Topik Terkait: Ilmu Laduni

  • Ilmu Laduni dan Cara Mendapatkannya
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 14:53 WIB
    Ilmu Laduni adalah pengetahuan yang datang langsung dari Allah Taala tanpa perantara. Hanya orang tertentu saja yang mendapatkan ilmu ini.
  • 7 Ciri Orang yang Mendapat Keberkahan Ilmu, Nomor Terakhir Mudah Memaafkan Orang Lain
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:48 WIB
    Keberkahan ilmu yang diperoleh akan diketahui dari peningkatan amal shaleh pada diri seorang muslim. Jika sudah dapat ilmu tapi tidak berbekas pada diri kita, bisa jadi, itu adalah tanda kita tidak mendapat keberkahan ilmu.
  • Awal Mula Penulisan Kitab Ilmu Musthalah Hadits
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 21:13 WIB
    Para ulama mulai menuliskan ilmu musthalah hadits pada pertengahan abad ke-4 Hijriyyah, dimana masa pengumpulan hadits dalam satu kitab hampir sudah tidak ada lagi.
  • Keutamaan Menuntut Ilmu di Atas Ibadah Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:38 WIB
    Salah satu bentuk ibadah yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah ialah menuntut ilmu (tholabul ilmu). Al-Quran menyatakan bahwa Allah meninggikan derajat orang beriman dan berilmu.
  • Tak Punya Lampu Penerang, Beginilah Kegigihan Ulama Terdahulu Menuntut Ilmu
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 22:18 WIB
    Kegigihan para ulama terdahulu ketika menuntut ilmu layak kita apresiasi. Meski hidup di zaman serba terbatas, mereka menjadi ulama yang berkontribusi besar dalam khazanah keilmuan Islam.
  • Ilmu Memanggil Arwah Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:08 WIB
    Ada sementara pihak mengaku menguasai ilmu memanggil roh orang mati. Konon mereka bisa mengajak arwah itu berkomunikasi. Lalu, bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Keutamaan Mengajarkan Ilmu
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Sejarah Perjalanan Ilmu Hadis (Bagian 2)
    Hikmah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 17:09 WIB
    Di bagian kedua ini, Ustaz Hanif Luthfi mengatakan bahwa hadits berkembang pesat pada akhir abad ke-2 sampai pertengahan abad ke-4 Hijriyyah.
  • Semangat Ulama Salaf Saat Menimba Ilmu, Gurunya Mencapai Ribuan
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 21:52 WIB
    Semangat Ulama Salaf terdahulu patut diapresiasi karena semangat mereka menimba ilmu. Mereka benar-benar luar biasa karena punya banyak guru yang jumlahnya mencapai ribuan.
  • Kisah Nabi Idris, Orang yang Pertama Kali Mengerti Ilmu Nujum
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (2)
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 16:44 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu. Selanjutnya akan diuraikan tentang sunnah-sunnah berwudhu. Berikut penjelasannya.
  • Ilmu Tasawuf: Cabang Keilmuan, Dasar dan Bentuk Ajarannya
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Sebelum kita membahas ilmu tasawuf: cabang keilmuan, dasar dan bentuk ajarannya kita patut mengetahu definisi tasawuf. Harun Nasution menyebut 5 arti kata sufi dan tasawuf.
  • Kenapa Adab Lebih Utama Daripada Ilmu?
    Tausyiah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:23 WIB
    Imam Malik bin Anas berkata: Saat ibuku memasangkan imamah untukku, beliau mengatakan, Pergilah engkau ke Rabiah, dan belajarlah tentang adab sebelum ilmu.
  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • Keutamaan dan Ganjaran Bagi Orang yang Menuntut Ilmu
    Tausiyah
    Sabtu, 12 Oktober 2019 - 05:05 WIB
    Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Mereka yang menuntut ilmu akan mendapat ganjaran pahala dan derajat tinggi di sisi Allah Taala.
  • Tips Imam Syafii Agar Hati Terbuka dan Mudah Memahami Ilmu
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 22:02 WIB
    Imam Syafii punya tips agar hati terbuka dan mudah memahami serta menghafalkan ilmu. Dalam istilah tasawuf, Futuh artinya terbukanya pemahaman melalui hati.
  • Karena Keistimewaannya, Perempuan Dianjurkan Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 19:24 WIB
    Adanya ilmu fiqih perempuan, tentu untuk dipelajari oleh setiap muslimah agar kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Kenapa harus dipelajari dan apa saja yang ada dalam bahasan ilmu fiqih perempuan ini?
  • 3 Jerat Halus Iblis Terhadap Orang Alim dan Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 03 September 2023 - 14:57 WIB
    Iblis sering kali melepaskan jeratnya kepada para penuntut ilmu dan orang alim merasa punya ilmu sehingga malas untuk beribadah. Berikut contoh jerat halus Iblis dan tipu dayanya.
  • Hati-hati Ujub dengan Ilmu
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 18:30 WIB
    Nabi SAW mengabarkan bahwa akan muncul satu kaum yang mereka mempelajari dan mengajarkan Al-Quran, bahkan mereka menghafalkan Al-Quran. Tapi rupanya mereka terkena penyakit yang sangat bahaya, yaitu penyakit ujub, sombong, berbangga diri dengan ilmu.
  • Menyembunyikan Kebenaran, Dosa Besar Para Ahli Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 12:47 WIB
    Di antara dosa yang besar, yang ditunjukkan dan anjurkan Al-Quran agar kita segera bertaubat darinya adalah: dosa menyembunyikan kebenaran serta tidak menjelaskannya kepada manusia.