Kumpulan Artikel: Sultan (halaman 2)

  • Sultan Selim I, Penguasa Turki Utsmani yang Dijuluki Pelayan Dua Tanah Suci
    Dunia Islam
    Minggu, 05 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Sosok Sultan Selim I mungkin terdengar asing di telinga masyarakat awam. Padahal, beliau termasuk salah satu penguasa Dinasti Turki Utsmani yang disegani di zamannya.
  • Hadis yang Membahas tentang Penaklukan Roma oleh Kaum Muslimin
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:51 WIB
    Hadis yang membahas tentang penaklukan Roma oleh kaum muslimin: Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin...
  • Turki Utsmani Bebaskan Tunisia dari Cengkraman Spanyol, 238 Kapal Dikerahkan
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Tunisia merupakan negara di Afrika yang pernah ditaklukkan dan dibebaskan Kesultanan Turki Utsmani dari cengkraman Spanyol dan kekaisaran Romawi. Berikut kisahnya.
  • 5 Sultan Turki Utsmani Paling Populer, Nomor 2 Sebaik-baik Pemimpin
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 07:15 WIB
    Sultan yang pernah memimpin Turki Utsmani berjumlah 35 orang dalam lima periodesasi pemerintahan. Dari 35 Sultan yang pernah berkuasa, ada lima tokoh yang populer dalam sejarah Islam.
  • 7 Fakta Sultan Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Nama Sultan Muhammad Al-Fatih tak hanya harum dalam peradaban Islam, kisahnya juga dibadikan dalam banyak buku sejarah dunia. Berikut 7 faktanya menaklukkan Konstantinopel
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Zionis Menekan Sultan Ottoman untuk Menguasai Bumi Palestina
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:02 WIB
    Kisah pemimpin gerakan Zionisme internasional menekan Ottoman agar bisa menguasai Palestina terekam sebagai jejak Zionis menguasai bumi Palestina dan mendirikan negara Israel.
  • Kisah Hadiah Gadis Yahudi kepada Sultan Sulaiman, Cikal Bakal Runtuhnya Utsmaniyah
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 17:13 WIB
    Konflik yang terjadi antara Sultan Abdul Hamid II dan orang-orang Yahudi, merupakan peristiwa paling penting dalam perjalanan sejarah Khilafah Utsmaniyah
  • Kisah Mistik Sultan Agung Taklukkan Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:49 WIB
    Sultan Agung menaklukkan Mekkah? Ini hanyalah pencitraan saja, untuk memantapkan mandat keagamaannya. Selain itu, Sultan Agung juga menyandang gelar Susuhunan dan Sultan
  • Ketika Para Raja Nusantara Berusaha Meraih Gelar Sultan dari Timur Tengah
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:45 WIB
    Islam Nusantara atau Islam Asia Tenggara merupakan bagian integral Islam global. Hal ini bisa dilihat dari kegigihan penguasa Nusantara yang ingin mendapatkan gelar dari penguasa Timur Tengah.
  • Kisah Muhammad Al-Fatih Mengimami Sholat Jumat Saat Penaklukan Konstantinopel
    Hikmah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 22:35 WIB
    Kisah Sultan Muhammad Al-Fatih (1432-1481) menjadi imam sholat Jumat menarik untuk diketahui. Sholat Jumat yang dipimpinnya disebut sebagai sholat Jumat terbesar dalam sejarah.
  • Dinasti Ghaznawi, Kesultanan yang Didirikan Seorang Budak
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Dinasti Ghaznawi didirikan oleh Alptigin, seorang budak dari dinasti Samaniah, pada permulaan paruh kedua abad X Masehi. Mulanya ini hanyalah sebuah kerajaan kecil yang penuh intrik
  • Sultan Hassanal Bolkiah Keturunan Nabi Muhammad SAW, Begini Nasabnya
    Dunia Islam
    Rabu, 10 November 2021 - 19:13 WIB
    Hassanal Bolkiah adalah keturunan Nabi Muhammad SAW, yakni keturunan yang ke-43. Tahta yang diduduki saat ini merupakan warisan dari Syarif Ali yang merupakan sultan ke-3 Brunei pada tahun 1425.
  • Potret Sultan Muhammad Al-Fatih Jawaban dari Bisyarah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:18 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih memang telah menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah SAW. Dia adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.
  • Kisah Vlad Dracula Melawan Sultan Muhammad Al Fatih
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 08:38 WIB
    Kisah Vlad Dracula melawan Sultan Muhammad Al Fatih berakhir dengan kemenangan Sultan Muhammad Al Fatih. Anehnya, Barat mendistorsi sejarah kepahlawanan Islam ini.
  • Kisah Sultan Sulaiman Al-Qanuni Selamatkan Raja Prancis dari Tiang Gantungan
    Hikmah
    Senin, 13 September 2021 - 19:36 WIB
    Sulaiman Al-Qanuni adalah Sultan ke-10 Kerajaan Utsmani yang menjadi penguasa muslim tersukses abad ke-16 Masehi. Berikut kisah beliau menyelamatkan Raja Prancis dari tahanan.
  • Brunei Bebas Corona (4): Selain Hidupkan Al-Quran, Juga Lakukan 11 Hal Ini
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Sudah setahun lebih Brunei Darussalam bebas dari ancaman wabah Covid-19. Selain menghidupkan Al-Quran, Brunei juga melakukan 11 langkah pencegahan berikut.
  • Brunei Bebas Corona (3): Semua Warganya Wajib Baca Yasin Setiap Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Juni 2021 - 14:51 WIB
    Ada yang menarik dari cara pemerintah Brunei Darussalam menangani wabah Covid-19. Kini masyarakat di negara kaya minyak itu sudah tidak lagi memakai masker.
  • Brunei Bebas Corona (2): Berikut Titah Sultan Hassanal Bolkiah
    Dunia Islam
    Senin, 21 Juni 2021 - 15:52 WIB
    Brunei Darussalam menjadi salah satu negara di dunia yang bebas dari wabah Corona. Berikut titah Perdana Menteri Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.
  • Brunei Bebas Corona (1): Masya Allah Ternyata Ini Rahasianya
    Dunia Islam
    Sabtu, 19 Juni 2021 - 17:18 WIB
    Pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman bagi seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, namun tidak demikian dengan Brunei Darussalam. Berikut rahasianya!
  • Harga yang Harus Dibayar Sultan Abdul Hamid II Menolak Keinginan Yahudi
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 14:15 WIB
    Arbakan, pemimpin Partai Refah Turki mengatakan Gerakan Freemasonry telah berusaha dengan usaha sangat keras untuk menurunkan Sultan Abdul Hamid II. Mereka berhasil dalam usahanya.