Topik Terkait: Daging Kambing

  • Kisah Sufi Jalaluddin Rumi: Kucing dan Daging Kambing
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Kisah sufi Jalaluddin Rumi ini mengajukan pertanyaan penting:Jika kau memiliki raga, lalu di mana ruhnya? Jika kau memiliki ruh, lalu di mana raganya?
  • 75.000 Kantong Daging Kambing Dam Jemaah Haji Indonesia Dikirim ke Tanah Air
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 22:23 WIB
    Sebanyak 75.000 kantong daging kambing yang merupakan dam jemaah haji Indonesia akan dikirim ke Tanah Air.
  • Bolehkah Berkurban 1 Kambing untuk Sekeluarga? Begini Jawaban UAH
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 11:45 WIB
    Hewan kambing, biasanya kurban untuk satu orang saja. Lantas bagaimana hukumnya bila berkurban dengan satu kambing untuk satu keluarga?
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Rasulullah Saja Bangga Pernah Jadi Penggembala Kambing
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 07:35 WIB
    Semasa mudanya, Rasulullah adalah penggembala kambing. Beliau menggembalakan kambing keluarganya dan kambing penduduk Makkah. Rasulullah bangga dengan itu.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Membagikan Daging Kurban yang Sudah Matang? Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:10 WIB
    Bagaimana hukumnya membagikan daging kurban yang sudah matang? Sah atau tidak? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam pembagian daging kurban Iduladha.
  • Larangan Memberi Upah Daging Kurban kepada Pemotong atau Tukang Jagal
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Di sebagian masyarakat muslim, petugas kurban atau tukang jagal sering diupah dengan daging atau bagian hewan kurban. Berikut larangannya dijelaskan dalam Hadis.
  • Hukum Mengonsumsi Daging Beku di Negeri Non Islam
    Tips
    Minggu, 13 November 2022 - 10:42 WIB
    Bagaimana hukum mengonsumsi daging di negeri non Islam, seperti di Amerika Serikat dan Eropa, tanpa kita tahu bagaimana proses penyembelihannya?
  • Bolehkah Memberikan Daging Kurban kepada Non-Muslim?
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 22:30 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul setiap jelang Hari Raya Idul Adha, apakah boleh memberi daging kurban kepada non-muslim? Berikut penjelasannya.
  • Bolehkah Tidak Memakan Daging Kurban? Bagaimana Hukum untuk Seorang Vegetarian?
    Hikmah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:16 WIB
    Hari raya Iduladha, kaum muslimin dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman, terutama daging kurban. Lantas bagaimana bila seseorang mengaku tidak memakan daging? Bagaimana Islam memandang persoalan ini?
  • Ini Mengapa Rasulullah SAW Pernah Melarang Menyimpan Daging Kurban Lebih dari 3 Hari
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 10:11 WIB
    Nabi SAW bersabda: Barangsiapa di antara kamu menyembelih kurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga.
  • Siasat Abu Nawas Penuhi Nazar Tanduk Kambing Sejengkal Sang Saudagar
    Hikmah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 09:08 WIB
    Seorang saudagar bernazar memotong kambing besar, tanduknya sejengkal jika dianugerahi seorang anak. Begitu terkabul ia kesulitan mencari kambing seperti itu. Abu Nawas pun punya siasat.
  • Ngaji Gus Baha: Sikap KH Raden Asnawi Saat Ditipu Makan Daging Babi
    Tausyiah
    Senin, 10 Mei 2021 - 17:08 WIB
    KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menceritakan kisah-kisah yang pernah dialami orang-orang alim di masa dahulu. Salah satunya kisah KH Raden Asnawi, Kudus, Jawa Tengah.
  • Perdana, 3.000 Daging Kambing Dam Petugas dan Jemaah Haji Dikirim ke Tanah Air
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Juli 2023 - 10:11 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi selama lebih satu dekade untuk mengirim daging kambing Dam ke Indonesia mulai terwujud.
  • Larangan Mengambil Daging Kurban sebagai Upah Penjagal
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 13:30 WIB
    Di beberapa daerah kita sering menemukan panitia kurban memberikan daging atau kulit hewan sebagai upah penjagal atau penyembelih kurban. Hal ini tidak dibolehkan dalam syariat.
  • Daging yang Tumbuh dari Barang Haram
    Tausiyah
    Selasa, 30 Juni 2015 - 21:31 WIB
    Abdul Khaer adalah seorang teller di sebuah bank milik pemerintah. Sudah dua tahun ia bertugas menjadi teller. Sikapnya yang ramah dan murah senyum membuat banyak nasabah ingin mengambil antrean di konter miliknya.
  • Hukum Menyimpan Daging Kurban Lebih dari Tiga Hari
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 18:27 WIB
    DI era kini, dengan adanya alat pendingin, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Kecerdasan Seorang Penggembala Kambing Saat Ditanya Orang Alim
    Tausyiah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 23:23 WIB
    Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Ilmu merupakan cahaya yang mengantarkan seseorang ke jalan benar yang diridhai Allah Taala.
  • UHAMKA Salurkan Daging Kurban di Kawasan Terluar, Tertinggal, dan Terdepan
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:33 WIB
    Selain di Ibu Kota, penyaluran hewan kurban juga dilakukan di kawasan terluar, tertinggal dan terdepan (3T) dan kawasan padat, kumuh dan kantung-kantung kemiskinan.
  • Hukum Menjual Sesuatu dari Hewan Sembelihan Kurban
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:31 WIB
    Jumhur ulama mengatakan tidak boleh. Abu Hanifah mengatakan boleh menjualnya dengan selain dinar dan dirham. Yakni (ditukar) dengan barang-barang.