Kumpulan Artikel: Hadis (halaman 26)

  • Keutamaan Sholat Taubat dan Faedahnya
    Tips
    Minggu, 27 Juni 2021 - 09:17 WIB
    Banyak keutamaan dari ibadah sholat sunnah taubat. Sholat ini dilakukan seorang muslim ketika merasa telah melakukan dosa dan ingin bertaubat untuk kembali ke jalan yang benar sesuai yang diperintahkan Allah Taala.
  • Doa Memohon Perlindungan dari Wabah agar Pandemi Segera Pergi
    Tips
    Kamis, 24 Juni 2021 - 08:56 WIB
    Doa memohon perlindungan dari wabah atau berbagai ragam penyakit ini, harus terus kita amalkan. Karena doa ini merupakan ikhtiar kita di saat menghadapi pandemi Corona yang terus mengkhawatirkan.
  • Adab dan Waktu yang Tepat Kala Memberi Nasehat
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 14:28 WIB
    Dalam pertemanan, saling mengingatkan dan menasehati yang baik sebenarnya sangat diperlukan. Namun, karena kurang mengetahui adab dan waktu yang tepat, seringkali nasehat yang diberikan kurang dapat diterima.
  • Begini Idealnya Hubungan Suami Istri Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 17:01 WIB
    Interaksi dan muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Berbuat Baik Kepada Binatang
    Muslimah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 17:49 WIB
    Berbuat baik dan menyayangi binatang adalah bagian dari ajaran Islam. Ketika berbuat baik pada hewan, maka akan mendapat ampunan Allah Taala,. Sebaliknya orang yang menzaliminya akan diancam dengan azab.
  • Apa yang Dimaksud Jembatan Antara Surga dan Neraka di Hari Kiamat?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 20:18 WIB
    Hakekat akhirat itu tidak ada yang mengetahuinya melainkan Allah Taala. Namun, setiap orang akan menjumpai perkara akhirat pada hari kiamat apabila mereka menyaksikan secara langsung.
  • Kita Lahir Telanjang, Pakaian Apa yang Paling Utama?
    Tausyiah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 16:12 WIB
    Begitu banyaknya kekurangan dan keburukan kita yang tertutupi oleh tirai Allah dari penglihatan orang lain. Maka memohon pakaian berarti kita menyadari akan kekurangan diri.
  • Penyakit Umat Rasulullah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 12:07 WIB
    Sifat-sifat buruk suatu kaum, ternyata selalu menghinggapi umat nabi-nabi. Sifat buruk yang dimiliki suatu kaum ini, disebut dengan penyakit umat yang membawa kehancuran bagi umat nabi-nabi tersebut.
  • Ini Mengapa Ada Larangan Mencela Sahabat Nabi?
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:36 WIB
    Para sahabat Rasulullah SAW adalah sebaik-baik dan seutama-utama manusia setelah para Nabi sendiri. Mereka adalah manusia yang selalu membela nabi dengan seluruh kemampuannya .
  • Agar Terhindar dari Penyakit ‘Ain Menurut Al-Quran dan Hadist
    Tausyiah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Kekuatan supranatural berupa ain ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, adakalanya karena memang bawaan dari lahir atau diupayakan dengan melakukan berbagai macam ritual-ritual tertentu
  • Astaghfirullah! 3 Orang Ini Pertama Kali Dilempar ke Neraka
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 17:37 WIB
    Tahukah Anda, ada tiga golongan manusia yang pertama kali diseret ke neraka. Siapakah mereka? Berikut pesan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang membuat Abu Hurairah menangis.
  • Begini Tata Cara Sholat Gerhana Bulan dan Matahari
    Tips
    Selasa, 25 Mei 2021 - 12:03 WIB
    Keduanya sebenarnya memiliki makna istilah yang sama yaitu dzahabannuru kulluh au badlannur yakni hillangnya seluruh cahaya yakni gerhana total atau sebagian cahaya.
  • Larangan Beribadah Secara Berlebihan
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Berlebihan merupakan sikap tercela meskipun itu dalam hal ibadah. Sebab segala sesuatu yang melampaui tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Ibnu Katsir: Nuh Adalah Rasul Pertama Bagi Penduduk Bumi
    Hikmah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 04:44 WIB
    Wahai Nuh, engkau adalah Rasul pertama bagi penduduk bumi, dan engkau telah diakui sebagai hamba yang bersyukur oleh Allah, tidakkah engkau lihat keadaan kami ini?
  • Hajar Aswad (3):  Ini Mengapa Jutaan Orang Berebut Mencium Si Hitam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 16:11 WIB
    Lantaran itu pula, batu hitam itu sudah licin karena terus menerus di kecup, dicium dan diusap-usap oleh jutaan bahkan miliaran manusia sejak dahulu kala.
  • Mereka yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:10 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya di dalam bulan Ramadhan. Namun ternyata ada juga orang-orang yang tidak diampuni. Siapa saja mereka?
  • Kinilah Saatnya Menyambut Turunnya Malam Seribu Bulan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 16:52 WIB
    Hikmah disembunyikannya adalah untuk memberikan semangat kepada kaum muslimin untuk mengerahkan semangat dalam beribadah, berdoa dan zikir pada sepuluh malam terakhir seluruhnya.
  • Begini Makna Mengencangkan Sarung Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:19 WIB
    Mengencangkan sarung, menjelaskan takwil para ulama, artinya mengurangi makan, tidur, dan tidak mendekat ke para istrinya. Maknanya adalah fokus beribadah.
  • Tergila-gila dengan Seorang Gadis, Bertobat Lalu Menjadi Ahli Hadis
    Hikmah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:02 WIB
    Ketika azan Subuh terdengar, ia masih mengira bahwa itu adalah azan untuk salat Isya. Saat fajar menyingsing, barulah ia sadar betapa ia sedemikian terlena dalam merindukan kekasihnya itu.
  • 4 Perkara yang Tidak Merugikan Seseorang di Dunia
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 18:10 WIB
    Ada empat perkara yang tidak merugikan seseorang di dunia, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam hadis berikut.