Kumpulan Artikel: Hijrah (halaman 2)

  • Bagaimana Menjalin Pertemanan Setelah Hijrah?
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 15:34 WIB
    Ketika memutuskan berhijrah, seringkali yang sulit adalah menjaga keistiqamahan hijrah tersebut. Salah satu alasannya, adalah soal pertemanan. Tak bisa dipungkiri, teman-teman di masa lalu bisa menjadi penghambat niat berhijrah
  • Peristiwa Rabiul Awal: Hijrah Nabi Muhammad SAW Bukan di Bulan Muharram
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:56 WIB
    Lantaran tahun Hijriah diawali dengan bulan Muharram kemudian banyak pihak menganggap peristiwa hijrah Nabi Muhammad dan umat Islam juga terjadi pada bulan tersebut.
  • Kesaksian Aisyah Ketika Abu Bakar As-Shiddiq Diusir Kaumnya
    Hikmah
    Sabtu, 03 September 2022 - 15:13 WIB
    Kesaksian Aisyah ketika ayahnya diusir kaumnya sebelum ada perintah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk hijrah ke Madinah disampaikan Urwah bin Zubair.
  • Peristiwa Bulan Safar: Meletusnya Perang Pertama dalam Islam
    Hikmah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 16:59 WIB
    Pada tahun ini, 1 Safar 1444 H jatuh pada hari Ahad 29 Agustus 2022. Ada sejumlah peristiwa penting di bulan ini, antara lain meletusnya Perang Al-Abwa, yakni perang pertama dalam Islam.
  • Ikhtiar Muslim untuk Memperbaiki Kualitas Hidup
    Muslimah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 14:49 WIB
    Seorang muslim wajib berikhtiar untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah Taala juga tidak akan mengubah kondisi hambaNya hingga ia berusaha mengubah dirinya sendiri
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Sholawat Thala Al Badru Alaina Lengkap Lirik dan Artinya
    Hikmah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 23:12 WIB
    Sejarah Sholawat Thala Al Badru Alaina sering dikaitkan dengan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Kala itu kaum Anshor menyanyikan sholawat ini menyambut kedatangan Beliau.
  • Kisah Suraqah bin Malik: Memerangi Rasulullah SAW saat Pagi, pada Sore Hari Menjadi Pelindung
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:13 WIB
    Kisah Suraqah bin Malik memerangi Rasulullah SAW saat pagi hari dan sore harinya menjadi senjata yang melindungi Nabi disampaikan oleh sahabat Nabi SAW, Anas bin Malik ra.
  • Hijrah Nabi Muhammad SAW sebagai Pijakan Kalender Hijriah
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:16 WIB
    Besok, Sabtu 30 Juli 2022 adalah bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah. Dalam Islam, bulan Muharram identik dengan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah beberapa abad lalu.
  • Surat Al-Kahfi Ayat 16: Kisah Uzlah Para Pemuda
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 19:48 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 16 menjelaskan tentang uzlah yang dilakukan oleh para pemuda dalam kisah Ashabul Kahfi. Ayat ini dijelaskan mereka mengasingkan diri dari kekejaman raja mereka dalam beragama.
  • Bagaimana Cara Mendapat Hidayah Allah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 12 Mei 2022 - 12:21 WIB
    Hidayah dan petunjuk merupakan milik Allah Subhanahu wa taala, dan kita wajib bersyukur jika termasuk orang yang mendapatkan hidayah tersebut. Lantas, bagaimana cara kita untuk mendapatkan cahaya Allah?
  • Kisah Abu Bakar dan Bilal yang Dikarantina karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:19 WIB
    Wabah sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah tak lama setelah era Rasulullah SAW dan para sahabat tinggal di kota tersebut. Abu Bakar, Amir bin Fuhairah, dan Bilal bin Rabah pun dikarantina.
  • Kisah Hijrah Perempuan Pengguna Narkoba, Tobat hingga Akhirnya Mahir Baca Al-Quran
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 09:57 WIB
    Ramadan menjadi pemberi hikmah atau pelajaran kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Malang.
  • Prof Haedar Nashir: Ramadhan sebagai Momen Berhijrah secara Spiritual, Intelektual dan Peran Sosial
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 16:21 WIB
    Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, berharap umat Islam menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk berhijrah secara spiritual, intelektual, dan peran sosial.
  • Kisah Abu Ayyub dan Istrinya Tinggal di Lantai 2 Sedangkan Rasulullah SAW di Bawahnya
    Hikmah
    Rabu, 16 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Tatkala Rasulullah hijrah ke Madinah, beliau tinggal di rumah Abu Ayyub al-Anshari selama 7 bulan. Kala itu, Rasulullah tinggal di lantai 1, sedangkan Abu Ayub dan istrinya di lantai 2.
  • Kisah Iblis Ikut Konspirasi Rencana Membunuh Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 17:37 WIB
    Iblis ternyata ikut konspirasi rencana pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW yang dibahas di Darun Nadwah. Tokoh lainnya adakag Abu Jahal dan Abu Lahab.
  • Sudah Hijrah Tapi Susah Istiqamah? Ini 7 Tipsnya
    Muslimah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 07:51 WIB
    Ketika memutuskan untuk hijrah, tentu harapannya selanjutnya adalah tetap istiqamah. Akan tetapi dalam prosesnya, ada saja hal-hal yang membuat kita susah istiqamah dalam menjalankannya.
  • Peristiwa di Bulan Rajab: Hijrah Muslim ke Habasyah dan Sambutan Ramah Raja Negus yang Kristen
    Hikmah
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 10:25 WIB
    Peristiwa di bulan Rajab yang penting salah satunya adalah hijrah pertama kaum Muslimin ke Habasyah atau Abisina. Peristiwa ini terjadi bulan Rajab pada tahun ke-5 setelah bitsah.
  • Kisah Ali Berjalan Kaki 400 Km dan Bertemu Nabi di Quba, Ini yang Terjadi
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 10:10 WIB
    Kisah Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah ketika Hijrah menyusul Nabi shallallahu alaihi wasallam ke Madinah adalah satu dari banyak kisah yang mengagumkan.
  • Konsisten Berhijrah, Inilah 5 Kenikmatan yang Akan Didapat
    Muslimah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 16:21 WIB
    Hidayah hijrah merupakan anugerah terindah dari Allah Subhanahu wa taala. Ada banyak kenikmatan yang akan dirasakan, terutama nikmat melaksanakan ibadah dan menaati semua perintah sang Khalik.
  • Supaya Hijrah Menjadi Istiqamah, Inilah Bekal-bekal Persiapannya
    Muslimah
    Selasa, 16 November 2021 - 14:46 WIB
    Hakikat hijrah untuk kita saat ini adalah meninggalkan apa yang dibenci oleh Allah menuju kepada hal yang dicintai oleh Allah. Sehingga ketika kita menyadari bahwa masa lalu kita membawa kita jauh dari ridho Allah.