Kumpulan Artikel: Tata Cara Qadha Puasa

  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Bayar Utang Puasa Ramadan, Begini Bacaan Niat Puasa Qadhanya
    Tips
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:31 WIB
    Bulan Ramadan tinggal beberapa bulan lagi, bagi umat muslim yang masih memiliki utang puasa diharuskan segera membayar atau menggantinya (qadha puasa).
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Jelang Ramadhan: Ini Hukum yang Menunggak Utang Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Bagi mereka yang masih berutang puasa maka hendaknya segera dilunasi. Berikut adalah konsekwensinya apabila belum membayar utang puasa tahun lalu, sementara Ramadhan berikutnya tiba.
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Status Utang Puasa Orang yang Murtad Lalu Kembali ke Islam
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Menurut jumhur ulama, orang yang sejak kecil terlahir sebagai orang yang bukan muslim, ketika ia masuk Islam, tidak diwajibkan untuk mengganti semua perintah dan kewajiban agama.
  • Aturan dan Tata Cara Utang Puasa yang Terlewat Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 09 Maret 2022 - 09:36 WIB
    Menjelang Ramadhan, umat muslim yang masih memiliki utang puasa harus segera melunasinya. Namun, bagaimana dengan utang puasa yang masih terlewat karena berbagai alasan. Haruskah tetap dilunasi atau harus membyar denda?
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Mengqadha Puasa Ramadhan, Inilah Doa, Niat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 08:44 WIB
    Karena kekhususan kaum perempuan seperti mengalami haid atau nifas, menjalankan puasa Ramadhan tidak dapat sebulan penuh dilaksanakan. Maka ia pun harus membayarnya dengan mengqadha puasa