Topik Terkait: Zakat Mal

  • Bolehkah Menyalurkan Zakat ke Luar Daerah? Berikut Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • 7 Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Membayar Zakat Mal
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 23:03 WIB
    Zakat mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta atau pendapatan. Berikut alasan mengapa diwajibkan membayar zakat.
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Zakat untuk Pemerataan, Haruskan untuk Muslim Saja?
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Perbedaan yang mendasar antara zakat dan pajak, adalah bahwa pajak dibayar orang karena terpaksa, tapi zakat dibayarkan sebagai lambang kerja sama, persaudaraan.
  • Doa untuk Orang yang Membayar Zakat
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 16:54 WIB
    Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 22:40 WIB
    Bagi penerima zakat (mustahik) dianjurkan mendokan mereka yang menyerahkan zakat. Momen penyerahan zakat biasanya dilakukan jelang hari raya Idul Fitri.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Konsep Zakat Thariqah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani yang Bikin Bangkrut
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:21 WIB
    Dengan begitu, tak ada pahala bagi orang yang berzakat tarekat, maka jadilah dia orang yang pailit, bangkrut dalam arti tidak memiliki lagi pahala ibadah bagi dirinya.
  • Haruskah Bayi atau Janin dalam Kandungan Membayar Zakat Fitrah?
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 11:02 WIB
    Mulai 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri tiba, semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Zakat Konsep Harta yang Bersih Menurut Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • 8 Golongan Penerima Zakat, Siapa Saja Mereka?
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 19:41 WIB
    Zakat merupakan kewajiban dari Allah bagi setiap muslim yang mampu. Salah satu keutamaan menunaikan zakat adalah membersihkan harta dan menyucikan jiwa.
  • Catat! Ini Waktu Terbaik dan Paling Afdhol Membayar Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 09:30 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim yang sangat penting adalah menunaikan Zakat Fitrah. Berikut ini waktu terbaik dan paling afdhol membayar Zakat Fitrah.
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Hadis tentang Amil dan Mualaf, Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 02:00 WIB
    Mereka adalah petugas yang mengumpulkan dan menarik zakat. Mereka berhak menerima sejumlah harta zakat sebagai ganjaran atas kerja mereka tersebut.