Topik Terkait: Kisah Heraklius

  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Api
    Hikmah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:59 WIB
    Kalian mesti belajar bagaimana mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sebab manusia tidak ingin diajar. Pertama-tama, beritahu mereka cara belajar.
  • Kisah Bijak: Orang-Orang Buta dan Gajah
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 17:17 WIB
    Pengetahuan bukanlah sahabat orang buta. Ciptaan tidak mengetahui tentang keilahian. Tak ada jalan dalam pengetahuan ini yang bisa ditempuh dengan kemampuan biasa.
  • Empat Harta Ajaib: Kisah dari Timur tentang Yesus
    Hikmah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:59 WIB
    Kalangan lain percaya bahwa kisah ini mengacu pada empat teknik yang dimiliki oleh tarekat-tarekat Darwis Timur utama dan gabungan mereka di bawah Naqshbandi di India dan Khorasan.
  • Kisah Sufi, Putri yang Tidak Patuh
    Hikmah
    Minggu, 21 November 2021 - 14:06 WIB
    Kisah ini juga dikenal dalam tradisi-tradisi lain selain dalam naskah sufi, telah dipakai untuk menjelaskan kemungkinan adanya suatu perbedaan keadaan kesadaran dalam diri manusia.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Pasir
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 06:24 WIB
    Sungai itu yakin sudah takdir baginya untuk melintasi gurun itu, tetapi sejauh ini usahanya gagal. Terdengarlah suara: angin bisa menyeberangi gurun, sungai pun bisa.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Anjing itu menyalak sengit sehingga suara orang itu pun tak kedengaran dan keledai menyepak sekerasnya dengan kaki belakangnya hingga orang itu jatuh terjerembab.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Sufi: Si Lumpuh dan Si Buta
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 13:57 WIB
    Kisah ini diandaikan dibaca hanya setelah menerima perintah untuk membacanya atau oleh mereka yang telah mempelajari karya Hakim Sanai, Orang-orang Buta dan Gajah.
  • Kisah Julaibib, Sahabat Nabi yang Jadi Rebutan Bidadari
    Hikmah
    Senin, 20 Mei 2019 - 08:50 WIB
    Ada satu kisah sahabat Nabi yang begitu menyentuh hati karena memilih berjihad bersama Rasulullah SAW, daripada kenikmatan dunia.
  • Kisah Allah Taala Mengajarkan Ilmu kepada Adam hingga Melampaui Ilmu Para Malaikat
    Hikmah
    Sabtu, 25 November 2023 - 09:11 WIB
    Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya, seperti kerusakan yang dilakukan oleh makhluk jin dan mengalirkan darah seperti yang dilakukan oleh mereka?
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Kisah Penuh Hikmah Menjelang Buka Puasa dari Aisyah
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 16:17 WIB
    Ada kisah penuh hikmah dari seorang istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Aisyah radhiyallahu anha menjelang berbuka puasa
  • Kisah Ulama Lanjut Usia Menikahi Gadis Muda, Begini Malam Pertamanya
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Kisah Sufi Mengandung Ajaran Moral: Burung dan Telur
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 10:53 WIB
    Pesan moral dalam kisah ini: Adalah menggelikan anggapan bahwa suatu hal mengikuti sesuatu yang lain anggapan itu menghambat kemajuan selanjutnya.
  • Kisah Al-Qanabi Belajar Hadis Tanpa Adab, Ini yang Didapatnya
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:12 WIB
    Kisah Al-Qanabi belajar Hadis bisa kita jadikan pelajaran betapa pentingnya adab sebelum menunut ilmu. Kisah ini salah satu kisah menarik dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Kisah Sufi Khwaja Ali Ramitani: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Kisah ini adalah salah satu dari kisah-kisah dalam kumpulan Buku Amu Daria (The Book of Amu Daria). Versi ini dikisahkan oleh Khwaja Ali Ramitani, yang wafat tahun 1306.
  • Kisah Wafatnya Nabi Dawud yang Diselewengkan Bani Israil
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Wafatnya Nabi Dawud alaihissalam (AS) adalah satu dari banyak kisah para Nabi dan Rasul yang sarat hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya.
  • Kisah Umar bin Khattab, Khalifah Kedua yang Ditakuti Setan
    Hikmah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Khalifah Islam kedua bernama lengkap Umar bin Khatthab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Kaab bin Luay Al-Quraisy Al-Adawy. Beliau terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari Al-Faruq.
  • Kisah Pemuda yang Bertobat Setelah Menyetubuhi Mayit Gadis
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 23:29 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) diceritakan kisah seorang pemuda di zaman Nabi yang bertobat setelah puas menyetubuhi mayit gadis.
  • Kisah Sufi: Orang yang Hanya Melihat Hal yang Kelihatan
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 06:52 WIB
    Seorang Pencari Kebenaran akhirnya menemukan seorang manusia yang tercerahkan, yang diberkahi kemampuan untuk memahami segala sesuatu, yang tidak dimiliki oleh semua orang.