Topik Terkait: Ulama Salaf

  • Semangat Ulama Salaf Saat Menimba Ilmu, Gurunya Mencapai Ribuan
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 21:52 WIB
    Semangat Ulama Salaf terdahulu patut diapresiasi karena semangat mereka menimba ilmu. Mereka benar-benar luar biasa karena punya banyak guru yang jumlahnya mencapai ribuan.
  • Cara Pengeluaran Zakat Penghasilan Menurut Ulama Salaf
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Sebagian Ahlus Sunnah dan Ulama Salaf Menjalankan Tasawuf
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • Semangat Para Ulama Generasi Salafush Shalih dalam Mencari Nafkah
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:35 WIB
    Para ulama dari generasi salafus shalih (ulama terdahulu) sangat bersemangat dalam mencari nafkah. Karena mereka memahami mencari nafkah adalah sumber mendapatkan rezeki yang halal dan berkah dari Allah Subhanahu wa Taala.
  • PCNU Jakpus: Pentingnya Memperkuat Hubungan Ulama dan Umara
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 19:14 WIB
    Betapa pentingnya hubungan baik ulama dan umara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keduanya mempunyai peran yang menentukan kebaikan sebuah bangsa.
  • Kisah Khusyuknya Ulama Saat Sholat, Ada yang Disengat Lebah Hingga Diganggu Ular
    Hikmah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 22:02 WIB
    Sungguh beruntung orang-orang beriman yang khusyuk dalam sholatnya, kelak mereka akan mewarisi Surga Firdaus. Berikut ini kumpulan kisah khusyuknya para ulama dalam sholatnya.
  • Deretan Ulama yang Mengkritik Penguasa Secara Terbuka
    Hikmah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 15:42 WIB
    Mengkritik penguasa tidaklah termasuk ghibah yang dilarang dalam Islam, alalagi yang dikritik adalah penguasa zalim. Berikut deretan ulama yang mengritik penguasa secara terbuka.
  • Ganjar Rajin Sowan ke Ulama, Apa Syarat Menjadi Ulama?
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 12:50 WIB
    Calon Presiden Ganjar Pranowo belakangan ini rajin sowan ke ulama..Baru-baru ini, misalnya, ia berkunjung ke Pesantren Al Muhajirin di Purwakarta. Lalu apa syarat seseorang dianggap sebagai ulama?
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • Habib Ali Masyhur Wafat, Ulama di Yaman dan Indonesia Berduka
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 14:51 WIB
    Kabar duka dari negeri sejuta wali, telah berpulang kerahmatullah ulama kharismatik Yaman As-Sayyid Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafizh bin Syeikh Abu Bakar bin Salim.
  • 8 Ulama Besar Arab Saudi Keturunan Indonesia
    Dunia Islam
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 23:54 WIB
    Ulama besar Arab Saudi keturunan Indonesia cukup banyak dan pernah aktig sebagai pengajar di Masjidil Haram Makkah maupun guru besar di Universitas Islam Madinah.
  • Gambaran Ulama Tentang Kenikmatan Surga
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 14:40 WIB
    Surga adalah tempat kembali yang sangat Indah. Keindahan surga tidak dapat dibayangkan oleh hati manusia. Kenikmatan dan kebahagiaan di surga bersifat selama-lamanya, kholidina fiha abada.
  • Hakikat Golongan Salaf Menurut Nurcholish Madjid
    Dunia Islam
    Kamis, 10 November 2022 - 15:38 WIB
    Belakangan ini terjadi polemik mengenai Wahabi dan Salafi. Hal ini menyusul adanya rekomendasi salah satu ormas Islam agar pemerintah melarang dua paham tersebut. Lalu apa sejatinya Salaf itu?
  • Innalillaah! Ulama Besar Kelahiran Aceh Habib Muhammad Al-Athas Meninggal Dunia
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:53 WIB
    Telah berpulang ke rahmatullah ulama besar kelahiran Aceh yang juga Pimpinan Majelis Darul Mustafa - Condet Jakarta, Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Athas, Senin dinihari 18 Januari 2021.
  • Cara Memanfaatkan Waktu di Dunia Menurut Pandangan Ulama
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 09:19 WIB
    Singkatnya waktu di dunia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum muslim. Para ulama merupakan teladan kita dalam masalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di dunia ini
  • Bahaya Ulama Instan
    Tausyiah
    Senin, 06 Juli 2020 - 23:49 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan: Ulama itu adalah pewaris para Nabi. Hari ini kita menyaksikan begitu banyak yang dadakan menjadi ustaz, dai, dan penceramah instabile yang selebritas.
  • Ulama Besar Abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni Meninggal Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 21:08 WIB
    Innaa lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia ulama besar abad 21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Jumat (19/3/2021). Beliau wafat di hari yang mulia pada Jumat pagi waktu Turki.
  • Profil dan Biografi Habib Umar bin Hafidz, Ulama Kenamaan dari Yaman
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Januari 2024 - 10:56 WIB
    Habib Umar bin Hafidz merupakan seorang ulama besar kenamaan dari Yaman. Tak sebatas di negaranya saja, pengaruh dan popularitas Habib Umar juga sudah sampai ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.
  • MUI DKI Bahas Peran Ulama Betawi dalam Lintasan Sejarah
    Dunia Islam
    Minggu, 31 Juli 2022 - 12:26 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta mengajak umat muslim meneladani peran ulama Betawi dalam membentuk masyarakat yang agamis dan cinta Tanah Air.
  • Pendapat Sejumlah Ulama tentang Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 16:30 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat. Berikut ini pendapat sejumlah ulama tentang hukum tradisi ini.