Topik Terkait: Kisah Heraklius (halaman 3)

  • Kisah Abu Dujanah yang Membuat Rasulullah Berderai Air Mata
    Hikmah
    Selasa, 10 Desember 2019 - 18:53 WIB
    Dalam kitab Ianatuth-Thalibin Bab Luqatah karya Abu Bakar bin Muhammad Syatha Ad-Dimyati (wafat 1302 H) diceritakan sebuah kisah yang membuat Rasulullah SAW meneteskan air mata.
  • Kisah Sufi Abdullah Ansar: Bila Takdir Telah Campur Tangan
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 08:05 WIB
    Nasihat lapis pertama kisah ini adalah bahwa ketika manusia diberi sesuatu yang bernilai besar bagi masa depannya, ia tidak mempergunakannya dengan cukup baik.
  • Kisah Hikmah : Belajar Tolong Menolong dari Dzulqarnain
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 15:54 WIB
    Menolong orang lain yang kesusahan merupakan amalan yang sangat mulia. Banyak dalil yang menerangkan tentang hal tersebut. Salah satunya dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahuanhu.
  • Kisah Hikmah: Melupakan Dendam!
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 12:30 WIB
    Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa sakit hati dengan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ada yang langsung lupa alias tidak membekas, ada yang biasa saja dan pasti juga ada rasa sakit yang terus membelenggu jiwanya sepanjang hayat.
  • Kisah Sufi Tarekat Khwajagan: Bendungan, 5 Orang Bersaudara dan Tuan Tanah Lalim
    Hikmah
    Senin, 30 Januari 2023 - 19:24 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Kisah Sufi Bahauddin an-Naqsyabandi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 18:56 WIB
    Suatu kali beliau ditanya, Bagaimana orang atau bayi yang tercela bisa disucikan dalam sekejap, misalnya cukup dengan mendatangi dan menyentuh seorang guru agung?
  • Kisah Heraklius Lepas Kota Nabi Ibrahim, Mukjizat Khalid bin Walid
    Hikmah
    Minggu, 04 Oktober 2020 - 08:42 WIB
    Sia-sia mereka menunggu datangnya bala bantuan Kaisar yang begitu lama. Musim dingin pun berlalu dan datang musim semi, pasukan Muslimin masih tidak beranjak dari pengepungannya.
  • Kisah Hikmah : Perempuan Pemintal Benang
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 19:31 WIB
    Kisah ini tentang seorang perempuan kaya raya namun hidupnya sangat kesepian. Terjadi di era sebelum Islam datang. Dialah Rithah Al Hamqa, perempuan Arab dari Bani Makhzum.
  • Kisah Sufi Ibrahim Khawwas tentang Sifat Murid
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 12:50 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Cinta Mengharukan Atikah dan Abdullah Putra Abu Bakar
    Hikmah
    Senin, 08 Juni 2020 - 18:16 WIB
    Karena mabuk cinta, membuat Abdullah enggan terlibat dalam berbagai ekspedisi yang dilakukan oleh kaum Muslimin. Inilah yang membuat Abu Bakar marah.
  • Kisah Nabi Isa Menghidupkan Kembali Putra Nabi Nuh
    Hikmah
    Sabtu, 25 Desember 2021 - 07:55 WIB
    Suatu ketika Nabi Isa AS menghidupkan kembali putra Nabi Nuh, Ham, untuk kepentingan interview. Nabi Isa bertanya seputar spesifikasi bahtera Nuh.
  • Kisah Nabi Ibrahim Dibakar: Ketika Iblis Terinspirasi Manjanik Neraka
    Hikmah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 18:05 WIB
    Iblis terlibat dalam upaya pembakaran Nabi Ibrahim yang didalangi Raja Namrudz. Keterlibatan iblis ini terjadi ketika sang raja tengah mencari cara melempar Nabi Ibrahim dalam kobaran api yang sangat panas.
  • Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 16:31 WIB
    Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi taala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.
  • Kisah Kaum Nabi Nuh Diazab Banjir Besar, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 20:25 WIB
    Kisah kaum Nabi Nuh yang diazab banjir besar termasuk di antara kisah yang abadikan Allah dalam Al-Quran. Inilah penyebab kaum Nabi Nuh diazab Allah sedemikian hebatnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Para Pelayan dan Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:08 WIB
    Kisah ini sering digunakan oleh Al-Hallaj, yang dihukum mati pada tahun 922 karena dituduh mengatakan Akulah Kebenaran. Hallaj meninggalkan sejumlah besar koleksi sajak mistik.
  • Kisah Nabi Isa yang Dianggap Melanggar Hari Sabat
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 19:04 WIB
    Para pengarang Sufi sering kali menganggap Yesus sebagai Jalan (a Master of the Way). Kisah ini ditemukan, dengan sedikit perbedaan bentuk, dalam lebih dari satu koleksi Darwis.
  • Kisah Sufi Omar Khilwati: Membawa Sepatu ke Masjid
    Hikmah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 14:29 WIB
    Kisah Membawa Sepatu bersumber dari ajaran-ajaran tarekat Khilwati (Pertapa), yang didirikan oleh Omar Khilwati yang wafat pada tahun 1397. Berikut kisahnya.
  • Kisah Sufi: Air Surga dan Khalifah Harun al-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:38 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Sufi Nelayan dan Jin yang Dipenjara dalam Botol oleh Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 14:01 WIB
    Kisah ini, dalam satu versi, sangat dikenal oleh para pembaca Arabian Nights. Bentuk yang ditampilkan di sini menunjukkan pemanfaatannya oleh para darwis.
  • Kisah Imam Hatim dan Perempuan yang Kentut di Hadapannya
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 08:51 WIB
    Imam Hatim Al-Asham (wafat 237 H) seorang ulama besar Khurasan yang mendapat julukan Al-Asham (yang tuli). Beliau tidak tuli, akan tetapi berpura-pura tuli karena ingin menjaga kehormatan orang lain.