hadis?
  • Asir Arab Saudi Sandang...
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:23 WIB
    Wilayah Asir di Arab Saudi menjadi wilayah pertama di Kerajaan yang menciptakan identitas pariwisata regional, disertai dengan slogan Karam Al-Arouma, atau kemurahan hati masyarakat Asir.
  • Khitan Bagi Perempuan...
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 05:00 WIB
    Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang khitan bagi wanita. Namun yang jelas khitan merupakan bagian syariat bagi wanita, terlepas hukumnya wajib ataupun sunnah,