Kumpulan Artikel: Hadis (halaman 25)

  • 9 Waktu yang Dianjurkan Membaca Surat Al Ikhlas
    Tips
    Rabu, 22 September 2021 - 16:45 WIB
    Ada 9 waktu yang dianjurkan membaca surat Al Ikhlas, sesuai tuntutan Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam sejumlah hadits Nabi SAW. Kapan saja?
  • Doa Ketika Mengalami Kesulitan Tidur
    Tips
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:26 WIB
    Doa ketika mengalami kesulitan tidur yang diajarkan Rasulullah bisa kita amalkan, ketika kita mengalaminya. Susah tidur atau atau insomnia ini, biasa terjadi karena ada masalah, perasaan gelisah atau juga mengalami stres .
  • 4 Hadis Tentang Doa Mustajab
    Tips
    Jum'at, 17 September 2021 - 20:06 WIB
    Doa mustajab adalah doa yang terkabul. Setiap orang tentu mengharapkan doa yang mustajab ini, agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa taala
  • Potret Sultan Muhammad Al-Fatih Jawaban dari Bisyarah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:18 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih memang telah menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah SAW. Dia adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.
  • Sahabat Nabi Menangis Bukan karena Dunia, Tetapi Ini Sebabnya
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:22 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun dalam satu kajiannya mengatakan, menangis merupakan wujud ketakwaan hati, kesucian sanubari dan kelembutan hati.
  • Kiamat Sudah Dekat: Yajuj dan Majuj Saban Hari Melubangi Dinding Pembatas
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 19:53 WIB
    Kisah Dzulqarnain dan berita mengenai pembangunan dinding dari besi dan tembaga di antara dua gunung sehingga menjadi satu dinding penghalang telah disampaikan Allah dalam QS Al-Anbiya: 96-97.
  • 5 Fase Kehidupan Manusia Sesuai Sabda Nabi
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:58 WIB
    Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu alaihi wasallam menerangkan bahwa manusia akan mengalami lima fase sebelum datangnya hari Kiamat besar.
  • One Day One Hadis : Pahala Orang yang Suka Menolong
    Tips
    Rabu, 08 September 2021 - 07:44 WIB
    One day one hadis, bisa menjadi program buat diri kita dalam upaya menghapal hadis. Sebab, menghapal hadis salah satu kewajiban umat Islam. Salah satu hadis yang bisa dipelajari adalah tentang Suka Menolong
  • Bahaya Membuka Aurat dan Keutamaan Memakai Hijab
    Tausyiah
    Minggu, 05 September 2021 - 17:31 WIB
    Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bagi perempuan muslim, batasan aurat mereka adalah sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut.
  • Kesantunan Rasulullah SAW dalam Berbahasa Menyangkut Masalah Tabu
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 19:21 WIB
    Rasulullah SAW bertutur kata santun, lembut, bersahaja serta menjaga kesopanan. Beliau tidak pernah menjadikan hal tabu (baca: seks) sebagai bumbu dalam pembicaraan.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (3): Hadits yang Tertolak tentang Dajjal
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 10:26 WIB
    Buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir memaparkan dua hadits tentang Dajjal dengan opini Syaikh adz Dzahab. Ini yang disebutnya sebagai hadits yang tertolak,
  • Hadits Arbain Lengkap Terdiri 42 Hadits Karya Imam an-Nawawi
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 17:34 WIB
    Hadits Arbain lengkap memuat tak sampai 50 hadits. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadits dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadits
  • Hati-hati, Kencing di Tempat Sembarangan Ada Ancamannya
    Tips
    Senin, 23 Agustus 2021 - 12:40 WIB
    Islam mengajarkan tentang adab-adab buang hajat, salah satunya ketika buang air kecil. Jika kencing sembarangan saja , maka ada ancaman bagi yang melakukannya. Ancaman apa?
  • Bacaan Shalawat yang Shahih Menurut Hadis
    Tips
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:03 WIB
    Setiap muslim diwajibkan membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Sholawat yang dibaca hendaknya seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Nasib Manusia Sudah Ditetapkan, Ada 4 Macam Penulisan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:52 WIB
    Nasib manusia sudah ditetapkan oleh Allah sebagai Zat pencipta alam semesta. Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui dan diimani oleh seorang muslim.
  • Inilah Perbuatan yang Jadi Penyebab Turunnya Azab Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 09:10 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberikan sebuah peringatan kepada umatnya tentang lima perbuatan yang menjadi sebab datangnya azab Allah di dunia. Apa saja yang menjadi penyebabnya?
  • Allah Taala Mencintai Muslim yang Saling Menasehati
    Muslimah
    Minggu, 11 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengingatkan agar seorang muslim dapat saling memberi nasehat tentang kebenaran syariat Islam. Allah Taala juga mencintai sesama muslim yang saling menasehati.
  • Sumber Hukum Islam yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 17:43 WIB
    Umat Islam mengenal empat sumber hukum sebagai pijakan menjalani kehidupan bermasyarakat. Keempat sumber hukum itu adalah Al-Quran, As-sunnah (Hadis), Ijma, dan Qiyas.
  • Hadits Menutup Aurat Wanita
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 06:55 WIB
    Hadis menutup aurat wanita banyak disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Menutup anggota badan yang tidak boleh ditampakkan ini hukumnya wajib bagi wanita.
  • Doa Agar Terhindar Dari Musibah dan Marabahaya
    Tips
    Kamis, 01 Juli 2021 - 13:30 WIB
    Doa agar terhindar dari musibah dan marabahaya ini, penting kita amalkan. Mengingat akhir-akhir ini, musibah pandemi corona masih berlangsung juga bencana alam lainnya, seperti banjir dan gempa bumi yang terjadi di Tanah Air.