Topik Terkait: Wafat Di Bulan Ramadhan (halaman 3)

  • Tangis Pilu Ali bin Abu Thalib saat Sayyidah Fatimah Wafat di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Jum'at, 01 April 2022 - 18:09 WIB
    Sayyidah Fatimah Az Zahra menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 3 Ramadhan 11 Hijriah. Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga? tanya Rasulullah SAW.
  • Presiden PKS Berharap Puasa Ramadhan Ini Berdampak Positif untuk Bangsa
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:08 WIB
    Hanya dalam hitungan akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan 1422 H. Momen 10 hari terakhir memiliki keutamaan yang sangat besar untuk mengoptimalkan ibadah.
  • Ramadhan Melatih Kesabaran, Berikut 3 Tingkatan Sabar
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 15:28 WIB
    Ramadhan dijuluki Syahrus Shobr atau bulan kesabaran. Di bulan inilah setiap muslim diuji, ditempa, dilatih untuk bersabar dalam segal hal. Berikut tiga tingkatan sabar.
  • 14 Juta Jamaah Kunjungi Masjid Nabawi Selama Ramadhan
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 April 2022 - 20:14 WIB
    Menurut SPA otoritas penyelenggara mengatakan mereka bekerja dengan lembaga pembantu selain staf internal untuk meningkatkan kapasitas operasional masjid.
  • Ini 3 Keutamaan dan Keistimewaan Menikah di Bulan Rajab
    Muslimah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 07:35 WIB
    Bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 4 Waktu Paling Dahsyat dan Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan
    Tips
    Rabu, 05 April 2023 - 12:31 WIB
    Allah Subhanahu wa taala dan Rasululullah Shallallahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan kita untuk memperbanyak doa, terutama pada bulan Ramadan
  • Ramadhan Bulan Kebaikan
    Tausyiah
    Rabu, 21 April 2021 - 11:06 WIB
    Bulan Ramadhan kembali hadir dan Allah SWT kembali pertemukan kita dengan bulan suci Ramadhan. Pertemuan dengan bulan Ramadhan merupakan rahmat yang amat besar
  • Inilah 11 Amalan Penting pada Bulan Ramadhan
    Tausiyah
    Senin, 20 Mei 2019 - 21:19 WIB
    Umat Islam dianjurkan menghidupkan amalan-amalan sunnah sebagaimana dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabat pada bulan Ramadhan.
  • Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 14:55 WIB
    Di balik keberkahan yang melimpah, ternyata di bulan Dzulhijjah juga terdapat beberapa sejarah penting atau peritiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Peristiwa penting apa saja?
  • Sidang Isbat Awal Ramadhan Digelar 1 April 2022
    Dunia Islam
    Senin, 14 Maret 2022 - 14:44 WIB
    Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid, pada 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.
  • Ramadhan Bulan Berjihad dari Keburukan untuk Menciptakan Perdamaian
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 04:38 WIB
    Bulan Ramadhan menjadi latihan bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari keburukan dengan menahan diri dari hawa nafsu negatif yang membatalkan puasa.
  • Saatnya Mengakrabi Al-Quran di Malam-malam Ramadhan
    Tips
    Rabu, 13 April 2022 - 14:54 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran, karena mengakrabi atau mentadabburi Al-Quran di malam-malan hari selama Ramadhan merupakan rutinitas yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kisah Rasulullah SAW Mudik pada Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 23:29 WIB
    Tak hanya umat muslim di Indonesia, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan Sahabat juga pernah mudik ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Berikut ceritanya.
  • Wafat Bertepatan 17 Ramadhan, Ini Pesan Ustaz Arifin Ilham Tentang Nuzulul Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 21:21 WIB
    Meski telah meninggalkan dunia, ilmu dan nasihat-nasihat beliau tetap dikenang dan bermanfaat bagi umat. Ada satu pesan indah Ustaz Arifin Ilham terkait Nuzulul Quran yang diperingati malam ini.
  • Inilah 5 Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan di Bulan Ramadhan
    Tips
    Rabu, 20 April 2022 - 17:01 WIB
    Dalam Islam, keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan dijelaskan melalui beragam bentuk, seperti pahala ibadah dilipatgandakan, hingga dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. .
  • 5 Doa Pendek yang Wajib Dihafal Selama Ramadhan
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 13:30 WIB
    Setidaknya ada 5 bacaan atau doa penting yang hendaknya dihafalkan untuk diamalkan kaum muslim di bulan Ramadhan ini. Bacaan pendek ini bisa dipakai sebagai doa dan juga dzikir selama Ramadhan.
  • Amalan Puasa Sunnah di Bulan Mulia
    Tips
    Minggu, 13 Juni 2021 - 10:54 WIB
    Sebagai muslim, kita juga disunnahkan untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan haram (mulia) ini. Salah satunya, kita bisa melakukan puasa sunnah mutlak. Apa itu puasa sunnah mutlak?
  • Arti Marhaban Ya Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:07 WIB
    Kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bagi bulan Ramadhan. Namun, agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.
  • Amalan di Bulan Syaban sebagai Bekal Menjelang Ramadhan
    Tips
    Senin, 20 Februari 2023 - 20:45 WIB
    Banyak amalan di bulan Syaban (bulan hijriyah yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan) yang dilakukan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam
  • 4 Tips Menyambut Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 10:37 WIB
    Di bulan Ramadhan adalah cara mendekatkan diri kepada Rabb yang paling baik dengan melakukan ibadah, ketaatan, penyucian jiwa, pembersihan hati dari berbagai macam bentuk keburukan.