Topik Terkait: Membaca Al Quran Bagi Wanita Haid

  • Bolehkah Wanita Haid Membaca Al-Quran?
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 06:45 WIB
    Bolehkah wanita haid membaca Al-Quran? Mengingat membaca Al- Quran merupakan ibadah yang disunahkan bagi umat Islam, serta keutamaan membacanya sangatlah besar.
  • Apakah Surat Yasin Boleh Dibaca Saat Haid? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 10:14 WIB
    Apakah surat Yasin boleh dibaca saat haid dan bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, dalam Islam saat wanita sedang haid dilarang melakukan sejumlah ibadah terutama ibadah yakni sholat, puasa dan memegang mushaf al-Quran.
  • Inilah Hikmah Larangan Sholat Bagi Wanita Haid
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Saat mengalami siklus bulanan atau tengah haid, kaum wanita muslimah dilarang atau terlarang melaksanakan ibadah sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Apa sebenarnya hikmah dari larangan menjalankan kewajiban yang diterima wanita haid ini?
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • 5 Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadhan agar Tetap Meraih Pahala
    Muslimah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 17:06 WIB
    Kodrat kaum wanita yang sudah baligh yakni mengalami haid dan mestruasi, siklus bulanan ini, bisa jadi datang pada di awal Ramadhan, yang tentu saja membuat sebagian kaum muslimah kecewa karena tidak bisa melaksanakan ibadah puasa wajib ini
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Inilah Amalan bagi Wanita Haid agar Tetap Mendapat Keutamaan Malam Lailatul Qadar
    Muslimah
    Senin, 25 April 2022 - 16:52 WIB
    Di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, hampir umat muslim yang menjalankan ibadah puasa tengah menanti-nanti untuk mendapat keutamaan malam Lailatul Qadar.
  • Bagaimana Hukum Membaca Selawat saat Haid?
    Muslimah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:03 WIB
    Dalam Islam, wanita yang sedang haid tidak diperkenankan untuk menjalankan beberapa ibadah seperti salat (salat wajib dan salat sunnah) dan puasa (puasa wajib dan puasa sunnah).
  • Keutamaan Lailatul Qadar Bagi Perempuan yang Haid
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 08:57 WIB
    Malam Al-Qadr atau Lailatul Qadar adalah malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan. Bagaimana dengan perempuan yang sedang haid? Apakah bisa mendapatkan keutamaan dari malam Lailatul Qadar?
  • Keutamaan Membaca Al-Quran dengan Mushaf
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 18:11 WIB
    Banyak sekali riwayat hadis yang menjelaskan keutamaan membaca Al-Quran. Bahkan Allah Taala mengganjar 1 huruf Al-Quran sama dengan 10 kebaikan.
  • Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid?
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 12:27 WIB
    Sebagai seorang muslimah, terkadang kita bingung menentukan masa awal dan masa akhir haid atau siklus bulanan ini. Bahkan ketika yakin sudah selesai dan melakukan salat, ternyata masih keluar lendir atau flek coklat. Bagaimana cara mengetahui berhentinya haid ini?
  • Amalan Bulan Rajab Bagi Wanita Haid yang Bisa Menambah Pahala
    Muslimah
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 07:47 WIB
    Amalan bulan Rajab paling banyak diisi dengan doa dan dzikir. Amalan ini boleh dilakukana semua umat muslim, tak terkecuali seorang muslimah yang sedang berhalangan atau wanita haid
  • Doa agar Haid Cepat Keluar Berdasarkan Dalil Al-Quran dan Hadis
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 09:13 WIB
    Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit.
  • 5 Doa Sebelum Membaca Al-Quran, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Flek Coklat Sebelum Haid, Bolehkah Shalat?
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:13 WIB
    Ada flek coklat sebelum haid, bolehkan shalat? Pertanyaan ini umum dialami oleh kaum muslimah, sehingga mereka merasa ragu-ragu ketika akan melaksanakan kewajiban ibadah lima waktu ini.
  • Ternyata Ada Lho, Amalan Wanita Haid yang Bisa Menghapuskan Dosa!
    Muslimah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:47 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita yang sedang berhadas seperti menstruasi dilarang melaksanakan ibadah salat dan puasa. Bagaimana dengan zikir ? Bolehkah dilakukan dan apakah amalannya ini diterima atau tidak?
  • Indikasi Sudah Suci dari Haid dan Dibolehkan Mengonsumsi Obat untuk Menghentikannya
    Muslimah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:07 WIB
    Berakhirnya masa haid para muslimah, berarti tanda kembalinya muslimah beraktivitas ibadah yang sebelumnya dilarang saat haid, karena dia telah suci.
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 16:30 WIB
    Bagi kaum muslimah, doa mandi haid ini penting diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah
    Tips
    Kamis, 12 Januari 2023 - 22:56 WIB
    Surat Al-Ghasyiyah adalah surat ke-88 dalam mushaf Al-Quran. Surat yang terdiri 26 ayat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tak banyak diketahui kaum muslim.
  • Cara Sholat Bagi Wanita Istihadhah yang Wajib Diketahui
    Muslimah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 22:41 WIB
    Cara sholat bagi wanita istihadhah wajib diketahui umat Islam terutama kalangan muslimah. Istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas, atau keluar langsung setelah masa haid dan nifas.
  • Hukum Sholat Bagi Wanita yang Baru Mengalami Keguguran
    Muslimah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 21:43 WIB
    Hukum sholat bagi wanita yang baru saja mengalami keguguran sangat penting diketahui umat muslim khususnya kaum muslimah. Apalagi sholat merupakan ibadah wajib.