Topik Terkait: Derajat Ketakwaan

  • 3 Perkara yang Dapat Meningkatkan Ketakwaan, Nomor Terakhir Peduli Sesama Muslim
    Tips
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:06 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertkawa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Tips Meningatkan Ketakwaan Setelah Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 23 April 2024 - 11:25 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertkawa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Hikmah Ibadah Kurban: Simbol Ketakwaan Sejati Seorang Hamba Dicontohkan Nabi Ibrahim dan Ismail
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya). Begini penjelasannya?
  • 3 Hal yang Mengangkat Derajat Seseorang di Sisi Allah
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 20:19 WIB
    Setiap muslim pasti mendambakan kemuliaan di sisi Allah. Perlu diingat, kemuliaan di sisi Allah berbeda dengan kemuliaan dalam pandangan manusia.
  • 4 Batasan Takwa Menurut Ali bin Abi Thalib
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:40 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sekaligus khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib, memberikan tuntunan agar kita umat Islam menjadi orang yang bertakwa.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Pandemi Corona dan Ujian Ketakwaan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:35 WIB
    Keterangannya menjelaskan bahwa pandemi virus corona yang tengah melanda dunia global saat ini adalah bagian dari ujian Allah SWT.
  • Kunci Meraih Derajat Takwa  di Bulan Ramadhan,  Rajin Baca Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 05:00 WIB
    Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya telah terealisasi di muka bumi ini. Al-Qur-an pun diturunkan sekaligus sebagai norma untuk berpijak.
  • Ustaz Abe: Tantangan Pasca-Ramadan Bagi Kaum Muslim adalah Istiqomah
    Tausyiah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 14:56 WIB
    Setelah satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan, tantangan yang mesti dihadapi ke depan adalah keistiqomahan dalam ketakwaan.
  • Jangan Bersedih, Sakit Bisa Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat
    Tausyiah
    Minggu, 11 Juli 2021 - 18:48 WIB
    Bagi orang yang sakit mempunyai dua kelebihan. Pertama, sakit yang dialaminya bisa sebagai penghapus dosa-dosanya. Kedua, mengangkat derajatnya.
  • Mencapai Derajat Ihsan
    Muslimah
    Senin, 07 Juni 2021 - 16:02 WIB
    Setiap muslim hendaklah beraktivitas di dunia ini, haruslah berhati-hati jangan sampai melanggar syariat Islam. Jangan sampai aktivitas kita sia-sia bahkan mendatangkan dosa.
  • Wisata dalam Pemahaman Ibadah, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:31 WIB
    Berwisata dalam masa liburan sekolah sepertinya menjadi agenda rutin setiap keluarga yang telah memiliki anak usia sekolah. Sayangnya, agenda wisata ini justru banyak melalaikan aktivitas ibadahnya. .
  • Simbol Ketakwaan Sejati itu Dicontohkan Ibrahim dan Ismail
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 18:31 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya).
  • Mengangkat Derajat Manusia
    Tausiyah
    Kamis, 02 Juli 2015 - 10:43 WIB
    Dari Amir bin Watsilah, dia menuturkan bahwa suatu ketika Nafi bin Abdul Harits bertemu dengan Umar di Usfan (sebuah wilayah di antara Mekah dan Madinah).
  • Puasa Merupakan Ibadah yang Unik, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 13:56 WIB
    Puasa merupakan satu ibadah yang unik. Tentu saja banyak segi keunikan puasa yang dapat dikemukakan, misalnya bahwa puasa merupakan rahasia antara Allah dan pelakunya sendiri.
  • Usai Puasa Kembali ke Titik Nol, Haedar: Takwa Itu Bukan Pangkat
    Tausyiah
    Selasa, 20 April 2021 - 15:10 WIB
    Seringkali takwa dijelaskan sebagai pangkat, gelar, dan identitas yang melekat pada diri orang yang berpuasa. Padahal ungkapan tattaqun adalah proses berkelanjutan dari perilaku takwa.
  • 8 Derajat Ahli Waris Menurut Syaikh Ash-Shabuni
    Tips
    Rabu, 23 November 2022 - 10:07 WIB
    Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni (1930 2021) mengatakan antara ahli waris yang satu dan lainnya mempunyai perbedaan derajat dan urutan. Berikut urutannya.
  • Arah kiblat Masjid Agung digeser 15 derajat
    Hikmah
    Rabu, 03 Juli 2013 - 11:23 WIB
    Tata letak interior Masjid Agung Surakarta terpaksa dirombak untuk menyesuaikan kiblat yang ternyata mengarah 15 derajat ke utara bangunan.
  • Habib Quraisy: Solusi Segala Masalah Ada Dalam Ayat Ini
    Tausyiah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 16:28 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun menyebutkan bahwa solusi dari segala masalah ada dalam Al-Quran. Allah memberi petunjuk dalam satu ayat yang populer.
  • Syaikh Abdul Qadir al Jilani tentang Derajat (Kebesaran) dan Serigala
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 10:42 WIB
    Ringkasan berikut, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.
  • Bukti Karamah Ibu untuk Anak-anaknya yang Dikisahkan Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 08:44 WIB
    Ibu adalah karamah bagi anak-anaknya. Bukti karamah itu ialah bahwa ibu selalu bisa memberikan apa saja yang terbaik untuk anaknya, ibu selalu ada untuk anaknya.